SILABUS MATA DIKLAT KOMUNIKASI BISNIS, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   PENGELOLAAN BISNIS RITAIL

MATA PELAJARAN                :  KOMUNIKASI BISNIS

KELAS/SEMESTER                :  XI DAN XII / 3, 4, 5DAN  6

ALOKASI WAKTU                   :  76  x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1      :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2      :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3      :Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4      :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2    Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3    Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

         
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

         
3.1   Menerapkan Etika Komunikasi Bisinis

4.1   Menyajikan hasil penerapan Etika Komunikasi

Etika Komunikasi

  • Pengertian Komunikasi
  • Unsur unsur Komunikasi
  • Jenis Ilmu Komunikasi
  • Etika berkomunikasi dalam dunia bisnis

 

Mengamati:

Membaca pengertian Ilmu komunikasi, ruang lingkup pembagian Ilmu komunikasi, dan etikakomunikasi dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian Ilmu komunikasi, pembagian Ilmu komunikasi, dan etika komunikasidalam bidang bisnis

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian Ilmu komunikasi, pembagian Ilmu komunikasi dan etika komunikasi dari berbagai sumber yang relevan

Mengumpulkan data  ruang lingkup komunikasi

 

Mengasosiasi :

Menganalisisdan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengertian Ilmu komunikasi, pembagian Ilmu komunikasi, dan etika komunikasi bisnis,

Mengklasifikasi ruang lingkup komunikasi bisnis pada berbagai kegiatan usaha.

 

Mengomunikasikan:

Hasil analisis dan simpulan  tentang konsep dasar ilmu komunikasi bisnis dalam  bentuk media (lisan dan tulisan)

Tes tertulis:

Menilai kemampuan kognitif tentang konsep etika komunikasi bisnis dalam bentuk objektif dan uraian

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan konsep ilmu komunikasi bisnis

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang konsep ilmu komunikasi bisnis

 

 

 

  6 x 3 Jp

 

  • Buku paket komunikasi bisnis Kemendikbud
  • Buku-buku komunikasi bisnis penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik

 

 

 

3.2     Mendeskripsikan komunikasi Pelanggan

4. 2   Menyajikan hasil pendeskripsian komunikasi pelanggan.

 

  • Mengidentifikasi  pelanggan
  • Komunikasi dengan berbagai macam pelanggan
  • Mendemonstrasikan komunikasi non verbal
  • Mendemonstrasikan senyum, sapa, kepada konsumen

 

 

 

Mengamati :

Membaca tentang tipe-tipe pelanggan, prose interaksi dengan pelanggan,mencari gambar,  gesture komunikasi, mengamati cara menyapa konsumendari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya:

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan tentang tipe-tipe pelanggan, proses interaksi dengan pelanggan,mencari gambar, gesture komunikasi, mengamati cara menyapa konsumen keuangan.

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang tentang tipe-tipe pelanggan, proses interaksi dengan pelanggan,mencari gambar, arti gesture komunikasi non verbal, mengamati cara menyapa konsumendari berbagai sumber yang relevan.

 

Mengasosiasi :

Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh   dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  dan menentukan hubungan tipe-tipe pelanggan, proses interaksi dengan pelanggan,mencari gambar, arti gesture komunikasi non verbal, mengamati cara menyapa konsumen

 

Mengokomunikasikan :

hasil analisis dan simpulan komunikasi kepada pelanggan dalam bentuk lisan dan tulisan

Tes tertulis:

Menilai kemampuan kognitif tentang konsep komunikasi kepada pelangga dalam bentuk objektif dan uraian

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

9 x 3Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik
3.3     Mengidentifikasi kepuasan pelanggan

4.3    Mengkategorikan kepuasan pelanggan .

 

Tahapan kepuasan pelanggan

Prinsip kepuasan pelanggan

Faktor-faktor kepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati

Membaca Tahapan kepuasan pelanggan

Prinsip kepuasan pelanggan

Faktor-faktorkepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, prinsip kepuasan pelanggan,

Faktor-faktor kepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data berkaitan Tahapan kepuasan pelanggan

Prinsip kepuasan pelanggan

Faktor-faktor kepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

 

Asosiasi

Mengolah hasil data berkaitan Tahapan kepuasan pelanggan

Prinsip kepuasan pelanggan

Faktor-faktorkepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulanTahapan kepuasan pelanggan

Prinsip kepuasan pelanggan

Faktor-faktorkepuasan pelanggan

Mengukur tingkat kepuasan pelanggan

Tes  tertulis :

Menilai kemampuan kognitif tentang masalah kepuasan pelanggan, faktor-faktor kepuasan

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan simulasivsiswa melayani bernagsi jenis pelanggan

 

Penilaian produk :

Menilai hasil pembuatan tugas menyusun skala tingkat kepuasan pelanggan

 

 

  9 x 3 JP

 

  • Buku paket komunikasi bisnis Kemendikbud
  • Buku-buku komunikasi bisnis penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik

 

 

 

