RPP KEWIRAUSAHAAN SMK (EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Modul 1

Persiapan Pendirian Usaha

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester                :  XII/1

Tahun Ajaran                 :  2011 – 2012

Alokasi Waktu                 :  22  jam pelajaran (11 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  1 s.d. 11

Standar Kompetensi       : Mengelola usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar           : Mempersiapkan pendirian usaha

Indikator                          : Mengetahui prosedur pengurusan izin usaha

Mengetahui permodalan usaha dan pengajuan kredit usaha

Menentukan dan mengurus tempat usaha

Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi

Merekrut dan menempatkan SDM (sumber daya manusia) sesuai kegiatan usaha yang didirikan

Mempersiapkan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha

I.    Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mengetahui prosedur pengurusan izin usaha
  • Siswa mengetahui permodalan usaha dan pengajuan kredit usaha
  • Siswa mampu menentukan dan mengurus tempat usaha
  • Siswa mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
  • Siswa mampu merekrut dan menempatkan SDM (sumber daya manusia) sesuai kegiatan usaha yang didirikan
  • Siswa mengetahui persiapkan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha
  1. II.    Materi Ajar

      Persiapan pendirian usaha

Kegiatan Belajar Ke-1 dan 2

  1. Perizinan usaha merupakan alat untuk pembinaan, pengarahan, pengawasan, dan alat pengendalian pengelolaan usaha.
  2. Prosedur atau langkah-langkah dalam mendirikan usaha berbadan hukum, antara lain: membuat SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan HO (Surat Izin Gangguan), membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), membuat TDP (Tanda Daftar Perusahaan), membuat nomor rekening bank atas nama perusahaan, dan membuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).
  3. Perizinan usaha diwajibkan atau dilakukan agar tercapai ketertiban di dalam usaha, kelancaran arus barang, dan kesempatan untuk mengembangkan usaha.

Kegiatan Belajar Ke-3 dan 4

  1. Permodalan usaha merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam evaluasi suatu usulan investasi dalam rangka pendirian usaha baru.
  2. Pada dasarnya sumber dana untuk kegiatan usaha berasal dari dua sumber, yaitu sumber dari dalam kegiatan itu sendiri (intern) dan sumber dari luar kegiatan usaha (ekstern).
  3. Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara pihak bank dengan pihak lain/peminjam, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi kewajibannya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian keuntungan.
  4. Untuk menanamkan kepercayaan, baik investor maupun pada bank untuk memberikan kredit ada lima masalah pokok yang harus dijaga antara lain: character (watak), capacity (kemampuan), capital (modal), collateral (jaminan), dan conditions (keadaan).

Kegiatan Belajar Ke-5 dan 6

  1. Salah satu faktor yang paling penting adalah lokasi usaha. Tempat usaha yang tepat dan strategis akan menentukan kesuksesan usaha yang dijalani.
  2. Alasan pemilihan lokasi kegiatan usaha, antara lain: lokasi usaha terikat dengan alam, berdasarkan sejarah, berdasarkan ketentuan pemerintah, dan karena faktor-faktor ekonomi.
  3. Faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi penentuan lokasi usaha di antaranya: dekat bahan baku, dekat konsumen, dekat dengan tenaga kerja, dekat dengan sumber energi, iklim suatu daerah, dan karena mendapat kebijakan tertentu dari pemerintah.
  4. Fasilitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan di dalam kegiatan operasional perusahaan  karena apabila ada fasilitas yang rusak akan mengganggu efektivitas proses produksi.
  5. Bahan baku merupakan sesuatu yang sangat penting. Kegiatan proses produksi tidak mungkin dapat dilaksanakan manakala bahan yang akan diproses belum atau tidak tersedia.

Kegiatan Belajar Ke-7 dan 8

  1. Dalam perencanaan sumber daya manusia dilakukan beberapa persiapan seleksi tenaga kerja, di antaranya membuat perkiraan jumlah karyawan yang dibutuhkan, perkiraan lowongan pekerjaan yang tersedia, dan perkiraan waktu kerja yang dibutuhkan.
  2. Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di suatu perusahaan.
  3. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang tepat, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi, perusahan dapat melakukan perekrutan secara internal maupun eksternal.
  4. Proses seleksi dilakukan melalui ujian saringan, baik tertulis (psikotes, tes potensi akademik) maupun lisan (wawancara).

