SOAL UAS GENAP PERENCANAAN PEMASARAN (DPK 2) KOMPLI PEMASARAN

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR

DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 UDANAWU

Ds. Slemanan Kec. Udanawu Telp.(0342) 552030 Kode Pos 66154 Blitar

E-MAIL : smkn1udanawu@yahoo.com

 

 

SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

Hari / Tanggal                :

Mata Diklat                    : Perencanaan Pemasaran (DPK.02)

Kelas/ Program             : X (Satu) / Pemasaran

Waktu                             : 90 ‘

 

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat !

 

  1. Pusat dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan proses perencanaan yang berpusat pada keberhasilan usaha organisasi disebut dengan

A. rencana pemasaran

B.   kegunaan pemasaran

C.   penyusunan pemasaran

D. tujuan pemasaran

E.   elemen pemasaran

  1. Ihktisar  dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isi rencana pemasaran disebut …

A. action program

B.   gambaran situai saat ini

C.   tujuan pemasaran

D. ringkasan eksekutif

E.   anggaran

  1. Gambaran mengenai kondisi yang terjadi saat ini di dalamnya termasuk kondisi pasar, produk, distribusi dan lingkungan  termasuk dalam komponen …

A. executive summary

B.   current situation

C.   marketing objectives

D. marketing strategy

E.   action program

4.   Hasil penelitian / riset pasar evaluasi kegiatan dimasa lalu merupakan contoh komponen …

A. executive summary

B.   current situation

C.   marketing objectives

D.  supporting documents

E.   action progrm

  1. Inti dari rencana pemasaran adalah …

A. tujuan pemasaran

B.   manfaat pemasaran

C.   program kegiatan

D. anggaran

E.   strategi pemasaran

  1. Sebuah daftar yang berisi paparan kegiatan pemasaran yang terperinci diantaranya berisi jenis kegiatan, waktu, penangggung jawab dan pelaksana disebut …

A. action program

B.   gambaran situai saat ini

C.   tujuan pemasaran

D. anggaran

E.   ringkasan eksekutif

  1. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam

A. action program

B.   gambaran situai saat ini

C.   tujuan pemasaran

D. anggaran

E.   ringkasan eksekutif

  1. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …

A. waktu tak tentu dan objektif

B.   waktu tertentu dan objektif

C.   waktu tak tentu dan subyektif

D. waktu tertentu dan subyektif

E.   waktu tertentu dan tentatif

  1. Perencanaan dekade dan perencanaan tahunan memiliki karakteristik …

A. waktu tak tentu dan objektif

B.   waktu tertentu dan objektif

C.   waktu tak tentu dan subyektif

D. waktu tertentu dan subyektif

E.   waktu tertentu dan tentatif

10.       Kegiatan forecasting untuk perencanaan jangka menengah biasanya periode waktunya berkisar …

A.  1-3 bulan

B.   3-12 bulan

C.   1-2 tahun

D. 1-3 tahun

E.   3 tahun keatas

  1. Perencanaan dengan karakteristik interval periode waktu tertentu dan bersifat obyektif contohnya adalah perencanaan ….

A. jangka panjang

B.   jangka panjang dan jangka menengah

C.   jangka panjang, menengah dan pendek

D. operasional dan reaksi

E.   dakade dan tahunan

  1. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….

A. evaluation

B.   suportting dokumen

C.   forecasting

D.  planning

E.   actuating

  1. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …

A. operasional

B.   reaksi

C.   tahunan

D. dekade

E.   forecasting

  1. Perencanaan dekade merupakan bagian dari perencanaan jangka panjang dengan interval waktu ….. tahun

A. 10 bulan

B.   3 bulan

C.   5 tahun

D. 10 tahun

E.   15 tahun

  1. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik  waktu periode tertentu adalah perencanaan ….

