RPP PERENCANAAN PEMASARAN KURIKULUM 2013

 

 

 

PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATA DIKLAT               : DASAR  PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA 2 (PERENCANAAN PEMASARAN)

KELAS                              : X (SATU)

SEMESTER                      :      GANJIL

TAHUN PELAJARAN     :      2013/2014

PROGRAM KEAHLIAN : PEMASARAN

DI SUSUN OLEH             : RUDY SETIAWAN

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR

DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 UDANAWU

Ds. Slemanan Kec. Udanawu Telp.(0342) 552030 Kode Pos 66154 Blitar

E-MAIL : smkn1udanawu@yahoo.com

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                        : Sekolah Menengah Kejuruan

Program Keahlian                         : Tata Niaga (Pemasaran)

Mata Pelajaran                              : Dasar Bidang Keahlian (Pengantar Ekonomi dan Bisnis)

Kelas / Semester                            : X (Satu) / Semester Ganjil

Materi Pokok                                : Mengidentifikasi Segmentasi Pasar

Alokasi Waktu                              : 24 x 40 menit (8 x tatap muka)

 

A. Kompetensi  Inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan ystem dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

B. Kompetensi Dasar.

1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.1 Mengidentifikasi Segmentasi Pasar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Kognitif

      Produk (Konten)

–     Mendefinisikan pengertian pengertian dan ruang lingkup segmentasi pasar

–     Menguraikan tujuan dan manfaat segmentasi pasar

–     Menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar

–     Menyebutkan dasar segmentasi pasar

Proses (Study Skills, Learning Strategies)

–     Melakukan strategi segmentasi pasar

      Psikomotor

      –     Merancang strategi segmentasi pasar

      Afektif

–     Menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskan pengertian  dan menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar

–     Menerapkan sikap jujur, kreatif dan komunikatif dalam menyusun strategi segmentasi pasar

 

D. Tujuan Pembelajaran.

Kognitif

      Produk (Konten)

  1.       1.   Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang segmentasi pasar.
  2.       2.   Siswa mampu menguraikan tujuan dan manfaat segmentasi pasar
  3.       3.   Siswa mampu menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar
  4.       4.   Siswa mampu menyebutkan dasar segmentasi pasar

      Proses (Study skills, Learning strategies)

Siswa mampu menyusun segmentasi pasar

 

      Psikomotor

1.   Siswa mampu merancang strategi segmentasi pasar

Afektif

1.   Karakter

Siswa mampu menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskan pengertian  dan menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar

Siswa mampu menerapkan sikap jujur, kreatif dan komunikatif dalam menyusun strategi segmentasi pasar .

2.   Ketrampilan Proses

Siswa diberikan penugasan yang berorientasi pada soal studi kasus. Kemudian siswa diminta untuk menyusun strategi segmentasi pasar

E. Materi Ajar.

  • Penjualan, pasar dan pemasaran
  • Falsafah mendekati pasar dan tahap-tahap pemasaran terarah
  • Pengertian segmentasi pasar
  • Tujuan dan manfaat segmentasi pasar
  • Jenis-jenis segmentasi pasar
  • Segmentasi berdasarkan geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku
  • Tahap-tahap segmentasi pasara
  • Syarat segmentasi yang efektif

 

D. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan      : Keterampilan Proses

Model              : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode            : discovery dan diskusi 7

 

 

F.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

Penilaian

1

2

3

1

Pendahuluan

a.   Orientasi

  1. 1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.
  2. 2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.  Apersepsi

  1. Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
  2. Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
  3. Motivasi
    1. Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
    2. Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
    3. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.
       

2

Kegiatan Inti

a.         Eksplorasi

Menjelaskan materi tentang segmentasi pasar .

b. Elaborasi

  1. Membagi siswa menurut kelompok berjumlah 4-5 siswa
  2. Memberikan materi diskusi
  3. Membimbing pelaksanaan diskusi
  4. Mengarahkan untuk membuat kesimpulan.
  5. Menunjuk beberapa kelompok untuk presentasi di depan kelas
  6. Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
  7. Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.

c.         Konfirmasi

  1. Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya.Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
  2. Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
       

3

Penutup

  1. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
  2. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
  3. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
  4. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

 

     

 

 

     

 

G. Sumber Belajar.

  • ­Ngadiman, dkk. Marketing untuk SMK. 2008. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
  • Rizal, Samsul dan Widaningsih. Modul Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa. 2011. Bandung. Erlangga
  • Kristanti Puji Winah Jurini. 2003. Menetapkan Segmentasi Pasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan
  • Internet dan CD Pembelajaran

 

H. Media Pembelajaran

1.   Makalah download dari internet.

2.   Materi presentasi dengan power point

 

J.   Penilaian Hasil Belajar.

1.   Tes.

a. Uraian

b. Soal Essay

2.   Non Tes

Lembar pengamatan diskusi dan persentasi.

