RPP Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan) Pemasaran SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                : SMK  Negeri 1 Udanawu Blitar

Mata Pelajaran               : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)

Kelas/Semester               : XI / 1

Pertemuan ke                 ­: 1 s.d 12

Alokasi Waktu               : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi      : Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan)

Kompetensi Dasar          : Mengidentifikasikan klausul klausul perjanjian

Indikator                        :  ­-  Arti klausul diidentifikasi

-  ­Arti perjanjian jual beli dipahami Tujuan pembuatan klausul disebutkan kembali

-  Subjek dan objek dibedakankan dalam perjanjian

-  Klausul perjanjian jual beli dibaca dan dipelajari kembali, seperti
jatuh tempo, pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran

-  Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan,
apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli

-  Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk
kemudahan menghubungi pelanggan

  1. Tujuan Pembelajaran     :
    Siswa dapat
  • Mengidentifikasi arti Klausul Perjanjian
  • Memahami Arti perjanjian jual  beli
  • Menyebutkan Tujuan dibuat Klausul dalam perjanjian jual  beli
  • Membedakan Subyek dan Obyek Perjanjian jual beli
  • Mengetahui Isi  dari pada Klausul perjanjian jual beli
  • Mengkonfirmasikan pembayaran  pelanggan kebagian keuangan, berdasarkan barang yang terjual
  • Menyusun  daftar pelanggan yang jatuh tempo berdasarkan zona tempat tinggal
  1. Materi Pokok :
  • Arti Klausul
  • Arti perjanjian jual  beli
  • Tujuan perjanjian jual beli
  • Isi perjanjian jual beli
  • Subjek  dan objek perjanjian jual beli
  • Masa berlaku perjanjian jual beli
  • Jatuh  tempo perjanjian jual beli

III. Metode Pembelajaran :

  • Penugasan
  • Diskusi kelompok @ 5  orang
  • Ceramah
  • Presentasi
  • JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :

PERTEMUAN KE ­1- 3

(1) Kegiatan Awal :

Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran

(2) Kegiatan Inti :

1.   Pembagian kelompok

2.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya

3.   Peserta didik membaca tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli, dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli

4.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti klausul arti perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli

5.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli untuk dipresentasikan

6.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

7.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

8.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

9.   Contoh-contoh surat perjajian jual beli untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.

10. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui arti klausul
2. Mengetahui arti perjanjian jual beli
3. Menyebutkan tujuan dibuat klausul dalam perjanjian jual beli

(3) Kegiatan Akhir

1.   Guru membimbing siswa untuk bersamasama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.

2.   Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

PERTEMUAN KE – 4 – 6

(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli

(2) Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya

2.   Peserta didik membaca tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli

3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan obek perjanjian jual beli

4.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli untuk dipresentasikan

5.   Presentasi oleh masingmasing kelompok

6.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

7.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:

1.   Isi perjanjian jual beli

2.   Subjek dan objek perjanjian jual beli

(3) Kegiatan Akhir

1.   Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul

2.   Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE – 7 – 9

(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli, dan sanksi keterlambatan dalam perjanjian jual beli

(2) Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik membaca tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli dan sanksi keterlambatan

2.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab

3.   Setiap individu peserta didik membuat klausul perjanjian jual beli.

4.   Guru bertindak sebagai pembimbing

5.   Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.

6.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Masa berlaku perjanjian jual beli
2. Jatuh tempo dan sanksi keterlambatan

(3)  Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo dan sanksi keterlambatan.Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar :

1.   Alat/Bahan : ­

  • Alat tulis
  • Alat peraga
  • ­Format dan formulir perjanjian jual beli
  • ­Bea materai
  • Laptop dan LCD Proyektor
  • ­Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
  • ­Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
    Mega
  • Internet dan CD Pembelajaran
  1. Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
  1. VI.  Penilaian :
    1. Jenis test :

­      Test lisan ( pre test )

­      Test Perbuatan

­      Test Tertulis
2.   Bentuk test :

­      Pilihan Ganda

­      Uraian

Contoh test awal ( lisan )

a.   Pernahkah anda mendengar istilah klausul, istilah perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli ?

b.   Minggu yang lalu anda telah mempelajari arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan jual beli, coba sebutkan!

c.   Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu

Contoh test perbuatan (proses)

Buatlah klausul perjanjian jual beli

Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat klausul perjanjian.