A. jangka pendek

B.   jangka menengah

C.   tahunan

D. operasional

E.   strategis

  1. Rencana jangka pendek yang didesain untuk memberikan tanggapan atas situasi / keadaaan yang tidak terduga disebut perencanaan …

A. operasional

B.   reaksi

C.  tahunan

D.  dekade

E.   forecasting

17.    Pada perusahaan consumers good strategi produk dibuat untuk …

A. memenuhi forecasting

B.   pesanan

C.   disalurkan langsung kepada pembeli

D. disimpan

E.   diekspor

  1. Hubungan penawaran dan dan permintaan pada perencanaan produksi perusahaan consumers goods memiliki tipe ….

A. langsung

B.   tidak langsung

C.   terbatas

D. tidak terbatas

E.   langsung dan terbatas

  1. Dalam perencanaan produk baru, produk dapat berupa …

A. produk benar-benar baru dan hasil meniru.

B.   produk hasil meniru dan hasil modifikasi

C.   produk benar-benar baru dan hasil modifikasi

D. produk daur ulang, produk benar-benar baru dan modifikasi.

E. produk benar-benar baru, hasil meniru dan hasil modifikasi

20  Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …

A. persiapan

B.   penyaringan gagasan

C.   uji coba

D.  komersialisasi

E.   evaluasi

  1. Penentuan produk apa yang akan dibuat dengan mempertimbangkan masukan berbagai pihak diantaranya konsumen dan karyawan adalah tahap …

A. persiapan

B.   penyaringan gagasan

C.   uji coba

D. komersialisasi

E.   evaluasi

  1. Kegiatan yang merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran pada masa akan datang untuk mencapai suatu tujuan merupakan pengertian dari …

A. tujuan rencana pembayaran

B.   keguanaan pemasaran

C.   penyusunan pemasaran

D.  rencana perusahaan

E.   rencana kegiatan

  1. Dalam perencanaan pemasaran juga mengikuti fungsi manajemen secara umum kecuali …

A. programming

B.   planning

C.   organizing

D. actuating

E.   controlling.

  1. Pada langkah-langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …

A. perencanaan

B.   pengorganisasian

C.   pelaksanaan

D. action

E. pengendalian

  1. Pada langkah-langkah perencanaan pemasaran kegiatan : analisis segmen pasar dan pesaing serta pembuatan rencana aktivitas termasuk dalam tahap …

A. perencanaan

B.   pengorganisasian

C.   pelaksanaan

D. action

E.   pengendalian

  1. Tingkat kemampuan dari suatu produk dalam melaksanakan fungsinya yang diharapkan disebut dengan:

A. kemasan

B.   kualitas

C.   kekuatan

D. pelayanan

E.   moto

27. Memproduksi dan memasarkan produk yang dibutuhkan segmen pasar tertentu adalah strategi bauran produk …

A. seluruh pasar

B.   pasar khusus

C.   produk khusus

D. produk tertentuyang khusus

E.   produk khusus yang terbatas

  1. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:

A. PVC

B.   LPC

C.   PLC

D. LC

E.   MCK

29. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …

A. dibuat seacara sederhana

B.   dibuat dengan kalimat padat

C.   harus berwarna

D. harus mudah diingat

E.   bersifat kompleks

30. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …

A. pelanggan

B.   bentuk

C.   tempat

D. fungsi

E.   waktu

31. Harga ditentukan berdasarkan lokasi / wilayah dimana produk ditawarkan, merupakan metode penentuan harga menurut …

A. pelanggan

B.   bentuk

C.   tempat

D. fungsi

E.   waktu

32. Pada produk baru, menetapkan harga serendah mungkin dengan tujuan untuk menguasai pasar dan memperoleh banyak konsumen, merupakan strategi dari …

A. pricing

B.   skimming price policy

C.   penetration pricing policy

D. introductory price dealing

E.   dumping

  1. Penetapan harga di retailer (pengecer) yang biasa dipakai di super market yaitu berupa harga ganjil. Misalnya harga Rp. 9.950,- atau harga Rp 2.975,-. disebut ….

A. price lining

B.   competitors price

C.   judgment price

D. odd price

E.   combination offers

34.    Dalam fungsi distribusi, distribusi fisik meliputi kegiatan ….

A. promosi dan negosiasi

B.   penelitian dan penyelarasan

C.   pengambilan resiko dan pembiayaan

D.  pengiriman dan penyimpanan

E.   kontal dan negosiasi

35. Untuk barang-barang pokok yang mempunyai intensitas permintaan yang tinggi dan memerlukan banyak sekali perantara maka strategi saluran distribusi yang cocok adalah …

A. selektif

B.   eksklusif

C.   intensif

D. pro aktif

E.   ekstraktif

36. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …

A. produsen → distributor bisnis → konsumen industri

B.   produsen → pengecer → konsumen

C.   produsen → konsumen

D. produsen → konsumen industri

E.   produsen → grosir → pengecer → konsumen

37. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat,  kegiatan strategi promosi yang dapat  dilakukan adalah ….