 

 
Mengetahui                                                                       Blitar,   15  Juli 2013

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Drs. HARTOYO, M.M.                                                   Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 195701011982031029                                             NIP. 197410072009011005

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 1 : MATERI AJAR

MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR

 

A. Pengertian Segmen pasar dan Segmentasi pasar

Segmen pasar adalah:

  • Kelompok konsumen atau pembeli yang memiliki ciri-ciri atau sifat yang sama.

Segmentasi pasar adalah:

  • Suatu proses membagi bagi suatu pasar yang heterogen kedalam kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang memiliki ciri-ciri atau sifat yang homogen dan dapat berarti bagi perusahaan .

B.Tujuan Segmentasi

1.    Untuk melindungi persaingan yang kuat dari terobosan perusahaan lain terutama yang memproduksi barang-barang yang sama.

2.    Perusahaan dapat mengkhususkan diri pada pasar tertentu sehingga dapat melayani konsumen dengan sebaik-baiknya pelayanan untuk memenuhi kepuasan konsumen.

3.    Menetapkan segmen pasar yang subur sebagai daerah penjualan yang paling laris atau merupakan daerah primadona bagi pemasaran untuk mengkompensasi pada daerah yang kurang begitu berhasil pemasarannya, dengan segmentasi wilayah tersebut dan dilindungi, agar pemasaran selalu terkuasai dan terkontrol.

C. Manfaat Segmentasi

1.    Sumber daya yang terbatas dapat digunakan secara optimal untuk menghasilkan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar.

2.    Dapat mengalokasikan produk kepada segmen pasar yang potensial.

3.    Dapat ikut bersaing dalam segmen pasar tertentu serta dapat menentukan cara-cara promosi yang efektif.

D. Kriteria dan Syarat Segmentasi Pasar

1.    Dapat Diukur (measurable), baik besarnya maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tertentu.

2.    Dapat dicapai/ dijamgkau (accessible) sehingga dapat dilayani secara efektif.

3.    Cukup luas (substantial) sehingga dapat menguntungkan jika dilayani.

4.    Dapat dilaksanakan (actionable),sehingga semua progam yang telah disusun untuk menarik dan melayani segmen pasar itu dapat efektif.

E.Dasar Segmentasi Pasar

1.    Segmentasi berdasarkan geografis

a.       Wilayah, dimana dapat diperoleh segmen pasar yang berupa pasar lokal, pasar regional, pasar nasional, pasar luar negri atau ekspor.

b.      Iklim,dengan dasar ini dapat diperoleh segmen pasar yang berupa pasar daerah, pegunungan dan dataran tingg, serta pasar daerah pantai dan dataran rendah, masing-masing pasar berdasarkan iklim ini berbeda-beda kebutuhan, keinginan, selera serta preferensinya.

c.       Kota atau desa, dimana dapat diperoleh segmen pasar yang berupa pasar daerah perkotaan dan pasar daerah desa atau pertanian.Masing-masing segmen pasar ini berbeda potensi, motif, perilaku, kebiasaan pembeliannya, sehingga membutuhkan  cara penanganan pemasaran yang berbeda.

2.    Segmentasai berdasarkan Demografis.

a.       Umur.

b.      Jenis kelamin

c.       Pekerjaan

d.      Pendapatan

e.       Jumlah anggota keluarga.

f.       Pendidikan.

g.      Kelas sosial.

h.      Keturunan atau Suku bangsa.

i.        Agama.

3.    Segmentasi berdasarkan psikografis

Kelompok psikografis ini adalah:

a.       Swingers: adalah mereka yang selalu mencari barang yang mutakhir( up to date) dan gerak dengan cepat, cara hidup mereka adalah mementingkan kesenangan.

b.      Seekers: Kelompok ini adalah kelompok yang selalu membeli barang-barang yang dapat mencerminkan kedudukan mereka yang tinggi di masyarakat.

c.       Plain Jose: adalah kelompok yang selalu mencari barang-barang yang biasa, yang tidak mencolok mata, akan tetapi dapat memenuhi kebutuhan.

