RPP MENATA PRODUK PEMASARAN SMK (EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI) GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

(SUPLEMEN UNTUK KEGIATAN PRATEK)

Satuan Pendidikan          :  SMK Negeri 1 Udanawu

Mata Pelajaran                :  Produktif Pemasaran Menata Produk (KK.02)

Kelas / Semester              :  X / Genap

Tahun Ajaran                 :  2012 – 2013

Alokasi Waktu                 :  5  jam pelajaran (1 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-      :  1

Standar Kompetensi       : Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar           :  Menata display produk

Indikator                          :  –  Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Memonitor display produk secara teratur untuk memastikan sesuai dengan perencanaan penataan produk.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan display produk.

- Melakukan tindakan untuk mengatasi setiap perubahan pada display.

I.       Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

-          Siswa dapat menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual merchandissing penataan produk dan SOP Perusahaan.

-          Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk

-          Siswa dapat melakukan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

  1. II.          Materi Ajar

Kegiatan Belajar Ke-1

  1. Pengertian dan ruang lingkup display eksterior untuk event khusus dan pameran.
  2. Jenis-jenis display eksterior untuk event khusus dan pameran
  3. Persiapan dan pelaksanaan display eksterior untuk event khusus dan pameran

III. Metode Pembelajaran

Pembelajaran praktek penugasan, inkuiri, dan proyek

IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diberi dingatkan kembali mengenai ruang lingkup display eksterior untuk event khusus dan pameran.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai ketrampilan pendisplayan  dengan metode display eksterior untuk event khusus dan pameran

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai prosedur display eksterior untuk event khusus dan pameran (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh dan demonstrasi penatan produk display eksterior untuk event khusus dan pameran (Eksplorasi)

3. Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami proses penataan produk display eksterior untuk event khusus dan pameran (Elaborasi)

4.  Siswa mengerjakan tugas praktek penataan produk display eksterior untuk event khusus dan pameran secara individual menggunakan bahan dan alat yang telah dipersiapkan (Elaborasi)

5.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami  siswa, dan berusaha mengembangkan pengetahuan pemahaman siswa (Konfirmasi)

6.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pelaksanaan display eksterior untuk event khusus dan pameran dan memberikan penguatan atau penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat laporan pelaksanaan praktek yang telah dilakukan

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi

 

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- Meja kelas..

- Table cloth atau diganti dengan selendang batik.

- Kardus bekas

- Dummy produk masing anak 5 buah yang berbeda jenis maupun ukuran

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul BSE Penjualan 12 karangan Devi Puspitasari

-  Modul Menata Produk karangan Sutrisno dan Kusmawan Ruswandi penerbit Yudhistira

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : Tugas individu terstruktur

2.   Bentuk instrumen: tes perbuatan

3.   Instrumen/soal:

Lakukan pendisplayan  dengan metode display eksterior untuk event khusus dan pameran sesuai dengan POS (prosedur operasi standar) dan materi yang telah disampaikan!!

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

Lembar Penilaian PraktEk KEJURUAN

Satuan Pendidikan         :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Kompetensi Keahlian     :           Penjualan

Sub Kompetensi             :           Display

Kode                              :           6054

Alokasi Waktu               :                jam

Bentuk Soal                   :           Penugasan Kelompok

Nama  : ______________________________

No
Komponen/Subkomponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi

Tidak

Ya

7,0-7,9

8,0-8,9
9,0-10

1

2

3

4

5

6

I

Persiapan Kerja Tugas Display

1.1  Menyiapkan media display yang akan digunakan

 

   1.1.1     Sesuai ketentuan yang disyaratkan    1.1.2     Dekorasi terhadap media display    1.2  Menyiapkan barang yang akan di display 1.2.1     Jumlah barang

 

   1.2.2     Jenis barang

 

   Skor Komponen :

 

II

Proses ( Sistematika & Cara Kerja) Display :

 

   2.1  Ketepatan Pengelompokkan barang

 

   2.2  Ketepatan penataan warna dan cahaya

 

   2.3  Mudah dilihat, terjangkau dan atraktif

 

   2.4  Komunikasi

 

