SILABUS PAKET KEAHLIAN PENGELOLAAN RITAIL (C3), MATA DIKLAT ADMINISTRASI TRANSAKSI, PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN, KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN  : ADMINISTRASI TRANSAKSI

 

Satuan Pendidikan       :   SMK BISNIS MANAJEMEN

Kelas /Semester           :   XI DAN XII / GANJIL DAN GENAP

 

Kompetensi Inti

 

KI 1    :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2    :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3    :   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4    :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1.      Memahami nilai nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan1.2.      Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan sumber energy di alam

1.3.      Mengamalkan nilai  nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari hari.

   
3.1      Mengklasifikasi  Berkas Berkas Administrasi4.1        Mengisi  berkas berkas administrasi

 

3.1.1     Pengertian Administrasi           Transaksi3.1.2.    SOP Perusahaan

3.1.3.    Alur Bukti Transaksi

3.1.4.    Berkas Berkas Administrasi            Transaksi

 

Mengamati:Membaca pengertian administrasi transaksi, SOP perusahaan, alur bukti transaksi, berkas berkas administrasi transaksi

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian administrasi transaksi, SOP perusahaan, alur bukti transaksi, berkas berkas administrasi transaksi

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian administrasi transaksi, SOP perusahaan, alur bukti transaksi, berkas berkas administrasi transaksi

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data engertian administrasi transaksi, SOP perusahaan, alur bukti transaksi, berkas berkas administrasi transaksi.

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang administrasi transaksi, SOP perusahaan, alur bukti transaksi, berkas berkas administrasi transaksi

 

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang berkas berkas administrasi

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan berkas berkas administrasi.

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang berkas berkas  administrasi

 

10  x  4 JP x  45 menit
  • Buku MelakukanProses Administrasi Transaksi

Yudistira

  • Buku MelakukanProses Administrasi TransaksiErlangga
  • Buku Mempersiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi penjualan Arya Duta
  • Buku Peralatan Transaksi Yudhistira
  • Buku Mesin Mesin Bisnis 2 PT. Galaxy Puspa Mega
3.2      Memahami    transaksi4.2.   Menerapkan kegiatan transaksi

 

 

3.2.1.    Pengertian Transaksi3.2.2.    Transaksi Dalam Suatu

Perusahaan

3.2.3.    Ruang Lingkup Transaksi

Penjualan

3.2.4.    Transaksi Melalui Internet

3.2.5.              Kesepakatan Transaksi

3.2.6.   Pihak Pihak yang Terkait

Dalam Transaksi

3.2.7.    Alur Transaksi Penjualan

 

 

Mengamati:Membaca  pengertian transaksi, transaksi dalam suatu perusahaan, ruang lingkup transaksi penjualan, transaksi melalui internet, kesepakatan transaksi, pihak pihak yang terkait dalam transaksi, alur transaksi penjualan.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Membaca  pengertian transaksi, transaksi dalam suatu perusahaan, ruang lingkup transaksi penjualan, transaksi melalui internet, kesepakatan transaksi, pihak pihak yang terkait dalam transaksi, alur transaksi penjualan.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang Membaca  pengertian transaksi, transaksi dalam suatu perusahaan, ruang lingkup transaksi penjualan, transaksi melalui internet, kesepakatan transaksi, pihak pihak yang terkait dalam transaksi, alur transaksi penjualan.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data Membaca  pengertian transaksi, transaksi dalam suatu perusahaan, ruang lingkup transaksi penjualan, transaksi melalui internet, kesepakatan transaksi, pihak pihak yang terkait dalam transaksi, alur transaksi penjualan.

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang Membaca  pengertian transaksi, transaksi dalam suatu perusahaan, ruang lingkup transaksi penjualan, transaksi melalui internet, kesepakatan transaksi, pihak pihak yang terkait dalam transaksi, alur transaksi penjualan.

