RPP MENATA PRODUK PEMASARAN SMK (EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Produktif Pemasaran

Kelas/Semester                :  XI/1

Tahun Ajaran                 :  2011 – 2012

Alokasi Waktu                 :  45  jam pelajaran (9 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  1 s.d. 9

Standar Kompetensi       : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           : Mendeskripsikan perencanaan visual penataan produk

Indikator                          :  Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk

                                             Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk

Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan

Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan

I.    Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
  • Siswa mampu Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
  • Siswa mampu Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
  • Siswa mampu Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan
  1. II.    Materi Ajar

      Kegiatan Belajar Ke-1, 2 dan 3

  1. Pengertian dan ruang lingkup penataan produk (display).
  2. Konsep AIDA dalam tujuan penataan produk atau Display
  3. Pembagian dan jenis-jenis diplay, Windows Display, Interior Display, Exterior Display dan Solary Display.
  4. Syarat-syarat penataan produk yang baik.
  5. Logika konsumen dan customer eye level dalam penataan produk.

 

Kegiatan Belajar Ke-4 dan 5

  1. Pengertian produk (barang dan jasa)  menurut Stanton dan Kotler.
  2. Desain produk
  3. Jenis dan spesifikasi barang.
  4. Klasifikasi dan  Grouping Produk.
  5. Pemberian kode produk.
  6. Warna dan merk produk.

 

Kegiatan Belajar Ke-7, 8 dan 9

  1. Dasar-dasar desain toko.
  2. Elemen-elemen desain toko.
  3. Sasaran Desain toko.
  4. Tata letak / lay out / denah toko.
  5. Penelitian kebutuhan ruangan.
  6. Bagian / area yang ada di supermarket.

III. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok

Tanya jawab

Penugasan

Inkuiri

Proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Ke-1, 2 dan 3

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diajak melihat kondisi riil mengenai penataan produk di sejumlah toko dan supermarket dengan ditunjukan suasana penataan produk pada suatu toko dengan gamabr dan foto menggunakan LCD proyektor..

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami prosedur pengurusan izin usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian, ruang lingkup dan tujuan penataan produk (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui

- Contoh proses terjadinya suatu pembelian produk dengan tahapan AIDA (Eksplorasi)

- Gambar dan foto yang menggambarkan jenis-jenis penataan produk (Eksplorasi)

-  Memberikan gambaran mengenai logika konsumen dan strategi pendisplayan, berupa groupping, penataan secara runtut, dan customer eye level (Eksplorasi).

3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak mengidentifikasi model-model penataan produk, kelebihan dan kelemahan berbagai jenis penataan produk (Elaborasi)

4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang  pengertian dan ruang lingkup penataan produk,  jenis-jenis display, dan syarat-syarat penataan produk yang baik pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

Kegiatan Belajar Ke-4 dan 5

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman dan gambaran umum mengenai pengertian produk

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami produk / barang yang akan didisplay dan dapat melakukan groupping produk.

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian produk  dan bagaimana suatu produk dapat terbentuk (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami jenis / pembagian suatu produk (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses terjadinya suatu produk, desain suatu produk, dan ruang lingkup warna dan merk produk (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang proses terjadinya suatu produk, desain suatu produk, dan ruang lingkup warna dan merk produk pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa melalui program enrichtment dengan mengambil bahan dari internet (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

 

Kegiatan Belajar Ke-7, 8 dan 9

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pentingnya penataan desain dan lay out sebuah toko.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami perencanaan, penentuan dan penataan ruang sebuah toko.

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan dan mengarah kan siswa mengenai pemahaman atas pengertian dan dasar-dasar desain dan layout sebuah toko (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui pemberian contoh berupa gambar dan foto mengenai desain dan layout sebuah toko serta penelitian kebutuhan ruang dalam sebuah toko (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami sasaran desain toko dalam kegiatan visual merchandissing (Elaborasi)

4. Siswa mengerjakan tugas terstruktur dan latihan soal-soal tata letak / lay out / denah toko pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan yang dimaksud dengan diplay!