 

LAMPIRAN 2 : Evluasi dan Penilaian

 

No.

Indikator

Bentuk Soal

Soal

Penyelesaian

Skor

1.

Menjelaskan pengertian segmentasi pasar Uraian Jelaskan pengertian segmentasi pasar! Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah 10

2

Menjelaskan tujuan segmentasi pasar Uraian Jelaskan tujuan perusahaan melakukan segmentasi pasar ! Tujuan dari segmentasi pasar diantaranya :

§  Pasar lebih mudah dibedakan

§  Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik

§  Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah

§  Peningkatan volume penjualan  pangsa pasar, dan laba penjualan

15

3

Menjelaskan manfaat segmentasi pasar Uraian Jelaskan manfaat dari segmentasi pasar ! Manfaat dari segmentasi pasar adalah perusahaan dapat merancang produk yang benar-benar cocok dengan permintaan pasar. Dalam hal ini, media periklanan dapat didayagunakan secara efektif karena pesan-pesan promosi lebih terarah pada setiap segmen pasar 15

4

Menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar Uraian Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat segmentasi pasar ! Syarat-syarat segmentasi adalah :

1. Dapat Diukur (Measurability), yaitu informasi mengenai sifatsifat pembeli yang mencakup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur.

2. Dapat dijangkau (Accessibility), yaitu segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

3. Besarnya cakupan (Substantiality), yaitu tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan bila dilayani. Suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok yang homogen dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani dengan program pemasaran yang disesuaikan.

4.         Dapat dilaksanakan, yakni program yang efektif dapat dirancanguntuk menarik dan melayani segmen tersebut.

15

5

Menyebutkan dasar segmentasi pasar Uraian Sebutkan dasar segmentasi pasar !

 

Pembagian pasar dapat dilakukan atas dasar :

  • Geografis

Membagi segmen pasar secara geografis artinya pengelompokan konsumennya didasarkan atas tempat, lokasi dan daerahnya

  • Demografi

Segmentasi berdasarkan demografi adalah berkaitan dengan masalah kependudukan

  • Psikografi

Dalam hal ini segmentasi pasar yang digunakan adalah berdasar atas ciri-ciri kepribadiannya

20

6

Melakukan segmentasi pasar Uraian Jelaskan tahapan-tahapan segmentasi pasar ! Terdapat tiga tahapan yang umumnya dilakukan oleh perusahaan dalam melaksanakan segmentasi pasar, yaitu :

1. Tahap survey, yaitu peneliti melakukan wawancara dan pengamatan

2. Tahap analisa, yakni peneliti mengolah data dengan analisa factor untuk membuang variabel yang berkorelasi tinggi. Kemudian peneliti menerapkan analisa kelompok untuk menghasilkan segmen yang berbeda secara maksimum.

3. Tahap pembentukan, yakni tiap kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikografis. Tiap segmen diberi nama sesuai dengan sifat–sifat dominan yang membedakannya

25

Total skor maksimal

100

 

PedomanPenskoran   :

 

 

 

Contoh test perbuatan (proses)

Buatlah segmentasi sederhana pada pemasaran produk makanan, pakaian dan perumahan

Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat segmentasi sederhana.

Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Kompeten

Belum Kompeten

Keseuaian Materi

Pengeta huan

Ketram pilan

Sikap

Jumlah

1

AAAA

3

2

2

2

9

V

2

BBBB

2

1

1

1

5

V

3

 

4

Dst……..

Nilai Maksimal

4

2

2

2

 

Rubrik Penilaian :

a.   Kesesuaian materi:

4 = Sangat sesuai

3 = Sesuai

2 = cukup sesuai

 

LAMPIRAN 3 : PENUGASAN DISKUSI KELOMPOK

 

TUGAS DISKUSI KELOMPOK

 

Standar Kompetensi  :  Perencanaan Pemasaran                          Kelas            :  X / Pemasaran

Kompetensi Dasar    :  Mengidentifikasi Segmentasi Pasar         Semester       :  Ganjil

Materi                       :  Segmentasi Pasar Konsumen                  Tahun Diklat :  2012/2013

 

Diskusikan dengan kelompok kalian, beberapa pertanyaan di bawah ini!

1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?

2.   Faktor-faktor atau variabel-variabel apa saja yang menjadi dasar segmentasi pasar?

3.   Uraikan variabel-variabel apa yang termasuk kategori demografi?

4.   Uraikan singkat sikap dan pola hidup seseorang termasuk ke dalam faktor apa?

5.   Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam segmentasi pasar untuk alat komputer?