   2.5  Kreatifitas

 

   2.6  Kesesuaian aksesoris display

 

   Skor Komponen :

 

   

III

Hasil Kerja Display

 

   3.1  Kerapihan penataan barang

 

   3.2  Kesesuaian bentuk, warna dan harga

 

   3.3  Kesesuaian dengan dekorasi

 

   Skor Komponen :

 

   

IV

Sikap Kerja Display

 

   4.1  Kerapihan kerja

 

   4.2  Ketelitian kerja

 

   Skor Komponen :

 

   

V

Waktu Display

 

   5.1    Kecepatan

 

   5.2    Ketepatan dengan standar waktu

 

   Skor Komponen :

 

   

 

Keterangan :

Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian

 

Perhitungan nilai praktik (NP) :

 

Prosentase Bobot Komponen Penilaian

 

Nilai Praktik

(NP)

 

Persiapan

Proses

Sikap Kerja

Hasil

Waktu

∑ NK

 

1

2

3

4

5

6

Bobot (%)

Skor Komponen      NK

Keterangan:

  • Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
  • NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
  • NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
  • Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.

Mengetahui                                                                       Blitar,       Januari  2013

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 195701011982031029                                             NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :     SMK N 1 Udanawu                                                   

Mata Pelajaran             :     Produktif Pemasaran (Menata Produk)

Kelas/Semester             :     X / 2

Tahun Ajaran              :     2012 – 2013

Alokasi Waktu              :     30 jam pelajaran ( 5 x kegiatan belajar)

Kegiatan Belajar Ke-   :      2 s.d.6           

Standar Kompetensi    :     Menata Produk (Display)

Kompetensi Dasar        :     Menata display produk

Indikator                       :     – Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

                                             - Menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual penataan produk dan SOP Perusahaan.

                                             - Memonitor display produk secara teratur untuk memastikan sesuai dengan perencanaan penataan produk.

                                             - Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan display produk.

- Melakukan tindakan untuk mengatasi setiap perubahan pada display.

I.       Tujuan Pembelajaran

-     Siswa mampu menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk

         -     Siswa mampu menata produk (Display) sesuai dengan perencanaan visual penataan produk dan SOP Perusahaan.

         -     Siswa mampu memonitor display produk secara teratur untuk memastikan sesuai dengan perencanaan penataan produk.

         -     Siswa mampu mengidentifikasi kerusakan atau perubahan display produk.

-     Siswa mampu melakukan tindakan untuk mengatasi setiap perubahan pada display.

  1. II.          Materi Ajar

      Kegiatan Belajar Ke-2 dan 3

1.  SOP dasar penataan display produk barang supermarket.

  1. 5 standar ruang untuk promosi (Space promo standart) barang supermarket : Gondola End, Wing Stage, Dancing Up, Floor Display dan Clip Strip

Kegiatan Belajar Ke- 4 dan 5

  1. Jenis-jenis display produk menurut : kelompok barang, ukuran, bentuk, desain dasar penampilan produk dari produsen dan harga barang
  2. Penataan produk menggunakan metode Brand Blocking Vertikal dan Horizontal.

Kegiatan Belajar Ke- 6

  1. Peralatan display beserta standar penggunaannya dalam display barang supermarket .
  2. Istilah dan perlengkapan display barang supermarket.

III.    Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok

Tanya jawab

Penugasan

Inkuiri

Proyek

IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

         Kegiatan Belajar Ke-2 dan 3

    Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan kembali mengenai materi pelajaran sebelumnya dan diajak membayangkan beberapa perbedaan display pada berbagai jenis toko / swalayan.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai prosedur operasi standar penataan produk  barang supermarket (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai prosedur operasi standar penataan produk  barang supermarket (Eksplorasi)

3.   Demgan peragaan / demonstrasi siswa memahami cara dan prosedur operasi satandar penataan produk  barang supermarket dan standar ruang untuk promosi (Eksplorasi)

4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami prosedur operasi satandar penataan produk  barang supermarket dan standar ruang untuk promosi (Elaborasi)

5.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pendisplayan standar ruang untuk promosi (Elaborasi)