2.   Uraikan proses AIDA dalam tujuan pentaan produk!

3.   Sebutkan perbedaan antara close interior display dengan open interior display?

4.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan store sign dan decoration dalam display!

5.   Apa yang dimaksud produk menurut Philip Kotler?

6.   Sebutkan dan jelaskan pembagian barang konsumsi dan berikan 2 contoh produknya!

7.   Jelaskan terbentuknya desain sebuah produk?

8.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan desain toko dan sebutkan fungsinya!

9.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan gimmick bagaimana cara mewujudkanya!

10. Sebutkan berilah contoh-contoh bagian atau area yang ada di supermarket!

Skor setiap soal maksimum 10.

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Produktif Pemasaran

Kelas/Semester                :  XI/1

Tahun Ajaran                 :  2011 – 2012

Alokasi Waktu                 :  5  jam pelajaran (1 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  6

Standar Kompetensi       : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           : Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

Indikator                          :  Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk

                                             Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk

Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan

Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan

I.    Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
  • Siswa mampu Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
  • Siswa mampu Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
  • Siswa mampu Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan

III. Materi Ajar

  1. Jenis dan spesifikasi barang.
  2. Klasifikasi dan  Grouping Produk.
  3. Pemberian kode produk.

III. Metode Pembelajaran

Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai pengertian produk dan jenis produk

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan klasifikasi dan pemberian kode produk  dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami grouping dan dapat melakukan pengkodean produk.

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai prosedur pemberian kode suatu produk (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi pemberian kode suatu produk (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses pengkodean (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas praktek pengkodean produk secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pengkodean produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- Alat tulis dan kertas HVS folio 5 lembar

- Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur

2.   Bentuk instrumen: tes perbuatan

3.   Instrumen/soal:

Buatlah pengkodean bahan yang telah disiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Kom peten

Belum Kom peten

Persiapan

Proses

Hasil

Sikap

Waktu

Jumlah

1

AAAA

2

3

2

1

1

9

V

2

BBBB

1

1

1

1

1

5

V

3

4

Dst……..
Nilai Maksimal

2

4

2

1

1

 

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan       :     SMK N 1 Udanawu                                                   

Mata Pelajaran             :     Produktif Pemasaran

Kelas/Semester             :     XI/1 dan 2

Tahun Ajaran              :     2011 – 2012

Alokasi Waktu              :      jam pelajaran ( x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-   :      10 s.d. 18      

Standar Kompetensi    :     Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar        :     Menata display produk

Indikator                       :     –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

                                             - Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

-          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

-          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

-          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

  1. II.          Materi Ajar

      Kegiatan Belajar Ke-10, 11 dan 12

  1. Pengetahuan barang-barang supermarket.
  2. pembagian dan pengelompokan barang supermarket.
  3. Jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket

Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14

  1. Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
  2. Peralatan label harga.
  3. Membuat kartu harga dan POP
  4. Melaksanakan pelabelan harga

Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18

  1. Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
  2. Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
  3. Penataan barang supermarket.
  4. Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
  5. Peralatan display barang supermarket.
  6. Istilah dan perlengkapan display barang supermarket.

III.    Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok

Tanya jawab

Penugasan

Inkuiri

Proyek

IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Ke- 10, 11 dan 12

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam pendisplay-an barang supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian dan ruang lingkup barang supermarket (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami jenis  barang supermarket (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak memahami pengelompokan dan pembagian barang supermarket (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan (terstruktur maupun tidak terstruktur) jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan kesimpulan akhir

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

 

         Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan kembali mengenai ruang lingkup dan pembagian barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)

3.   Demgan peragaan / demonstrasi siswa memahami cara dan prosedur penggunaan dan perawatan peralatan pelabbelan harga (Eksplorasi)

4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur pelaksanaan pelabbelan harga maupun pembuatan kartu harga dan POP (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pembuatan kartu harga dan POP pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

         Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai prosedur operasi standar dan prinsip penataan barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam display barang supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai urutan penataan barang supermarket sesuai dengan POS dan prinsip penataan (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar maupun foto siswa memahami lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display pada barang supermarket (Eksplorasi)

3. Dengan metode demonstrasi di depan kelas  siswa dapat memahami melakukan penataan barangmenggunakan  lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking baik vertikal maupun horizontal (Eksplorasi)

4.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak mengenal peralatan dan istilah-istilah yang digunakan dalam pendisplay-an barang supermarket (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas terstruktur membuat plannogram penataan barang lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan simpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

        

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

- Peralatan  dan bahan display barang supermarket

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul Mentari

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan pembagian dan departemenisasi barang supermarket?

2.   Jelaskan manfaat pengelompokan barang pada display barang supermarket!

3.   Sebutkan perbedaan antara price card dan price labbel!

4.   Jelaskan prosedur penggunaan alat price labbeler!

5.   Jelaskan fungsi POP dalam display barang supermarket!

6.   Jelaskan prosedur penataan barang supermarket menggunakan standar Dancing Up!

7.   Sebutkan macam-macam yang dapat didisplay menggunakan standar Clip Strip!

8.   Jelaskan penempatan barang menggunakan metode brand blocking secra vertikal?

9.   Sebutkan bagian-bagian dari double gondola secara lengkap!

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan: tier, one finger, skyline, slow moving dan fifo dalam display barang supermarket!

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Produktif Pemasaran

Kelas/Semester                :  XI/1

Tahun Ajaran                 :  2011 – 2012

Alokasi Waktu                 :  5  jam pelajaran (1 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  15

Standar Kompetensi       : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           :  Menata display produk

Indikator                          :  –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

                                             - Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

-          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

-          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

-          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

  1. II.          Materi Ajar

Kegiatan Belajar Ke-15 dan 14

  1. Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
  2. Peralatan label harga.
  3. Membuat kartu harga dan POP
  4. Melaksanakan pelabelan harga

III. Metode Pembelajaran

Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai ruang lingkup produk dan jenis produk supermarket.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan pemberian label, untuk membantu siswa dalam memahami persiapan display produk supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai prosedur pemberian label harga (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi pemberian label harga (Eksplorasi)

3. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses pelabelan harga (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas praktek pengkodean produk secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pelabelan produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- Price labbeler single dan double masing-masing 3 buah.

- Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur

2.   Bentuk instrumen: tes perbuatan

3.   Instrumen/soal:

Buatlah pelabelan harga dengan bahan yang telah disiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

FORM PENILAIAN PRAKTEK PRICE LABBELING

Nama Peserta  :

No
Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi

Tidak

Ya

7,0-7,9

8,0-8,9
9,0-10

1

2

3

4

5

6

I

Persiapan Kerja Tugas Price Labelling

1.1  Menyiapkan peralatan price labeling

 

   1.1.1     Memeriksa/memasang kertas stiker/label roll    1.1.2     Memeriksa kondisi tinta    1.2  Mencocokkan barang dengan soal 1.2.1     Memeriksa barang baik jumlah barang maupun jenisnya

 

   Skor Komponen :

 

II

Proses (Sistematika dan Cara Kerja) Price Labelling

 

   2.1  Mampu mengoperasikan peralatan price labelling

 

   2.1.1     Mampu mengatur angka angka, untuk kode dan harga yang ada di mesin

 

   2.2  Menempelkan stiker pada barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

   2.2.1     Mencocokkan harga yang ada pada soal dengan tuts angka pada mesin

 

   2.2.2     Menempelkan stiker harga pada barang yang dimaksud

 

   Skor Komponen :

 

   

III

Hasil Kerja Price Labelling

 

   3.1  Ketetapatan nominal harga yang di tempel pada barang

 

   3.2  Ketepatan penempelan letak stiker harga pada barang

 

   Skor Komponen :

 

   

IV

Sikap Kerja Price Labelling

 

   4.1  Penggunaan alat price labelling

 

   4.2  Kerapihan kerja

 

