SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL PEMASARAN BARANG DAN JASA

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR

DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 UDANAWU

Ds. Slemanan Kec. Udanawu Telp.(0342) 552030 Kode Pos 66154 Blitar

E-MAIL : smkn1udanawu@yahoo.com

SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

Hari, tanggal                :                                               Mata Diklat      : Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa (KK.12)

Kelas/ Program            : XII (Dua belas) / Pemasaran  Waktu              : 90 ‘

 

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat !

 

1.   Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.

a.   pemosisian

b.   reposisi

c.   pentargetan

d.   segmentas

e.   marketing mix

2    Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….

a.   gambaran penduduknya

b.              gambaran wilayah / tempatnya

c.   gambaran sifat konsumen

d.              gambaran psikologis

e.              gambaran kebiasaan konsumen

3.   Yang termasuk faktor demografi adalah:

a.   kepribadian

b.   wilayah

c.   sikap

d.   daerah pedesaan

e.   penghasilan

4.   Yang termasuk faktor psikografik adalah:

a.   kepribadian

b.   agama

c.   lokasi daerah

d.   jenis kelamin

e.   kesempatan

5.   Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:

a.   bukan pengguna

b.   pengguna reguler

c.   pengguna potensial

d.   mantan pengguna

e.   pengguna fanatik

6.   Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….

a.   primer

b.   skunder

c.   industri

d.   konsumen

e.   internasional

7.   Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…

a.   komplek

b.   homogen

c.   membingungkan

d.   dinamis

c.   statis

8.   Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …

a.   measurebility

b.   accessibility

c.   substantiality

d.   faesibility

e.   capability

9.   Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….

a.   faktor

b.   korelasi

c.   regresi

d.   korelasi dan regresi

e.   chi square

10. Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …

a.   produk space

b.   produk preferensi

c.   preferensi

d.   atribut produk

e.   targeting

11.       Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan  What is value to the customer?  Maka hal ini berhubungan dengan …

a.   jenis usaha

b.   konsumen

c.   pendapatn konsumen

d.   nilai yang dipakai konsumen

e.   konsumen dimasa mendatang

12.       Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui :   Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …

a.   business domain

b.   business oriented

c.   market oriented

d.   market domain

e.   vision oriented

13.       Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …

a.   survey pasar

b.   segmentasi pasar

c.   pemosisian pasar

d.   menetapkan business domain

e.   melakukan market oriented

14.       Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …

a.   market oriented

b.   segemnatasi pasar

c.   target pasar

d.   positioning pasar

e.   strategi pasar

15.       Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali

a.   produk yang dipasarkan

b.   strategi marketing mix

c.   kepuasan konsumen

d.   laba perusahaan

e.   kepribadian pemilik perusahaan

16. Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …

a.   market oriented

b.   undifferentiated marketing

c.   concentrated marketing

d.   differentiated marketing

e.   market tergetting

17.       Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …

a.   market oriented

b.   undifferentiated marketing

c.   concentrated marketing

d.   differentiated marketing

e.   market tergetting

18.       Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …

a.   market oriented

b.   undifferentiated marketing

c.   concentrated marketing

d.   differentiated marketing

e.   market tergetting

19.       Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …

a.   siklus produk

b.   lini produk

c.   item produk

d.   jenis produk

e.  industri produk

20.       Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …

a.   memutuskan membeli

b.   menetapkan tujuan

c.   menilai sumber

d.   analisis kebutuhan dan keinginan

e.   identifikasi alternatif pembelian

21. Ihktsar  dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isis rencana pemasaran disebut …

a.   action program

b.   gambaran situai saat ini

c.   tujuan pemasaran

d.   ringkasan eksekutif

e.   anggaran

22. Inti dari rencana pemasaran adalah …

a.   tujuan pemasaran

b.   manfaat pemasaran

c.   program kegiatan

d.   anggaran

e.   strategi pemasaran

23. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam

a.   action program

b.   gambaran situai saat ini

c.   tujuan pemasaran

d.   anggaran

e.   ringkasan eksekutif

24. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …

a.   waktu tak tentu dan objektif

b.   waktu tertentu dan objektif

c.   waktu tak tentu dan subyektif

d.   waktu tertentu dan subyektif

e.   waktu tertentu dan tentatif

25. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….

a.   evaluation

b.   suportting dokumen

c.   forecasting

d.   planning

e.   actuating

26. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik  waktu periode tertentu adalah perencanaan ….