3.4   Menguraikan proses komunikasi bisnis

4.4  Mengurutkan proses komunikasi

Proses Komunikasi

  1. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan.
  4. Penerima menerima pesan
  5. Penerima menafsirkan pesan
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:

Membaca proses komunikasi, tahapan – tahapan komunikasi komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal

 

Menanya:

Mengajukan pertanyaan Membaca proses komunikasi, tahapan – tahapan komunikasi komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi Membaca proses komunikasi, tahapan – tahapan komunikasi komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal

 

Mengasosiasi:

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data proses komunikasi, tahapan – tahapan komunikasi komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal

 

Mengomunikasikan

hasil analisis dan simpulan tentang proses komunikasi, tahapan – tahapan komunikasi komunikasi efektif, komunikasi intrapersonal.

Tes tertulis :

Menilai kemampuan kognitif tentang proses komunikasi bisnis

 

Unjuk kerja:

Menilai kemampuan diskusi/presentasi proses komunikasi

 

Penilaian produk:

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang sikap komunikan/interaksi pemasar dengan pelanggan dalam kegiatan komunikasi bisnis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8 x 3 Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik
3.5    Menjelaskan teknik promosi

4.5    Menerapkan teknik promosi

Teknik Promosi

  • Personal Selling
  • Periklanan
  • Publikasi
  • Promosi Penjualan
  • Point of purchase
  •   Sponsorship
Mengamati

Membaca tentang Teknik Promosi dengan teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase, sponsorship dari berbagi sumber

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase, sponsorship.

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data pertanyaan yang berkaitan dengan teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase dari berbagai sumber

 

Asosiasi

Mengolah hasil dari data pertanyaan yang berkaitan dengan teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase, untuk mendapatkan simpulan dan membuat rencana pembuata media promosi

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan  teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase, untuk mendapatkan simpulan dan membuat rencana pembuata media promosi

 

Tugas

Menilai kemampuan kognitif teknik promosi yang efeketif,

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen

 

Portofolio

Menilai Laporan tertulis pengamatan promosi produk dan jasa

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

7 x 3 Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik
3.6    Mengidentifikasi media promosi.

4.6    Mengkategorikan media promosi

Media Promosi;

Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social media

 

 

 

Mengamati

Berbagai media promosi Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social media

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social media

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data berkaitan kepuasan konsumen dengan Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social media.

 

Asosiasi

Mengolah data hasil Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk,vbillboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social media

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan  Brosur, katalog, pamflet, booklet, spanduk,vbillboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, media cetak, Ambient Art, Flash Mob, social dalam bentuk media

Tugas

Mencirikan setiap media promosi, keuntungan dan kelemahan dari masing-masing tiap media promosi

 

Observasi

Ceklist Media Promosi yang ada di sekitarbrumah..

 

Portofolio

Laporan tertulis media promosi di sekitar rumah dan tempat perbelanjaan

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

8 x 3Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik
3.7      Menjelaskan teknik presentasi

4.7      Menerapkan teknik presentasi

 

Tenik Presentasi

Gestur, Intonasi Suara, nada suara, penekanan, Jeda, Kecepatan bicara, perubahan suara

 

 

 

 

 

 

Mengamati

Membaca teknik presentasi; Gesture, Intonasi Suara, Nada Suara, Penekanan, Jeda, Kecepatan bicara, Perubahan suara

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan teknik promosi seperti; personal selling, periklanan, publikasi, promosi penjualan, point of purchase, sponsorship.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data teknik presentasi dari berbagai sumber

 

Asosiasi

Mengolah hasil data dan mengevaluasi teknik presentasi

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan

teknik presentasi serta menerapkan di sepan kelas

Tugas

Menilai kemampuan kognitif, teknik presentasi

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan simulasi teknik presentasi teman

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

8 x 3Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik
3.8      Menjelaskan teknik negosiasi

4.8      Menerapkan teknik negosiasi

 

Negosiasi

Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

Mengamati

Membaca strategi negosiasi, proses, syarat, teknik

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

 

Asosiasi

Mengolah hasil dari data Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan  Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

 

 

Tugas

Strategi negosiasi, proses negosiasi, syarat yang dipenuhi ketika negosiasi, teknik negosiasi

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

 6 x 3Jp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar komunikasi bisnis dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Komunikasi bisnis
  • Media massa cetak dan elektronik

 

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

4 Balasan ke SILABUS MATA DIKLAT KOMUNIKASI BISNIS, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK KURIKULUM 2013

  1. sari berkata:

    Knp nggak bisa di download

  2. wira iswari berkata:

    tolong dong RPPnya yang lengkap untuk mata Diklat Produktif prinsip-prinsip penjualan langsungi

    • jazinansetiawan berkata:

      @ wira iswari, mohon di cek kembali berita terakhir yang saya dengar untuk kompetensi keahlian pemasaran tidak dibagi dalam 2 paket keahlian seperti semula, sehingga paket keahlian penjualan langsung apa masih ada? terima kasih telah mampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s