   4.3  Ketelitian kerja

 

   Skor Komponen :

 

   

V

Waktu Price labelling

 

   5.1    Kecepatan

 

   5.2    Ketepatan dengan standar waktu

 

   Skor Komponen :

 

   

 

Keterangan :

Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian

Perhitungan nilai praktik (NP) :

 

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

 

Nilai Praktik

(NP)

 

Persiapan

Proses

Sikap Kerja

Hasil

Waktu

∑ NK

 

1

2

3

4

5

6

Bobot (%)

Skor Komponen      NK

Keterangan:

  • Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
  • NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
  • NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
  • Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Produktif Pemasaran

Kelas/Semester                :  XI/1

Tahun Ajaran                 :  2011 – 2012

Alokasi Waktu                 :  10  jam pelajaran (2 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  19 Dan 20

Standar Kompetensi       : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           :  Menata display produk

Indikator                          :  –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

                                             - Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

-          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

-          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

-          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

  1. II.          Materi Ajar

Kegiatan Belajar Ke-19 dan 20

  1. Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
  2. Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
  3. Penataan barang supermarket.
  4. Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
  5. Peralatan display barang supermarket.
  6. Istilah dan perlengkapan display barang supermarket

III. Metode Pembelajaran

Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai ruang lingkup produk dan jenis produk supermarket.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan pendisplayan produk supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai prosedur penataan produk supermarket (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi penatan produk supermarket (Eksplorasi)

3. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses penataan produk supermarket (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas praktek penataan produk supermarket secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan pelabelan produk dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- Double gondola lengkap.

- End Gondola lengkap

- Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur

2.   Bentuk instrumen: tes perbuatan

3.   Instrumen/soal:

Display lah produk supermarket yang telah dipersiapkan sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

Lembar Penilaian PraktEk KEJURUAN

Satuan Pendidikan         :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Kompetensi Keahlian     :           Penjualan

Sub Kompetensi             :           Display

Kode                              :           6054

Alokasi Waktu               :                jam

Bentuk Soal                   :           Penugasan Kelompok

Nama  : ______________________________

No
Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi

Tidak

Ya

7,0-7,9

8,0-8,9
9,0-10

1

2

3

4

5

6

I

Persiapan Kerja Tugas Display

1.1  Menyiapkan media display yang akan digunakan

 

   1.1.1     Sesuai ketentuan yang disyaratkan    1.1.2     Dekorasi terhadap media display    1.2  Menyiapkan barang yang akan di display 1.2.1     Jumlah barang

 

   1.2.2     Jenis barang

 

   Skor Komponen :

 

II

Proses ( Sistematika & Cara Kerja) Display :

 

   2.1  Ketepatan Pengelompokkan barang

 

   2.2  Ketepatan penataan warna dan cahaya

 

   2.3  Mudah dilihat, terjangkau dan atraktif

 

   2.4  Komunikasi

 

   2.5  kreatifitas

 

   2.6  Kesesuaian aksesoris display

 

   Skor Komponen :

 

   

III

Hasil Kerja Display

 

   3.1  Kerapihan penataan barang

 

   3.2  Kesesuaian bentuk, warna dan harga

 

   3.3  Kesesuaian dengan dekorasi

 

   Skor Komponen :

 

   

IV

Sikap Kerja Display

 

   4.1  Kerapihan kerja

 

   4.2  Ketelitian kerja

 

   Skor Komponen :

 

   

V

Waktu Display

 

   5.1    Kecepatan

 

   5.2    Ketepatan dengan standar waktu

 

   Skor Komponen :

 

   

 

Keterangan :

Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian

 

Perhitungan nilai praktik (NP) :

 

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

 

Nilai Praktik

(NP)

 

Persiapan

Proses

Sikap Kerja

Hasil

Waktu

∑ NK

 

1

2

3

4

5

6

Bobot (%)

Skor Komponen      NK

Keterangan:

  • Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
  • NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
  • NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
  • Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :     SMK N 1 Udanawu                                                   

Mata Pelajaran             :     Produktif Pemasaran

Kelas/Semester             :     XI/1 dan 2

Tahun Ajaran              :     2011 – 2012

Alokasi Waktu              :      jam pelajaran ( x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-   :      10 s.d.           