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang transaksi.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan transaksi

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang transaksi

 

9  x  4 JP  x  45 menit
3.3      Mendeskripsikan peralatan komunikasi4.2        Mengoperasikan  peralatan  komunikasi

 

 

3.3.1    Etika dan etiket              berkomunikasi3.3.2    Prosedur pengoperasian alatkomunikasi

3.3.3     Prosedur penanganan

Informasi secara lengkap danakurat

3.3.4    Menerima informasi secara

akurat dan lengkap

3.3.5    Menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiketbertelepon

3.3.6    Menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap

3.3.7    Fungsi tombol pada pesawat  telepon

3.3.8                Menggunakan catatan daftarnomor telepon pelanggan

3.3.9     Prosedur pemeliharaan               pesawat telepon

3.3.10   Melaporkan kerusakan               pesawat telpon pada pihak              berwenang

3.3.11   Sikap dalam mengoperasikanalat komunikasi

 

Mengamati:Membaca etika dan etiket berkomunikasi, prosedur pengoperasian alat komunikasi, prosedur penanganan informasi secara lengkap dan akurat, menerima informasi secara akurat dan lengkap, menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiket bertelepon, menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap, fungsi tombol pada pesawat telepon, menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan, prosedur pemeliharaan pesawat telepon, melaporkan kerusakan pesawat telepon pada pihak berwenang, sikap dalam mengoperasikan alat komunikasi.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan etika dan etiket berkomunikasi, prosedur pengoperasian alat komunikasi, prosedur penanganan informasi secara lengkap dan akurat, menerima informasi secara akurat dan lengkap, menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiket bertelepon, menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap, fungsi tombol pada pesawat telepon, menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan, prosedur pemeliharaan pesawat telepon, melaporkan kerusakan pesawat telepon pada pihak berwenang, sikap dalam mengoperasikan alat komunikasi.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/ informasi tentang etika dan etiket berkomunikasi, prosedur pengoperasian alat komunikasi, prosedur penanganan informasi secara lengkap dan akurat, menerima informasi secara akurat dan lengkap, menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiket bertelepon, menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap, fungsi tombol pada pesawat telepon, menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan, prosedur pemeliharaan pesawat telepon, melaporkan kerusakan pesawat telepon pada pihak berwenang, sikap dalam mengoperasikan alat komunikasi.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data etika dan etiket berkomunikasi, prosedur pengoperasian alat komunikasi, prosedur penanganan informasi secara lengkap dan akurat, menerima informasi secara akurat dan lengkap, menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiket bertelepon, menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap, fungsi tombol pada pesawat telepon, menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan, prosedur pemeliharaan pesawat telepon, melaporkan kerusakan pesawat telepon pada pihak berwenang, sikap dalam mengoperasikan alat komunikasi.

Mengomunikasikan        

Hasil analisis dan simpulan  tentang etika dan etiket berkomunikasi, prosedur pengoperasian alat komunikasi, prosedur penanganan informasi secara lengkap dan akurat, menerima informasi secara akurat dan lengkap, menjawab panggilan telepon dengan etika dan etiket bertelepon, menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap, fungsi tombol pada pesawat telepon, menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan, prosedur pemeliharaan pesawat telepon, melaporkan kerusakan pesawat telepon pada pihak berwenang, sikap dalam mengoperasikan alat komunikasi.

 

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang peralatan komunikasi.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan peralatan komunikasi.

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang peralatan komunikasi.

 

4  x  4 JP x 45 menit
3.4        Mendeskripsikan alat hitung4. 3.    Mengoperasikan alat hitung

 

 

 

3.4.1    Fungsi tombol  alat hitung3.4.2    Mengoperasikan  alat

hitung

3.4.3    Verifikasi kebenaran hasil

Perhitungan

3.4.4    Prosedur pemeliharaan alat

Hitung

3.4.5.   Melaporkan kerusakan alat

hitung pada pihak yang

berwenang

 