6.   Uraikan singkat, apa alasan yang mendorong dilaksanakannya segmentasi pasar?

7.   Uraikan syarat-syarat mengadakan segmentasi pasar yang efektif!

8.   Uraikan singkat apa manfaat segmentasi pasar!

9.   Tuliskan tahapan–tahapan dalam melakukan segmentasi pasar!

 

FORMAT OBSERVASI PENUGASAN DISKUSI KELOMPOK

 

No

Nama Siswa

 

Aspek yang Dinilai

Skor/ Jumlah

1

2

3

4

5

6

                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

Aspek yang dinilai:

1. Kemampuan menyampaikan pendapat.

2. Kemampuan memberikan argumentasi.

3. Kemampuan memberikan kritik.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.

6. Kelancaran berbicara.

 

Penskoran:                                          Jumlah skor:

A. Tidak Baik              Skor 1             24—30 = Sangat Baik = A

B. Kurang Baik            Skor 2              18—23 = Baik = B

C. Cukup Baik                         Skor 3              12—17 = Cukup = C

D. Baik                        Skor 4              6—11 = Kurang = D

E. Sangat Baik                         Skor 5

 

 

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian

Jumlah

Skor

1

2

3

4

5

6

                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

Keterangan:

1. Aktivitas dalam kelompok

2. Tanggung jawab individu

3. Pemikiran

4. Keberanian berpendapat

5. Keberanian tampil

Penskoran:                                          Jumlah skor:

A. Tidak Baik              Skor 1              24—30 = Sangat Baik = A

B. Kurang Baik            Skor 2              18—23 = Baik = B

C. Cukup Baik                         Skor 3              12—17 = Cukup = C

D. Baik                        Skor 4              6—11 = Kurang = D

E. Sangat Baik                         Skor 5


LAMPIRAN  4:

KEGIATAN MANDIRI TERSTRUKTUR

 

Standar Kompetensi  :  Perencanaan Pemasaran                          Kelas            :  X / Pemasaran

Kompetensi Dasar    :  Mengidentifikasi Segmentasi Pasar         Semester       :  Ganjil

Materi                       :  Segmentasi Pasar Konsumen                  Tahun Diklat :  2013/2014

 

a.   Alat

Untuk melakukan pekerjaan ini anda hanya perlu alat-alat untuk menulis, yakni :

1. Perangkat computer untuk Program MSWord & Exel

2. Ballpoint

3. Penggaris

4. Tip-Ex

b.   Bahan

Bahan yang diperlukan adalah kertas A4, tinta printer, dan kertas folio.

c.   Langkah Kerja:

I.    Membuat Kuisioner.

– Siswa diminta membuat kelonpok.

– Anggota kelompok antar 4 sd 5 orang siswa

– Tugas :

“ Siswa diminta mempelajari variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar konsumen. Kemudian membuat pertanyaan berupa kuisioner untuk kegiatan segmentasi pasar masing-masing variabel minimal 2 pertanyaan. Hasil tugas dikumpulkan “

II. Melakukan Survey.

            – Hasil pembuatan kuisioner yang terbaik dipilih.

– Meminta satu kelompok untuk membagikan kuisioner kepada seluruh siswa.

– Semua siswa mengisi kuisioner tersebut dengan benar dan kemudian dikumpulkan!

III. Melakukan Analisa.

– Menunjuk perwakilan kelompok untuk maju kedepan.

– Perwakilan yang ditunjuk melakukan tabulasi data di depan kelas dengan memperhatikan variabel segmentasi yang direncanakan.

IV. Melakukan Pembentukan Segmentasi.

– Menunjuk satu kelompok untuk melakukan persentasi terhadap hasil tabulasi data.

– Diskusi kelas untuk menentukan kelompok-kelompok segmentasi pasar konsumen dengan sampel seluruh siswa dalam satu kelas

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

6 Balasan ke RPP PERENCANAAN PEMASARAN KURIKULUM 2013

  1. renita indriya puspa berkata:

    aslm, pa maaf punya silabus PM, perencanaan, analisis, pemasaran onlline, pengelollaan usaha, kl punya.. mksh byk

  2. ainun dwi berkata:

    maksih pak, bisa buat gambaran dan tambahan saya dalam
    mengajar……

  3. mulyaningsih berkata:

    Assalamu’alaikum, apakah bapak punya rpp untuk semester 2 untuk mapel ini ? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s