6.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

7.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Kegiatan Belajar Ke- 5 dan 6

Kegiatan Awal

Apersepsi  :  Siswa diingatkan kembali mengenai materi pelajaran sebelumnya dan diajak membayangkan beberapa perbedaan display pada berbagai jenis toko / swalayan.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai jenis-jenis metode  penataan produk  barang supermarket (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai jenis-jenis metode  penataan produk  barang supermarket (Eksplorasi)

3.   Dengan peragaan / demonstrasi siswa memahami jenis-jenis metode  penataan produk  barang supermarket dan penggunaan brand blocking veryikal maupun horizontal (Eksplorasi)

4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami jenis-jenis metode  penataan produk  barang supermarket dan penggunaan brand blocking vertikal maupun horizontal (Elaborasi)

5.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pendisplayan jenis-jenis metode  penataan produk  barang supermarket dan penggunaan brand blocking vertikal maupun horizontal (Elaborasi)

6.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

7.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

         Kegiatan Belajar Ke-6 dan 7

                       Apersepsi        :  Siswa diingatkan kembali mengenai materi pelajaran sebelumnya dan diajak membayangkan beberapa perbedaan display pada berbagai jenis toko / swalayan.

Motivasi    :  Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan mempraktekkan pelabelan harga

Kegiatan Inti

1.   Guru menjelaskan mengenai jenis-jenis peralatan display barang supermarket beserta cara penggunaannya (Eksplorasi)

2.   Dengan metode inkuiri, melalui contoh berupa gambar dan foto siswa memahami mengenai jenis-jenis peralatan display barang supermarket beserta cara penggunaannya dan istilah-istilah dalam display (Eksplorasi)

3.   Dengan peragaan / demonstrasi siswa memahami jenis-jenis peralatan display barang supermarket beserta cara penggunaannya dan istilah-istilah dalam display (Eksplorasi)

4.   Dengan berdiskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami jenis-jenis peralatan display barang supermarket beserta cara penggunaannya dan istilah-istilah dalam display (Elaborasi)

5.  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri dan berkelompok pendisplayan jenis-jenis peralatan display barang supermarket beserta cara penggunaannya dan istilah-istilah dalam display (Elaborasi)

6.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)

7.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan (Konfirmasi)

Kegiatan Akhir

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi

2.   Siswa dan guru melakukan refleksi dan menarik kesimpulan kegiatan pembelajaran

3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

        

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

1.   Alat/Bahan    :

- CD pembelajaran

- LCD Proyektor

- Laptop

- Peralatan  dan bahan display barang supermarket

2.   Sumber belajar   :

- Buku paket

- Buku lain yang relevan

- Modul Menata Produk, oleh Sutrisno dan Kusmawan Ruswandi terbitan Yudhistira.

- Penjualan Jilid 3, Oleh Devi Puspitasari, BSE.

- Pemasaran Jilid 1 dan 2, Oleh Ngadiran, BSE

VI. Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: tes tertulis dan tes lisan

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan pembagian dan departemenisasi barang supermarket?

2.   Jelaskan manfaat pengelompokan barang pada display barang supermarket!

3.   Sebutkan perbedaan antara price card dan price labbel!

4.   Jelaskan prosedur penggunaan alat price labbeler!

5.   Jelaskan fungsi POP dalam display barang supermarket!

6.   Jelaskan prosedur penataan barang supermarket menggunakan standar Dancing Up!

7.   Sebutkan macam-macam yang dapat didisplay menggunakan standar Clip Strip!

8.   Jelaskan penempatan barang menggunakan metode brand blocking secra vertikal?

9.   Sebutkan bagian-bagian dari double gondola secara lengkap!

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan: tier, one finger, skyline, slow moving dan fifo dalam display barang supermarket!

Ketuntasan belajar ideal untuk setiap indikator adalah 0 – 100% dengan batas kriteria ideal minimum 75%

Mengetahui                                                                       Blitar,       Januari 2013

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 195701011982031029                                             NIP. 197410072009011005

About these ads

Tentang jazinansetiawan

no thing
Tulisan ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s