Mengamati:Membaca fungsi tombol  alat hitung, mengoperasikan alat hitung, verifikasi kebenaran hasil perhitungan, prosedur pemeliharaan alat hitung, melaporkan kerusakan alat hitung pada pihak yang berwenang.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi tombol  alat hitung, mengoperasikan alat hitung, verifikasi kebenaran hasil perhitungan, prosedur pemeliharaan alat hitung, melaporkan kerusakan alat hitung pada pihak yang berwenang.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang fungsi tombol  alat hitung, mengoperasikan alat hitung, verifikasi kebenaran hasil perhitungan, prosedur pemeliharaan alat hitung, melaporkan kerusakan alat hitung pada pihak yang berwenang.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data fungsi tombol  alat hitung, mengoperasikan alat hitung, verifikasi kebenaran hasil perhitungan, prosedur pemeliharaan alat hitung, melaporkan kerusakan alat hitung pada pihak yang berwenang.

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang fungsi tombol  alat hitung, mengoperasikan alat hitung, verifikasi kebenaran hasil perhitungan, prosedur pemeliharaan alat hitung, melaporkan kerusakan alat hitung pada pihak yang berwenang.

 

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang alat hitung.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan alat hitung.

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang alat hitung.

 

 

4 x 4 JP x 45 menit
3.5      Mendeskripsikan mesin pembayaran tunai dan non tunai4.4.     Mengoperasikan mesin pembayaran tunai dannon tunai

 

 

 

 

3.5.1.   Persiapan menggunakan            Mesin3.5.2.    Tata cara memasukkan            harga barang ke dalam mesin

3.5..3.   Tata cara identifikasi dan            kodefikasi barang

3.5.4.    Tata cara memasukkan nomorkartu ke dalam mesin pembayaran non tunai

3.5.5.    Perhitungan total hargadan pengembalian uang kepada pelanggan

3..5.6.  Prinsip prinsip pengendalianuang kas dalam mesin         pembayaran tunai

3.5.7.    Tata cara pemeliharaan mesin pembayaran

3.5.8.    Prosedur pelaporan kerusakan mesin

3.5.9.    Sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin            pembayaran tunai maupun non tunai

 

Mengamati:Membaca persiapan menggunakan mesin, tata cara memasukkan harga barang ke dalam mesin, tata cara identifikasi dan kodefifikasi barang, tata cara memasukkan nomor kartu ke dalam mesin pembayaran non tunai,  perhitungan total harga dan pengembalian uang kepada pelanggan, prinsip prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pembayaran tunai, tata cara pemeliharaan mesin pembayaran, prosedur pelaporan kerusakan mesin, sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin pembayaran tunai dan non tunai.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan persiapan menggunakan mesin, tata cara memasukkan harga barang ke dalam mesin, tata cara identifikasi dan kodefifikasi barang, tata cara memasukkan nomor kartu ke dalam mesin pembayaran non tunai,  perhitungan total harga dan pengembalian uang kepada pelanggan, prinsip prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pembayaran tunai, tata cara pemeliharaan mesin pembayaran, prosedur pelaporan kerusakan mesin, sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin pembayaran tunai dan non tunai.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang persiapan menggunakan mesin, tata cara memasukkan harga barang ke dalam mesin, tata cara identifikasi dan kodefifikasi barang, tata cara memasukkan nomor kartu ke dalam mesin pembayaran non tunai,  perhitungan total harga dan pengembalian uang kepada pelanggan, prinsip prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pembayaran tunai, tata cara pemeliharaan mesin pembayaran, prosedur pelaporan kerusakan mesin, sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin pembayaran tunai dan non tunai.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data persiapan menggunakan mesin, tata cara memasukkan harga barang ke dalam mesin, tata cara identifikasi dan kodefifikasi barang, tata cara memasukkan nomor kartu ke dalam mesin pembayaran non tunai,  perhitungan total harga dan pengembalian uang kepada pelanggan, prinsip prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pembayaran tunai, tata cara pemeliharaan mesin pembayaran, prosedur pelaporan kerusakan mesin, sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin pembayaran tunai dan non tunai.