A. iklan

B.   promosi penjualan

C.   publisitas

D. penjualan pribadi

E.   pemasaran langsung

38. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …

A. langsung

B.   tidak langsung

C.   face to face

D. off line

E.   on line

  1. Keuntungan strategi promosi dengan menggunakan iklan  adalah ….

A. murah

B.   mudah dibuat

C.   jangkauan yang luas

D. waktu yang singkat

E.   media sederhana

40. Segala bentuk komunikasi nonpersonal yang tidak berbayar mengenai suatu gagasan, barang atau jasa untuk menarik perhatian konsumen melalui berbagai kegiatan disebut …

A. iklan

B.   promosi penjualan

C.   publisitas

D. penjualan pribadi

E.   pemasaran langsung

 

 

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan singkat !

1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan rencana pemasaran?

2.   Gambarkan dengan tabel contoh sebuah program kegiatan (action program) dalam perencanaan pemasaran!

3.   Jelaskan pengertian produk menurut Philip Kotler !

4.   Gambarkan saluran distribusi langsung dan tidak langsung untuk produk konsumen (consumers goods)!

5.   Jelaskan tiga tugas personal selling!

Selamat mengerjakan

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER  GENAP

SMKN 1 UDANAWU

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

 

SEKOLAH                         : SMK NEGERI 1 UDANAWU                                                                 ALOKASI WAKTU                             : 90

MATA PELAJARAN       :  PRODUKTIF                                                                                             JUMLAH                                              : A. Pilihan Ganda                                                                                       : 40

KELAS / SEMESTER      : X /  GENAP                                                                                                                                                                  B. Essey                                                                                                          : 5

TAHUN PELAJARAN    : 2013/2014

 

NO STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR JML SOAL INDIKATOR URAIAN MATERI BOBOT SKOR BENTUK SOAL NO SOAL
1 3.3  Mendiskripsikan rencana pemasaran

4.3  Menerapkan Rencana Pemasaran

27
  • Rencana  pemasaran  dapat  disusun  sesuai SOP.
  • Menjelaskan pengertian dan tujuan rencana pemasaran.
  • Mendeskripsikan 9 komponen rencana pemasaran.
  • Mengerjakan perencanaan jangka pendek, menengah, sedang dan panjang.
  • Mengerjakan perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pasar.
  • Mengerjakan perencanaan produk baru.
  • Menyusun perencanaan kegiatan pemasaran
o  Pengertian dan tujuan rencana pemasaran.

o  Perencanaan jangka pendek sedang dan panjang

o  Perencanaan tahunan dan perencanaan dekade

o  Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaraan

o  Perencanaan produk baru.

o  Perencanaan kegiatan pemasaran

 

  4

 

2

Essay

 

M C

B1-2

 

A1 – 25

2 3.4  Mendiskripsikan perencanaan produk

4.4  Menerapkan perencanaan produk

5 Perencanaan produk dan distribusi :

  • Tujuan perencanaan produk
  • Tahapan perencanaan produk
  • Distribusi Produk

 

o  Mengidentifikasi Jenis dan Tingkatan Produk

o  Mengidentifikasi Tahapan dalam Pengembangan Produk Baru

o  Mengidentifikasi Siklus Hidup Produk

o  Memilih Program Bauran Produk

  4

 

2

Essay

 

M C

B 3

 