a.   jangka pendek

b.   jangka menengah

c.   tahunan

d.   operasional

e.   strategis

27. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …

a.   operasional

b.   reaksi

c.   tahunan

d.   dekade

e.   forecasting

28. Pada perusahan consumers good strategi produk dibuat untuk …

a.   memenuhi forecasting

b.   pesanan

c.   disalurkan langsung kepada pembeli

d.   disimpan

e.   diekspor

29. Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …

a.   persiapan

b.   penyaringan gagasan

c.   uji coba

d.   komesialisasi

e.   evaluasi

30. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …

a.   perencanaan

b.   pengorganisasian

c.   pelaksanaan

d.   action

e.   pengendalian

31. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah …

a.   bauran produksi

b.   marketing mix

c.   segmentting

d.   targetting

e.   positionning

32. Menurut falsafah market oriented kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan  kebutuhan …

a.   pemasaran

b.   manajer

c.   konsumen

d.   pemilik saham

e.   pemerintah dan perundang-undangan

33. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:

a.   PVC

b.   LPC

c.   PLC

d.   LC

e.   MCK

34. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …

a.   dibuat seacara sederhana

b.   dibuat dengan kalimat padat

c.   harus berwarna

d.   harus mudah diingat

e.   bersifat kompleks

35. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …

a.   pelanggan

b.   bentuk

c.   tempat

d.   fungsi

e.   waktu

36. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian menaikkan harga jual, merupakan strategi dari …

a.   pricing

b.   skimming price policy

c.   penetration pricing policy

d.   introductory price dealing

e.   dumping

37. Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi …

a.   menghubungi & berkomunikasi dengan pelanggan

b.   pengangkutan dan penyortiran

c.   penelitian dan pembiayaan

d.   penentuan lay out gedung

e.   pelayanan dan garansi

38. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …

a.   produsen distributor bisnis konsumen industri

b.   produsen pengecer konsumen

c.   produsen konsumen

d.   produsen konsumen industri

e.   produsen grosir pengecer konsumen

39. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat,  kegiatan strategi promosi yang dapat  dilakukan adalah ….

a.   iklan

b.   promosi penjualan

c.   publisitas

d.   penjualan pribadi

e.   pemasaran langsung

40. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …

a.   langsung

b.   tidak langsung

c.   face to face

d.   off line

e.   on line

 

 

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan singkat !

1.   Sebutkan 4 variabel-variabel yang termasuk kategori demografi?

2.   Sebutkan syarat-syarat mengadakan segmentasi pasar yang efektif!

3.   Gambarlah grafik siklus kehidupan produk (PLC)!

4.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rencana operasional dan Rencana Reaksi!

5.   Sebutkan 5 sarana yang dapat digunakan dalam strategi bauran pemasaran promosi!

Selamat mengerjakan

 

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER  GANJIL

SMKN 1 UDANAWU

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

 

SEKOLAH                         : SMK NEGERI 1 UDANAWU                                                                 ALOKASI WAKTU                             : 90

MATA PELAJARAN       :  PRODUKTIF                                                                                             JUMLAH                                              : A. Pilihan Ganda                                                                                       : 40

KELAS / SEMESTER      : XII /  GANJIL                                                                                                                                                              B. Essey                                                                                                          : 5

TAHUN PELAJARAN    : 2013/2014

 

NO

STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR

JML SOAL

INDIKATOR

URAIAN MATERI

BOBOT

SKOR

BENTUK SOAL

NO SOAL

1.

Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa

   

12.1   Mengidentifikasi segmentasi pasar

 

 

 

 

 

 

 

12

  • Mendefinisikan pengertian pengertian dan ruang lingkup segmentasi pasar.
  • Menguraikan tujuan dan manfaat segmentasi pasar.
  • Menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar.
  • Menyebutkan dasar segmentasi pasar.
  • Melakukan strategi segmentasi pasar.
  • Merancang strategi segmentasi pasar
o    Pengertian segmentasi pasar

o    Tujuan dan manfaat segmentasi pasar

o    Strategi segmentasi pasar dan falsafah mendekati pasar

o    Segmentasi berdasarkan geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku

o     Syarat segmentasi yang efektif

4

2

Essay

Multiple Choice

B.        1 s/d 2

A.        1 s/d 10

12.2Menyusun rencana pencapaian target pasar

 

 