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang persiapan menggunakan mesin, tata cara memasukkan harga barang ke dalam mesin, tata cara identifikasi dan kodefifikasi barang, tata cara memasukkan nomor kartu ke dalam mesin pembayaran non tunai,  perhitungan total harga dan pengembalian uang kepada pelanggan, prinsip prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pembayaran tunai, tata cara pemeliharaan mesin pembayaran, prosedur pelaporan kerusakan mesin, sikap yang dibutuhkan dalam persiapan pengoperasian mesin pembayaran tunai dan non tunai.

 

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang mesin pembayaran tunai dan non tunai.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan mesin pembayaran tunai dan non tunai..

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang mesin pembayaran tunai dan tunai.

 

4  x  4 JP x 45 menit
3.6      Mendeskripsikan alat ukur4.5.    Mengoperasikan alat ukur

 

 

 

3.6.1.    Persiapan sebelum            mengoperasikan alat ukur3.6.2.    Identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur

3.6.3.    Prosedur pengukuran produk

3.6.4.    Pengukuran dengan benar

3. 6.5.   Perawatan dan pengujian alat Ukur

3.6.6.    Prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang

3.6.7.    Sikap  yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur

 

 

Mengamati:Membaca persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur, identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur, prosedur pengukuran produk, pengukuran dengan benar, perawatan dan pengujian alat ukur, prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang, sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur, identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur, prosedur pengukuran produk, pengukuran dengan benar, perawatan dan pengujian alat ukur, prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang, sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur. Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur, identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur, prosedur pengukuran produk, pengukuran dengan benar, perawatan dan pengujian alat ukur, prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang, sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur, identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur, prosedur pengukuran produk, pengukuran dengan benar, perawatan dan pengujian alat ukur, prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang, sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur. Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur, identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur, prosedur pengukuran produk, pengukuran dengan benar, perawatan dan pengujian alat ukur, prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang, sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur.

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang alat ukur.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan alat ukur.

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang alat ukur.

 

4  x  4 JP x 45 menit
3.7.       Mendeskripsikan alat bantu verifikasi4.6.     Mengoperasikan alat bantu verifikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.7.1.    Tata cara pemeriksaan alat           bantu verifikasi3.7.2.    Verifikasi alat pembayaran            sesuai prosedur

3.7.3.    Prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang

3.7.4.    Sikap yang dibutuhkan dan           mempersiapkan mengoperasianalat verifikasi

 

 

Mengamati:Membaca tata cara pemeriksaan alat bantu verifikasi, verifikasi alat pembayaran sesuai prosedur, prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang, sikap yang dibutuhkan dan mempersiapkan pengoperasian alat verifikasi.

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tata cara pemeriksaan alat bantu verifikasi, verifikasi alat pembayaran sesuai prosedur, prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang, sikap yang dibutuhkan dan mempersiapkan pengoperasian alat verifikasi.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang tata cara pemeriksaan alat bantu verifikasi, verifikasi alat pembayaran sesuai prosedur, prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang, sikap yang dibutuhkan dan mempersiapkan pengoperasian alat verifikasi.

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data tata cara pemeriksaan alat bantu verifikasi, verifikasi alat pembayaran sesuai prosedur, prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang, sikap yang dibutuhkan dan mempersiapkan pengoperasian alat verifikasi.

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang tata cara pemeriksaan alat bantu verifikasi, verifikasi alat pembayaran sesuai prosedur, prosedur pelaporan kepada pihak yang berwenang, sikap yang dibutuhkan dan mempersiapkan pengoperasian alat verifikasi.

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang alat bantu verifikasi.

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan alat bantu verifikasi.

Penilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang alat bantu verifikasi.

4   x  4 JP x 45 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  •  

ATAU BISA DIUNDUH di sini

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s