A26-29

  3.5  Menjelaskan Perencanaan penetapan Harga

4.5 Menyusun Perencanaan Penetapan Harga

4 Perencanaan Penetapan Harga :

  • Lingkungan Pemasaran
  • Perencanaan Penetapan harga jual
  • Metode Penetapan Harga
o  Konsep dan Peranan Harga

o  Tujuan Penetapan Harga

o  Dasar Penetapan Harga

o  Metode Penetapan Harga

o  Penyesuaian-Penyesuaian Khusus

o  Terhadap Harga

  2 M C A30-33
  3.6  Mendiskripsikan perencanaan Distribusi

4.6  Menerapkan perencanaan distribusi

4
  • Mengidentifikasi Fungsi Saluran Pemasaran
  • Mengidentifikasi Tingkatan
  • Saluran Pemasaran
  • Mengidentifikasi Tahapan Penetapan Saluran Pemasaran
  • Memilih Saluran Pemasaran
o  Pengertian Distribusi

o  Peranan Perantara Dalam Pemasaran

o  Retailing

o  Jenis-Jenis Retailing; Tipe Kepemilikan, Produk atau Jasa yang Dijual

o  Non-strore Retailing

o  Lokasi

o  Strategi 7 R dalam Retailing

o  Wholesaling

o  Jenis-Jenis Pedagang Grosir(Wholesaller)

o  Distribusi Fisik

  4

 

2

Essay

 

M C

B 4

 

A34-36

  3.7 Menjelaskan teknik-teknik promosi

4.7  Menerapkan teknik-teknik promosi

5 Teknik Promosi

  • promosi dan baurun promosi (promotion Mix)
  • Strategi Promosi
o  Menentukan Bauran Promosi

o  Mengukur Hasil Promosi

o  Tujuan Promosi

o  Bauran Promosi

Personal Selling

Mass Selling

o  Promosi Penjualan

Public Relations

Direct Merketing

o  Strategi Promosi

o  Strategi Bauran Promosi

o  Strategi Pemilihan Media

o  Strategi Penjualan

 

  4

 

2

Essay

 

M C

B 5

 

A37-40

 

 

 

KUNCI JAWABAN  SOAL UJIAN SUMATIF SEMESTER  GENAP

SMKN 1 UDANAWU

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

 

SEKOLAH                                  : SMK NEGERI 1 UDANAWU

PROGRAM KEAHLIAN         :  PEMASARAN

MATA PELAJARAN                :  Dasar Program Keahlian 2 (Perencanaan Pemasaran)

KELAS / SEMESTER /             : X /  GENAP

TAHUN PELAJARAN             : 2013/2014

ALOKASI WAKTU                  : 90

JUMLAH                                     : A. Pilihan Ganda  : 40

                                                         B. Essei : 5

A. Jawaban pilihan ganda

 

  1. A
  2. D
  3. B
  4. D
  5. E
  6. A
  7. D
  8. C
  9. B
  10. B

11.    E

  1. C
  2. A
  3. D
  4. C
  5. B
  6. D
  7. B
  8. E
  9. D
  10. A
  11. A
  12. E
  13. B
  14. B
  15. C
  16. B
  17. E
  18. C
  19. C
  20. D
  21. D
  22. C
  23. C
  24. B
  25. E
  26. C
  27. A

 

 

B. Jawaban Essey

1.   Perencanaan pemasaran     adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannyA. Perencanaan juga bias didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi di antara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu.

2.   Program Kegiatan

No Uraian Kegiatan Pelasanaan Penaggung Jawab Pelaksana Jumlah Biaya Ket
Mulai Selesai
               
               
               
               

 

3. Produk adalah setiap apa saja yang dapat ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Ini meliputi benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan. Berdasarkan definisi tersebut dapat diketahui bahwa gagasan pokok dari definisi tersebut ialah bahwa konsumen membeli tidak hanya sekedar atribut fisik, karena pada sasarannya mereka membayar untuk sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan.

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tugas personal selling.

o    Creative selling, yaitu tenaga penjual yang bertugas mencari pembeli potensial dengan giat yang dipersiapkan untuk menjadi pelanggan tetap sehingga dapat meningkatkan penjualan.

o    Missionary salesman, yaitu tenaga penjual yang bertugas membina kerjasama dengan penyalur dan konsumen/pelanggan dengan tujuan mengembangkan nama baik perusahaan.

o    Technical specialist, yaitu tenaga penjual yang mempunyai keahlian teknik dan kecakapan tertentu untuk menerangkan keunggulan produk yang dijualnyA.

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di EVALUASI DAN PENILAIAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s