Standar Kompetensi    :     Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar        :     Menata display produk

Indikator                       :     –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

                                             - Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

-          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

-          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

-          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

  1. III.       Materi Ajar

      Menghitung risiko menjalankan usaha

Kegiatan Belajar Ke-10, 11 dan 12

  1. Pengetahuan barang-barang supermarket.
  2. pembagian dan pengelompokan barang supermarket.
  3. Jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket

Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14

  1. Label harga (address card), kartu harga (price card) dan Point Of Purchase (POP)
  2. Peralatan label harga.
  3. Membuat kartu harga dan POP
  4. Melaksanakan pelabelan harga

Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18

  1. Prosedur Operasi Standar (POS) dan prinsip penataan produk supermarket.
  2. Lima standar ruang promosi (space promo standar) dalam pendisplayan di supermarket (Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip)
  3. Penataan barang supermarket.
  4. Brand Blocking secara vertikal dan horizontal.
  5. Peralatan display barang supermarket.
  6. Istilah dan perlengkapan display barang supermarket.

III.    Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok

Tanya jawab

Penugasan

Inkuiri

Proyek

IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Ke- 10, 11 dan 12

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam pendisplay-an barang supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian dan ruang lingkup barang supermarket (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami jenis  barang supermarket (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak memahami pengelompokan dan pembagian barang supermarket (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan (terstruktur maupun tidak terstruktur) jenis, sifat dan spesifikasi barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan kesimpulan akhir

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

 

         Kegiatan Belajar Ke-13 dan 14

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan kembali mengenai ruang lingkup dan pembagian barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai price card, price labbel dan POP (Eksplorasi)

3.   Demgan peragaan / demonstrasi siswa memahami cara dan prosedur penggunaan dan perawatan peralatan pelabbelan harga (Eksplorasi)

4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur pelaksanaan pelabbelan harga maupun pembuatan kartu harga dan POP (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pembuatan kartu harga dan POP pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

         Kegiatan Belajar Ke-16, 17 dan 18

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai prosedur operasi standar dan prinsip penataan barang supermarket

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam display barang supermarket

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai urutan penataan barang supermarket sesuai dengan POS dan prinsip penataan (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar maupun foto siswa memahami lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display pada barang supermarket (Eksplorasi)

3. Dengan metode demonstrasi di depan kelas  siswa dapat memahami melakukan penataan barangmenggunakan  lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking baik vertikal maupun horizontal (Eksplorasi)

4.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak mengenal peralatan dan istilah-istilah yang digunakan dalam pendisplay-an barang supermarket (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas terstruktur membuat plannogram penataan barang lima ruang standar promo dan penggunaan brand blocking dalam display barang supermarket pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan memberikan simpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

        

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

- Peralatan  dan bahan display barang supermarket

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul Mentari

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan pembagian dan departemenisasi barang supermarket?

2.   Jelaskan manfaat pengelompokan barang pada display barang supermarket!

3.   Sebutkan perbedaan antara price card dan price labbel!

4.   Jelaskan prosedur penggunaan alat price labbeler!

5.   Jelaskan fungsi POP dalam display barang supermarket!

6.   Jelaskan prosedur penataan barang supermarket menggunakan standar Dancing   Up!

7.   Sebutkan macam-macam yang dapat didisplay menggunakan standar Clip Strip!

8.   Jelaskan penempatan barang menggunakan metode brand blocking secra vertikal?

9.   Sebutkan bagian-bagian dari double gondola secara lengkap!

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan: tier, one finger, skyline, slow moving dan fifo dalam display barang supermarket!

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                     Blitar,       Juli 2011                             Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                          Rudy Setiawan, S.Pd.                 NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005

About these ads

Tentang jazinansetiawan

no thing
Tulisan ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s