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Kompeten

Belum Kompeten

Keseuaian Materi

Pengeta huan

Ketram pilan

Sikap

Jumlah

1

AAAA

3

2

2

2

9

V

2

BBBB

2

1

1

1

5

V

3

4

Dst……..

Nilai Maksimal

4

2

2

2

Keterangan :

a.   Kesesuaian materi:

4 = Sangat sesuai

3 = Sesuai

2 = cukup sesuai

1 = tidak sesuai

b.   Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :

2.0 = sangat baik

1.5 = baik

1,0 = cukup baik

0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )

Contoh 1.

1.   Persetujuan atau kesepakatan tertulis atau lisan yang dibuat oleh pihak penjual dan pembeli yang isinya mengandung makna persyaratan jual beli yang harus ditaati oleh kedua belah pihak selaku penjual dan pembeli disebut ….

a. klausul

b. transaksi

c. perjanjian

d. bukti otentik

e. perjanjian jual beli

2.   Membuat contoh surat perjanjian jual beli berdasarkan data dibawah ini :

Penjual                     : Adisti Puspitasara SE, manager penjualan PT. Murah Hati. Alamat Jln Cipulir I Keb Lama Jakarta Selatan

Pembeli                    : Septiani Melia SH. Manager Pembelian CV. Baik Hati.

Jln. Alamanda Raya Jakarta

Barang yang dijual   : Sepeda motor merek Honda Supra – X tahun 2008.

No mesin Smk 15072008 ,

No Rangka Ksm 20080715

Warna merah marun,

No polisi B 1208 SLH

Syarat pembayaran   : Harga Rp. 15.000.000,00.

Pembayaran dilakukan secara tunai setelah barang diterima

Bobot penilaian / penskoran :

Jenis Soal                 Nomor / Jumlah soal            Bobot Nilai                 Jumlah

PG                            1 – ­25                                    2                                  50

Uraian                      1 (perjanjian Jual beli)          50                                50

Jumlah                                                                                                       100

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M.                                                   Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP)

Nama Sekolah                : SMK N 1 Udanawu

Mata Pelajaran               : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)

Kelas/Semester               : XII /1

Pertemuan ke                 : 10 s/d 21
Alokasi Waktu               :          x 45 menit

Standar Kompetensi      : Menagih Pembayaran (hasil Penjualan)

Kompetensi Dasar          : Melakukan kontak dengan dengan pelanggan

Indikator                        :  – Daftar pelanggan  yang telah disusun, disiapkan, dan diperiksa
kembali untuk kemudahan menghubungi pelanggan

-  Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi  lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan

-  Pelanggan diingatkan  kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran

-  Pembayaran Pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli

  1. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

-  Menyusun daftar pelanggan pelanggan  berdasarkan tanggal transaksi

-  Berkomunikasi secara lisan dan tertulis  kepada pelanggan menjelaskan cara cara pembayaran yang sesuai dengan  surat perjanjian

-  Membuat konfirmasi kebagian keuangan apakah pelanggan  telah membayar produk yang dibeli

II.  Materi Pokok :

-  Daftar  pelanggan

-  Komunikasi lisan atau tertulis

-  Prosedur pembayaran dalam  klausul

-  Informasi bagian keuangan

III. Metode Pembelajaran :

-  Penugasan

-  Ceramah

-  Simulasi

-  Demontrasi

- JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

PERTEMUAN KE ­ 10 – 11

A. Kegiatan Awal

1.   Salam , absensi dan penjelasan dan pre test tentang klausul-klausul perjanjian

2.   Penjelasan lingkup materi yang dipelajari

B. Kegiatan Inti

1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya

2.   Peserta didik membaca tentang arti dan manfaat daftar pelanggan

3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti dan manfaat
daftar pelanggan

4.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

5.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

6.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

7.   Contoh-contoh daftar pelanggan untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.

8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:

(1) pengertian daftar pelanggan

(2) manfaat daftar pelanggan

C. Kegiatan Akhir

1.   Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.

