SOAL PILIHAN GANDA KD 1 SEGMENTASI PASAR

UJI KOMPETENSI KD 1 (MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR)

 PEMASARAN BARANG DAN JASA

 A. Pilihlah jawaban berikut yang paling benar dan tepat !

!. Pengertian pasar yang paling tepat adalah…

a. tempat berdagang

b. proses interaksi

c. konsumen dan calon konsumen

d. produsen dan pedagang

e. tempat interaksi pembeli dan pedagang

2.   Dalam perbedaan antara pemasaran dan penjualan, pemasaran mempunyai tujuan yaitu …

a. mencari modal

b. mencari keuntungan

c. menjual barang sebanyak-banyaknya

d. menambah jumlah pembeli

e. kepuasan konsumen

3.   Falsafah dasar sebagai pedoman untuk mendekati pasar terdiri dari …

a.   pemasaran masal

b.   pemasaran masal dan berbagai produk

c. pemasaran masal, berbagai produk dan terarah

d. pemasaran masal dan terkonsentrasi

e.   pemasaran masal, terkonsentrasi dan terarah

4.   Pada pemasaran massal, pasar potensial yang paling besar terjadi karena …

a. biaya produksi murah sehingga harga murah

b. jumlah produksi besar sehingga harga murah

c. biaya produksi mahal sehingga harga mahal

d. jumlah produksi sedikit sehingga harga mahal

e. biaya produksi murah sehingga harga mahal

5.   Konsumen memiliki selera berbeda yang berubah setiap waktu dan selalu mencari variasi serta perubahan, merupakan dasar pemikiran pemasaran …

a. massal

b. berbagai produk

c. terarah

d. mikro

e. global

6.   Pemasaran terarah  merupakan pemasaran yang mendekati pemasaran …

a.   mikro

b.   makro

c. makro dan mikro

d.   psiko

e. terapan

7.   STP merupakan tahap-tahap dalam pemasaran terarah yang merupakan singkatan dari …

a. segmenting, targeting, promotion

b. selling, targeting promotion

c. segmenting, trading, positioning

d. segmenting, targeting, positioning

e. selling, trading, promotion

8.   Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembang kan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.

a.   pemosisian

b.   reposisi

c. pentargetan

d. marketing mix

e.   segmentasi

9.   Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan pasar yang berifat homogen disebut:

a.   segmentasi pasar

b. repositioning

c. differentiated marketing

d.   positioning

e.   market share

10.  Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….

a. gambaran penduduknya

b.   gambaran wilayah / tempatnya

c. gambaran sifat konsumen

d.   gambaran psikologis

e.   gambaran kebiasaan konsumen

11.  Jika seorang pemasar membagi daerah pemasarannya menurut daerah kabupaten/kota maka  segementasi yang digunakan adalah …

a. geografik

b. demografik

c. psikografik

d. tingkah laku

e. multi variasi

12.  Yang termasuk faktor demografi adalah:

a. kepribadian

b. wilayah

c. sikap

d. daerah pedesaan

e. penghasilan

13. Perusahaan produk fashion menggunakan tingkatan umur dan perbedaan jenis kelamin untuk memasarkan produknya berarti perusahaan melakukan segmentasi …

a. geografik

b. demografik

c. psikografik

d. tingkah laku

e. morfografik

14.  Pemasar produk di pulau Bali menggunakan kasta sebagai variabel dalam mengelompokan pembelinya berarti pemasar tersebut melakukan segmentasi …

a. geografik

b. demografik

c. psikografik

d. tingkah laku

e. morfografik

15.  Yang termasuk faktor psikografik adalah:

a.   kepribadian

b.   agama

c. lokasi daerah

d.   jenis kelamin

e.   kesempatan

16. Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:

a. bukan pengguna

b. pengguna reguler

c. pengguna potensial

d. mantan pengguna

e. pengguna fanatik

17. Pasar dibagi menjadi pengguna ringan, menengah dan berat, berart pemasar melakukan segmentasi tingkah laku dengan variable …

a. kesempatan

b. manfaat yang dicari

c. tingkat pemakaian

d. status pengguna

e. status loyalitas

18.  Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….

a.   primer

b.   skunder

c. internsional

d.   konsumen

e.   industri

19.  Pada tahapan segmentasi pasar industri, kegiatan segmentasi terakhir / ketiga difokuskan berdasarkan pendekatan / kriteria …

a. jenis produksi

b. pembelian

c. penjualan

d. jumlah produksi

e. tekhnologi

20.  Segmentasi pasar yang melewati batas-batas wilayah hukum suatu negara disebut segmentasi…

a.   primer

b.   skunder

c. industri

d.   konsumen

e.   interrnasional

21.  Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…

a. komplek

b. homogen

c. membingungkan

d. dinamis

c. statis

22.  Alasan dilakukannya segmentasi pasar karena produk akan selalu berubah, Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan …

a. PVC

b. LPC

c. PLC

d. LC

e. MCK

23.  Tingkat informasi tentang sifat pembeli harus measurability, arti measurability adalah:

a.   dapat diperkirakan

b.   dapat diduga

c. dapat dilihat.

d.   dapat diukur

e.   dapat dipilih

24.  Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …

a.   measurebility

b.   accessibility

c. substantiality

d.   faesibility

e.   capability

25. Dalam tahap survey segmentasi pasar untuk memperoleh data peneliti dapat melakukan kegiatan …

a.   wawancara

b.   pengamatan

c. studi pustaka

d. wawancara dan pengamatan

e.   wawancara, studi pustaka dan pengamatan

26. Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analiisis ….

a. faktor

b.   korelasi

c. regresi

d.   korelasi dan regresi

e.   chi square

27. Pada tahap pembentukan kelompok segmentasi pasar, sebaiknya nama kelompok disesuaikan dengan ….

a. peneliti

b. tujuan

c. sifat-sifat dominan

d. jumlah pembelian

e. jumlah sampel

28.  Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …

a.   produk space

b.   produk preferensi

c.preferensi

d.   atribut produk

e.   targeting

29.  Pola yang menunjukkan suatu pasar di mana semua konsumen dapat dikatakan mempunyai preferensi yang sama terhadap suatu produk disebut:

a. mengelompok

b. induksi

c. deduksi

d. menyebar

e. homogen

30. Pola preferensi yang mengelompok biasa disebut dengan segmen pasar:

a. homogen

b. heterogen

c. komplek

d. natural

e. terarah

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di EVALUASI DAN PENILAIAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s