11

  • Mendefinisikan pengertian dan ruang lingkup target pasar.
  • Menyusun rencana pencapaian target pasar.
  • Menjelaskan ruang lingkup produk.
  • Melakukan strategi target pasar.
  • Merancang strategi targeti pasar
o    Pengertian target pasar

o    Business domain, tujuan dan misi perusahaan

o    Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan target pasar

o    Tujuan dan manfaat penyusunan rencana pencapaian target pasar

o    Strategi pencapaian target pasar

o    Proses pengambilan keputusan pembelia

o    Tingkat konsumsi dan sifat produk

o    Tujuan pemakaian produk

o    Lini dan siklus kehidupan produk

4

2

Essay

Multiple Choice

B. 3

A.        11 s/d 20

12.3 Menyusun rencana pemasaran

11

  • Rencana  pemasaran  dapat  disusun  sesuai SOP.
  • Menjelaskan pengertian dan tujuan rencana pemasaran.
  • Mendeskripsikan 9 komponen rencana pemasaran.
  • Mengerjakan perencanaan jangka pendek, menengah, sedang dan panjang.
  • Mengerjakan perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pasar.
  • Mengerjakan perencanaan produk baru.
  • Menyusun perencanaan kegiatan pemasaran
o    Pengertian dan tujuan rencana pemasaran.

o    Perencanaan jangka pendek sedang dan panjang

o    Perencanaan tahunan dan perencanaan dekade

o    Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaraan

o    Perencanaan produk baru.

o    Perencanaan kegiatan pemasaran

 

4

2

Essay

Multiple Choice

B.  4

A.        21 s/d 30

12.4 Menerapkan prinsip prinsip marketing mix

 

11

  • Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup strategi pemasaran dan strategi bauran pemasaran.
  • Menyusun strategi bauran produk.
  • Menyusun strategi bauran harga.
  • Menyusun strategi bauran distribusi.
  • Menyusun strategi bauran promosi.
  • Pengertian dan ruang lingkup strategi pemasaran dan strategi bauran pemasaran.
  • Strategi bauran produk.
  • Strategi bauran harga.
  • Strategi bauran distribusi.
  • Strategi bauran promosi.

4

2

Essay

Multiple Choice

B. 5

A.        31 s/d 40

 

 

 

KUNCI JAWABAN  SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER  GANJIL

SMKN 1 UDANAWU

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

 

SEKOLAH                                  : SMK NEGERI 1 UDANAWU

PROGRAM KEAHLIAN         :  PEMASARAN

MATA PELAJARAN                :  PRODUKTIF  (MELAKUKAN PEMASARAN BARANG DAN JASA)

KELAS / SEMESTER /             : XII /  GANJIL

TAHUN PELAJARAN             : 2013/2014

ALOKASI WAKTU                  : 90

JUMLAH                                     : A. Pilihan Ganda  : 40

                                                         B. Essei : 5

A. Jawaban pilihan ganda

 

1.      D

2.      B

3.      E

4.      A

5.      C

6.      C

7.      D

8.      B

9.      A

10.    A

11.    D

12.    A

13.    B

14.    C

15.    E

16.    B

17.    B

18.    C

19.    B

20.    D

21.    D

22.    E

23.    D

24.    C

25.    B

26.    A

27.    A

28.    D

29.    D

30.    E

31.    B

32.    C

33.    C

34.    D

35.    E

36.    D

37.    B

38.    C

39.    B

40.    D

 

 

1.   Sebutkan 4 variabel-variabel yang termasuk kategori demografi?

2.   Sebutkan syarat-syarat mengadakan segmentasi pasar yang efektif!

3.   Gambarlah grafik siklus kehidupan produk (PLC)!

4.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rencana operasional dan Rencana Reaksi!

5.   Sebutkan 5 sarana yang dapat digunakan dalam strategi bauran pemasaran promosi!

 

B. Jawaban essey

1.   a. Umur dan tahap daur hidup

b. Jenis kelamin

c. Pendapatan

d. Segmentasi demografik multi variasi

 

2.   ?    Dapat Diukur (Measurability), yaitu informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencakup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur.

?    Dapat dijangkau (Accessibility), yaitu segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

?    Besarnya cakupan (Substantiality), yaitu tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan bila dilayani.

?    Dapat dilaksanakan, yakni program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen tersebut.

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.   Rencana Operasional : rencana yang sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas.

Rencana Reaksi ; rencana yang didisain untuk memberikan reaksi atas situasi / keadaan yang tidak terduga.

 

5.   Saluran yang digunakan untuk strategi promosi :

a. Iklan (advertising)

b. Promosi penjualan (sles promotion)

c. Publistas (publicity)

d. Penjualan Personal / pribadi (personal selling)

e. Pemasaran langsung (direct marketing)

f. Media interaktif (interactive media)

Tentang jazinansetiawan

no thing
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di EVALUASI DAN PENILAIAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s