2.   Guru membuat kesimpulan tentang arti dan manfaat daftar pelanggan

3.   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat contoh format dan mengisi daftar pelanggan

PERTEMUAN KE ­ 12 – 13

A. Kegiatan Awal :

Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti dan
manfaat daftar pelanggan

B. Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya

2.   Peserta didik membaca tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

4.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

5.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

6.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

7.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: Cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

C. Kegiatan Akhir

1.   Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul

2.   Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE ­ 14 – 15

A. Kegiatan Awal :

Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan

B. Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik membaca tentang komunikasi secara lisan dan tertulis

2.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab

3.   Setiap individu peserta didik membuat langkah-langkah cara menghubungi pelanggan, guru bertindak sebagai pembimbing

4.   Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.

5.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:

Cara berkomunikasi dengan pelanggan baik lisan dan tertulis

  1. Kegiatan Akhir:

Satu atau dua siswa menyimpulkan cara berkomunikasi dengan pelanggan baik lisan dan tertulis.

Guru membuat kesimpulan akhir.

PERTEMUAN KE 16 – 17

A. Kegiatan Awal :

a.   Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang cara berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan atau tertulis

B. Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya

2.   Peserta didik membahas langkah – langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan .

3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang langkah–langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan .

4.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang langkah–langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan.

5.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

6.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

7.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: langkah – langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan

C. Kegiatan Akhir

1.   Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul

2.  Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE 18 – 19

A. Kegiatan Awal :

Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan langkah-langkah berkomunikasi secara lisan dan tulisan

B. Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik membaca tentang procedure pembayaran menurut klausul

2.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab

3.   Setiap individu peserta didik membuat kesimpulan tentang procedure pembayaran menurut klausul

4.   Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.

5.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: Prosedur pembayaran menurut klausul

C. Kegiatan Akhir

Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang prosedur pembayaran
menurut klausul .

Guru membuat kesimpulan akhir.

PERTEMUAN KE 20 – 21

A. Kegiatan Awal :

Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang procedure pembayaran menurut klausul

B. Kegiatan Inti :

1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya

2.   Peserta didik membahas informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

4.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang tentang informasi yang diperoleh dari bagian keuangan

5.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

6.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

7.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.

8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:

Prosedur mengelola informasi dari bagian keuangan

C. Kegiatan Akhir

1.   Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul

2.   Guru membuat kesimpulan akhir

V. Alat/Bahan Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan : ­

-  Alat tulis

-  Alat peraga

-  Format dan formulir perjanjian jual beli

-  Bea materai

- Laptop dan LCD Proyektor

2.   Sumber Belajar : ­

-  Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk

-  Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa Mega

- CD Pembelajaran

- Internet

VI. Penilaian :

  1. Jenis test :

-  Test lisan ( pre test )

-  Test Perbuatan

-  Test Tertulis

2.   Bentuk test :

-  Pilihan Ganda

-  Uraian

Contoh test awal ( lisan )

1.   Pernahkah anda mendengar istilah daftar pelanggan?

2.   Siapa yang bisa memberikan contoh tentang komunikasi lisan dan Tertulis

Contoh test perbuatan

Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat dan menyusun daftar pelanggan.

