SOAL PEMASARAN BARANG DAN JASA

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan ingkat !
 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
 2. Sebutkan beberapa variabel yang dapat digunakan dalam segmentasi berdasarkan demografiknya!
 3. Sebutkan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk melakukan segmentasi yang efektif!
 4. Sebutkan tahapan yang umumnya dilakukan dalam melakukan segmentasi pasar!
 5. Gambarlah tiga jenis pola preferensi yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk dalam suatu Product Space
 6. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?
 7. Uraikan variabel-variabel apa yang termasuk kategori demografi?
 8. Uraikan singkat, apa alasan yang mendorong dilaksanakannya segmentasi pasar?
 9. Uraikan syarat-syarat mengadakan segmentasi pasar yang efektif!
 10.Tuliskan tahapan–tahapan dalam melakukan segmentasi pasar!
 11.Jelaskan pengertian product positioning ?
 12.Hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam repositioning dan perluasan merek!
 13.Bila berhadapan dengan pesaing yang memasarkan produk sejenis dengan produk kita dimana kualitasnya tidak jauh berbeda tetapi mereka menetapkan harga lebih murah, apa yang harus dilakukan?
 14.Mengapa orang mau membeli sesuatu?
 15.Bagaimana menghadapi orang yang memiliki sifat penggerutu?
1.  Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan pasar yang berifat homogen disebut:
    a. segmentasi pasar    
    b. repositioning
    c. differentiated marketing
    d. positioning
    e. market share
2.  Yang termasuk faktor demografi adalah:
    a. kepribadian
    b. jumlah keluarga
    c. sikap
    d. daerah pedesaan
    e. penghasilan
3.  Yang termasuk faktor psikologis adalah
    a. sikap
    b. agama
    c. lokasi daerah
    d. jenis kelamin
    e. budaya
4.  Tingkat informasi tentang sifat pembeli harus measurability artinya. arti measurability adalah:
    a. dapat diperkirakan
    b. dapat diduga
    c. dapat dilihat.
    d. dapat diukur
    e. dapat dipilih
5.   Yang termasuk atribut produk adalah:
      a.   kualitas
      b.   jumlah barang
      c.   tempat penyimpanan
      d.   syarat pembayaran
      e.   pemilik barang
6.   Perusahaan membuat satu jenis barang/produk tunggal untuk memenuhi keinginan semua orang. ini termasuk strategi:
      a. undifferentiated marketing
      b.   differentiated marketing
      c. concentrated marketing
      d. market targeting
      e. repositioning
7.   Perusahaan membuat lebih dari satu model barang, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, strategi ini disebut:
      a. undifferentiated marketing
      b. differentiated marketing
      c. concentrated marketing
      d. market targeting
      e. repositioning
8.   Pabrik mobil fiat hanya memproduksi mobil-mobil kecil, untuk merebut pasaran penggemar mobil kecil. Menurut anda, strategi ini termasuk:
      a. undifferentiated marketing
      b. differentiated marketing
      c. concentrated marketing
      d. market targeting
      e. repositioning
9.   Bila produk anda telah jenuh di pasar, maka tindakan yang terbaik adalah:
      a. menarik produk dari peredaran
      b. menambah produk
      c. mengalihkan produk ke segmen pasar lain
      d. menutup pabrik
      e. mempromosikan barang secara besar-besaran
10.    Bila berhadapan dengan pasar yang penuh pesaing, maka tindakan anda:
      a. membuat kemasan yang lebih menarik
      b. memberikan pelayanan yang lebih baik
      c. menjual barang semurah-murahnya walaupun rugi agar barang cepat habis
      d. a dan b benar
      e. salah semua.
About these ads

Tentang jazinansetiawan

no thing
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s