STANDAR RUANG UNTUK PROMOSI (SPACE PROMO STANDART) BARANG SUPER MARKET

  1. DANCING UP

Dancing Up adalah menata produk  di lorong antar gondola blok dengan cross merchandissing.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menata produk dengan metode ini.

1)      Lebar lorong gondola blok minimal 150 cm.

2)    Banyaknya dancing up tergantung jumlah gondola blok  pada tiap lorong, yaitu 6 s/d 11  jumlah dancing up  1, 12 s/d 17 jumlah dancing up 2 dan 18 s/d 22 jumlah dancing up 3.

3)      Penempatan dancing up  di lakukan dengan cara:

a) Dancing up diletakkan menempel pada gondola blok dengan posisi miring 45 derajat.

b) Dalam satu lorong hanya boleh di display satu sisi saja sesuai letak wing stagenya

c) Dancing up diletakkan di pilar, jika diantara gondola blok terdapat pilar.

d) Penempatannya  di tengah dan seimbang antara sisi-sisi nya.

4) Cara menata produknya sebagai berikut :

a) Satu karton terbawah utuh, merk menghadap ke depan.

b) Kertas karton dipotong bagian atas sehingga produk terlihat oleh konsumen.

c) Ketinggian display kurang lebih 150 cm.

d) Hanya boleh mendisplay  2 nomor PLU saja .

5) POP menggunakan standing POP yang diletakkan di atas produknya menggunakan POP dua sisi.

2. Gondola Ujung (End Gondola)

a. Produk untuk display maksimum empat item (menyesuaikan dengan jumlah shelving), masing-masing produk boleh bervariasi, tetapi tidak diperbolehkan beberapa ukuran dengan ketentuan produk yang di display tersebut sejenis atau saling melengkapi.

a) Tidak disewa
Jenis Item :
– Bukan sisa fraction
– 1 shelving 1 item
– barang fast moving
b) Sewa
Jenis Item :
– Planogram di supplier
– tidak melebihi jumlah shelving

b. Susunan display (planogram) harus  mengikuti standar display gondola ujung, untuk shleving paling bawah bisa menggunakan brand blocking vertikal maupun horizontal. Jika shelving terbawah memungkinkan dapat ditambahkan satu karton display.

c. Pengaturan warna akan berpengaruh terhadap display, warna gelap dan berkesan berat sebaiknya diletakkan pada shelving bagian bawah sedangkan warna terang / muda dan berkesan ringan diletakan di shelving atas.

d. Pemasanagn POP perlu memperhatikan item produk, jika dalam satu shelving hanya satu produk maka POP diletakkan ditengah dan jika ada lebih dari dua produk maka POP diletakkan ditengah-tengah tier produk.POP juga harus disesuaikan dengan program promosi yang sedang berlangsung.

3. WING STAGE.

Hal-hal yang harus dilakukan pada wing stage sebagai berikut :

1. Produk diletakkan di sisi kiri dan kanan gondola ujung, disarankan untuk semua sisi.

2. Satu lorong hanya boleh satu wing stage dan digunakan untuk mendisplay satu PLU saja. Barang yang masih di kardus diletakkan miring atau kardus dapat dipotong secara miring.

3. Cara menata produk:

a). merk menghadap ke depan

b) bagian atas karton dipotong miring sebagian sehingga produk terlihat konsumen.

c) POP diletakkan pada penggantung (hanger) yang menempel disisi atas.

4. Jenis Item :
# high Margin
# Cross merchandise (sejenis, berhubungan, dan saling melengkapi dengan produk yang ada di gondola bloknya)
# produk yang in / ngetrend
# Produk impulse

main4

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

4. FLOOR DISPLAY.

Adalah penataan produk di lantai toko lengkap dengan kardus atau tempat produk tersebut.

Hal-hal yang harus diperhatikan dengan metode ini adalah :

1) Ukuran display 1 x 2 meter persegi, menyesuaikan dengan kondisi tempat dan maksimal 2 dolax 2 meter persegi.

2) Tinggi display kurang lebih 120 cm, dan untuk ukuran toko yang lebih besar boleh sampai 170 cm.

3) Cara penataan produk hampir sama dengan dancing up atau wing stage.

4) POP menggunakan 2 sisi, dipasang di atas floor display menggunakan standing POP atau digantung di plafon.

pet1tondispimage_99_natal

5. CLIP STRIP.

Merupakan jenis pemajangan yang ditempel tiap 3 gondola, produk yang dipajang disesuaikan engan produk yang ada pada gondola blok.

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s