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Kompeten

Belum Kompeten

Keseuaian Materi

Pengeta huan

Ketram pilan

Sikap

Jumlah

1

AAAA

3

2

2

2

9

V

2

BBBB

2

1

1

1

5

V

3

4

Dst……..

Nilai Maksimal

4

2

2

2

Keterangan :

a.   Kesesuaian materi:

4 = Sangat sesuai

3 = Sesuai

2 = cukup sesuai

1 = tidak sesuai

b.   Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :

2.0 = sangat baik

1.5 = baik

1,0 = cukup baik

0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )

1.   Surat yang akan dikirimkan kepada pelanggan yang belum melunasi faktur yang telah jatuh tempo setelah dikirimkannya surat penagihan piutang adalah….

a. surat muat barang

b. surat penagihan

c. surat teguran piutang

d. surat order pengiriman

e. surat konfirmasi piutang

2.   Buatlah ulasan mengenai hubungan proses penagihan piutang dan etika berkomunikasi dengan pelanggan sebagai debitur

Penilaian

1.   Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa

2.   Penilaian afektif/sikap/noninstruksional

3.   Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay
Bobot penilaian / penskoran :

Jenis Soal           Nomor / Jumlah soal                              Bobot Nilai           Jumlah

PG                      1 – ­25                                                      2                            50

Uraian                1 (proses/etika penagihan piutang)         50                          50

Jumlah                                                                                                             100

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M.                                                   Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                : SMK N 1 Udanawu

Mata Pelajaran               : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)

Kelas/Semester               :  XII / II

Standar Kompetensi      : Menagih pembayaran (Hasil Penjualan)

Kompetensi Dasar          : Melakukan proses penagihan pembayaran

Pertemuan ke                 :  21 s/d 28

Alokasi Waktu               : 4  x 45 menit

Indikator                        : -  Waktu dan metode pembayaran dijelaskan berdasarkan kesepakatan

-  Jumlah pembayaran denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelanggan

-  Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau pengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)

I.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

1. Menjelaskan waktu dan metode pembayaran yang ditentukan berdasarkan kesepakatan

2. Menghitung jumlah denda berdasarkan lamanya keterlambatan

3. Menyebutkan macam-macam bukti pembayaran

II. Materi Pokok :

Klausul-klausul perjanjian jual beli dalam kaitannya dengan pembayaran oleh pelanggan

III. Metode Pembelajaran :

-  Penugasan

-  Diskusi

-  Ceramah

- Kooperatif model STAD dan Jigsaw

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal

a.   Apersepsi, penjelasan mengenai klausul – klausul perjanjian dalam kaiatannya dengan pembayaran .

b.   Penjelasan lingkup materi yang dipelajari

c.   Pembagian kelompok

B. Kegiatan Inti

a.   Diskusi kelompok

b.   Ringkasan materi minimal oleh kelompok masingmasing

c.   Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok

d.   Presentasi oleh masing-masing kelompok

e.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan

f.    Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.

g.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:

Penjelasan tentang Klausul-klausul perjanjian yang terkait dengan masa jatuh tempo pembayaran yang harus diselesaikan oleh Pelanggan

C. Kegiatan Akhir

1.   Kesimpulan

Setelah data dikumpulkan, data diolah dalam bentuk table yang disebut table distribusi frekuensi. Kemudian dianalisis dengan menghitung mean, median dan modusnya

2.   Tugas Terstruktur

Mengerjakan soal latihan dari modul

3.   Tugas Tidak Terstruktur

Mempelajari ukuran penyebaran data

V.  Alat/Bahan Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan : Alat tulis

Alat peraga

Laptop dan LCD Proyektor

2.   Sumber Belajar : P.O.S dari perusahaan, UU. No. 8 tahun 1999, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet

VI. Penilaian

1.   Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa

2.   Penilaian afektif/sikap/noninstruksional

3.   Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No. Soal

Uraian Soal

Kunci Jawaban

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M.                                                   Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005

About these ads

Tentang jazinansetiawan

no thing
Tulisan ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s