Kegiatan Belajar Ke-9 s.d. 11

  1. Menurut pendapat John M. Pfiffner, administrasi digunakan sebagai sistem catatan, pengorganisasian, pengelompokan, dan penjurusan data dari sumber-sumber manusia dan bahannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  2. Sistem administrasi lebih menitikberatkan pada pencatatan, pengelompokan, pengorganisasian dan pendataan, atas apa yang dilakukan oleh orang atau perusahaan dalam kegiatannya untuk membantu mewujudkan tujuannya.
  3. Maksud dan tujuan dari diterapkannya administrasi yang baik dan rapi adalah membantu kelancaran usaha dan pengelolaan perusahaan, khususnya dalam pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan usaha.
  4. Kegiatan kearsipan merupakan salah satu kegiatan administrasi kantor yang sangat penting untuk dilakukan dalam suatu usaha. Kearsipan adalah penempatan kertas-kertas dalam tempat-tempat penyimpanan yang baik, sesuai dengan aturan yang telah ditentukan terlebih dahulu, sehingga apabila dokumen diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

III. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Ke-1 dan 2

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan mengenai proposal usaha

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami prosedur pengurusan izin usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi perizinan usaha (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami prosedur atau langkah-langkah dalam mendirikan usaha berbadan hukum (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak mengidentifikasi dokumen-dokumen yang diperlukan dalam membuat surat perizinan usaha (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang  prosedur pengurusan izin usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-3 dan 4

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian modal usaha

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami permodalan usaha dan pengajuan kredit usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai sumber dana dalam kegiatan usaha (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami syarat-syarat memperoleh kredit usaha (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur pengajuan kredit di bank (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang permodalan usaha dan pengajuan kredit usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-5 dan 6

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pentingnya lokasi usaha yang strategis

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami penentuan dan pengurusan tempat usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai alasan pemilihan lokasi kegiatan usaha (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami cara penentuan lokasi usaha (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami pengadaan fasilitas dan bahan baku dalam kegiatan usaha (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pengurusan tempat usaha dan pengadaan fasilitas dan bahan baku pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-7 dan 8

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai sumber daya manusia

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami perekrutan dan penempatan SDM (Sumber Daya Manusia)

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami langkah-langkah dalam perekrutan tenaga kerja (Eksplorasi)

3.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses seleksi tenaga kerja (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perekrutan dan penempatan SDM (Sumber Daya Manusia) pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke-9 s.d. 11

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian administrasi

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha

Kegiatan Inti

1.   Dengan informasi dari guru, siswa diajak memahami fungsi dan kegunaan administrasi (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami maksud dan tujuan administrasi (Eksplorasi)

3.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami kegiatan administrasi (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang persiapan administrasi usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul Mentari

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan yang dimaksud dengan surat izin tetangga!

2.   Siapa yang berhak mengeluarkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)?

3.   Mengapa kredit sangat diperlukan dalam berwirausaha?

4.   Sebutkan sumber dana untuk kegiatan usaha!

5.   Bagaimana kondisi tempat usaha yang diinginkan oleh konsumen?

6.   Sebutkan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi penentuan lokasi usaha!

7.   Apa yang dimaksud dengan rekrutmen?

8.   Sebutkan langkah-langkah penarikan kebutuhan tenaga kerja!

9.   Sebutkan kegunaan utama catatan administrasi perusahaan!

10. Mengapa administrasi usaha perlu dibuat dan ditingkatkan, terutama pembukuan keuangan usaha?

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Modul 2

Menghitung Risiko Menjalankan Usaha

Satuan Pendidikan       :     SMK N 1 Udanawu                                                   

Mata Pelajaran             :     Kewirausahaan

Kelas/Semester             :     XII/1

Tahun Ajaran              :     2011 – 2012

Alokasi Waktu              :     14  jam pelajaran (7 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-   :     12 s.d. 18       

Standar Kompetensi    :     Mengelola usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar        :     Menghitung risiko menjalankan usaha

Indikator                       :     -     Melakukan analisis data dengan menggunakan statistika, seperti peluang, regresi, dan korelasi

-     Melakukan analisis aspek keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku/bahan produksi

-     Menyusun strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat memahami analisis data dengan menggunakan statistika, seperti peluang, regresi, dan korelasi

-          Siswa dapat memahami analisis aspek keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku/bahan produksi

-          Siswa dapat menyusun strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha

  1. II.          Materi Ajar

      Menghitung risiko menjalankan usaha

Kegiatan Belajar Ke-12 dan 13

  1. Risiko adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan/membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.
  2. Agar usahanya dapat berjalan lancar dan sukses, semua risiko yang timbul harus dianalisis untuk kemudian disusun suatu strategi yang tepat dalam menjalankan usaha. Analisis dibuat berdasarkan data usaha dengan pendekatan statistika yang relevan, sehingga analisis yang dihasilkan dapat menjadi dasar strategi usaha.
  3. Dalam pengambilan keputusan akan lebih baik jika seorang wirausaha menggunakan analisis data dengan pendekatan statistika, yaitu melalui analisis persamaan regresi dan korelasi.
  4. Aspek pasar mendahului aspek-aspek lainnya, karena di dalam merencanakan usaha yang perlu dipikirkan pertama kali adalah produk apa yang diminta di pasar dan dalam jumlah berapa.
  5. Perusahaan yang ingin diterima produknya, strategi yang digunakan tidak hanya memberikan produk yang baik saja, tetapi harus bisa memberikan produk yang terbaik dengan cara memuaskan konsumen dengan tawaran yang unggul.

Kegiatan Belajar Ke-14 dan 15

  1. Sikap yang harus ditanamkan kepada pelanggan, meliputi sikap bersahabat, hormat dan ramah, mengetahui informasi/masalah yang diinginkan pelanggan, perhatian pelayanan yang cepat dan tepat, rasa aman dan nyaman.
  2. Bahan baku merupakan bahan dasar yang sangat penting bagi perusahaan, jika dalam perusahaan tidak tersedia bahan baku, bisa dipastikan kegiatan proses produksi akan terhenti.
  3. Sistem pencatatan bahan baku dibedakan menjadi dua, yaitu pencatatan secara sistem fisik (periodik) dan pencatatan sistem perpetual

Kegiatan Belajar Ke-16 s.d. 18

  1. Seorang wirausaha yang cerdas harus memerhatikan dampak perubahan yang sedang dan mungkin akan terjadi terhadap kelangsungan usahanya. Oleh karena itu, diperlukan perubahan strategi untuk disesuaikan dengan keadaan pesaing, permintaan, perilaku pembeli, dan lain-lain.
  2. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu barang, antara lain: faktor budaya, kelas sosial, keluarga, usia dan tahap siklus hidup, jenis pekerjaan, kondisi ekonomi, dan gaya hidup.
  3. Daur hidup produk merupakan tahapan-tahapan penting dari produk yang menegaskan bahwa sifat-sifat produk itu akan menentukan pertumbuhan produknya.

III.    Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, inkuiri, dan proyek.

IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Ke-12 dan 13

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian risiko usaha

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam menghitung risiko dalam menjalankan usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai tujuan dan manfaat analisis data dalam menjalankan dan mengelola usaha (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami jenis data dalam pengambilan keputusan (Eksplorasi)

3.  Dengan berdiskusi dan penugasan dari guru siswa diajak memahami analisis data dengan menggunakan pendekatan statistik (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang analisis data pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

         Kegiatan Belajar Ke-14 dan 15

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan mengenai analisis data

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami studi kelayakan usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai analisis aspek pelanggan (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami analisis aspek pesaing (Eksplorasi)

3.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami analisis aspek bahan baku/bahan produksi (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang studi kelayakan usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

         Kegiatan Belajar Ke-16 s.d. 18

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi pemahaman mengenai faktor penggerak perubahan

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami strategi menjalankan usaha

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai faktor penggerak perubahan (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa memahami pengaruh perubahan terhadap strategi menjalankan usaha (Eksplorasi)

3.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak mengenal perilaku konsumen dalam menentukan strategi pemasaran dan promosi (Elaborasi)

4.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang strategi menjalankan usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

        

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul Mentari

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Apa yang dimaksud dengan risiko?

2.   Sebutkan tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha dalam menjalankan usaha!

3.   Sebutkan dua metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan data!

4.   Mengapa aspek potensi pasar perlu dipikirkan pertama kali dalam berwirausaha?

5.   Sebutkan sumber-sumber analisis data yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh wirausaha!

6.   Sebutkan manfaat adanya pesaing dalam dunia usaha!

7.   Mengapa bahan baku merupakan dasar yang sangat penting bagi perusahaan?

8.   Mengapa seorang wirausaha harus selalu mengamati dan mengevaluasi strategi usahanya?

9.   Sebutkan empat konsekuensi dari perubahan yang berdampak pada penerapan rencana dan strategi usaha!

10. Sebutkan lima peran yang dimainkan orang dalam mengambil keputusan pembelian!

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2011

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s