SILABUS MATA DIKLAT PENATAAN BARANG DAGANGAN (MENATA PRODUK), PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   PENGELOLAAN BISNIS RITAIL (C3)

MATA PELAJARAN                :  PENATAAN BARANG DAGANGAN (MENATA PRODUK)

KELAS/SEMESTER                :  XI DAN XII / 3, 4, 5 DAN  6

ALOKASI WAKTU                   :    x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1      :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2      :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3      :   Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4      :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1  Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam1.3  Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari          
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan penetaan barang dagang          
3.1  Mendiskripsikan pengertian Penataan produk4.1   Mengklasifikasikan bentuk penataan produk. Penataan Produk

  • Pengertian pentaan produk
  • Ruang lingkup penataan  produk
Mengamati:Mempelajari bku teks dan sumber lainnya (bahan dari internet dan kliping) tentang pengertian dan ruang lingkup penataan barang dagangMenanya : Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan pengertian  penataan produk dan ruang lingkup penataan produk 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian penataan produk dan ruang lingkupnya

 

Mengasosiasi :

  • Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat  pengertian penataan produk  dan ruang lingkup penataan produk.
  • Mengklasifikasi bentuk-bentuk penataan penataan produk

 

Mengomunikasikan:

hasil analisis dan simpulan  tentang konsep dasar pengertian penataan produk dan ruang lingkup

 

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang konsep pengertian penataan produkUnjuk kerja :Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan pengertian penataan produk.

 

 

 

 

  5 X 3Jp
  • Buku paket ekonomi Kemendikbud
  • Buku-buku ekonomi penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik

 

 

 

3.2Meng analisisi tujuan Penataan  Produk4.2Mengevaluasi tujuan penataan produk Tujuan penataan produk  bagi

  1. Syarat penataan produk
  2. Desain produk
  3. Tujuan display bagi penjual
  4. Tujuan display bagi pembeli

 

 

 

MengamatiMempelajari buku teks maupun sumber lain (internet, kliping observasi kepasar dan mall )MenanyaMengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penataan produk dan manfaat penataan produk bagi penjual dan pembeli.

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data yang  berkaitan dengantujuan dan maafaat penataan produk.

 

Asosiasi

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber sumber informasi tentang tujuan penataan barang dagang.

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan (mempresentasikan, tujuan penataan produk dan manfaat penataan produk ditinjau dari penjual dan pembeli

Tes TertulisMenilai kemampuan kognitif tentang konsep tujuan penataan produkObservasiCeklist lembar pengamatan pasar 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

8 X 3jp     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Dra.Devi Puspitasari M.PdPemasaran barang dan jasa Aryaduta 2010
  • Kuncoro Mudrajad (2003)Metode Riset untuk bisnis dan Ekonomi
  • BSE Penjualan Dra.Devi Puspita SariM.Pd DEPDIKNAS 2008
  • KotlerManajemen pemasaran (Terjemahan) jilid I
3.3 Mengklasifikasi Jenis-         jenis Produk yang akan   ditata4.3Melakukan pengelompokkan jenis-jenis produk yang akan didisplay MateriJenis-jenis produkyang akan ditataPenataan secara verticalPenataan secara horizontal

 

 

 

 

 

 

MengamatiMembaca  buku teks(internet pasar)maupun sumber lainnya  tentang klasifikasi dan penggolongan barang yang akan ditata Menanya: Mengajukan pertanyaan yang  yang berkaitan dengan  penggolongan barang  yang akan ditata. Menanyakan bentuk penataan vertical  dan horizontal. 

Mengasosiasi :

Membedakan penggolangan  penataan vertikal dan horizontal

 

Mengokomunikasikan :

Mempresentasikan hasi  diskusi tentang penggolongan jenis-peroduk dan penataan vertical dan horizontal.

Tes  tertulis :Menilai kemampuan kognitif tentang penggolongan jenis-jenis produk.dan penataan secara horizontal.,verticalUnjuk kerja :Menilai kemampuan diskusi/presentasi jenis-jenis penggolongan produkDan penataan secara vertical dan horizontal.

 

 

 

 

 

  10X 3jp
3.4  Mengidentifikasi SOP penataan produk4.4  Mendisplay produk sesuai SOP  peruhaan Materi

  1. Pengertian SOP
  2. SOP penataan produk
  3. Lay out/Tata letak toko
  4. Teknik pemajangan barang.
  5. Peralatan  Display yang dipakai.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:Melakukan observasi kepasar-pasar plaza dan mencari sumber lain internet dan buku yang relevanMenanya: Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tata letakdanteknik pemajangan serta peralatan yang dipakai pada saat mendisplay.

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang lay out peralatan yang dipakai pada saat mendisplay

 

Mengasosiasi:  

Mengelompokan  barang yang akan ditata sesuai layout dan teknik yang akan dipakai.

 

Mengomunikasikan

Hasil observasi  dan analisis di presentasikan

Tes tertulis :Menilai kemampuan kognitif tentang teknik pemajangan barang .dan peralatan display.Unjuk kerja:Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam taknik pemajangan .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9X3jp     

 

 

 

 

 

  • Buku paket Pengantar ekonomi dan Bisnis Kemendikbud
  • Buku Ekonomi
  • Media massa cetak dan elektronik
3.5    Mengidentifikasi pelabelan produk4.5 Melakukan proses pelabelan produk Pelabelan Produk

  1. Pengertian label produk
  2. Fungsi label
  3. Jenis label/ barcode
  4. Teknik pelabelan produk

 

 

MengamatiMempelajari buku tek ,dan petunjuk penggoperasian labeling .dan observasi ke swalayan . MenanyaMenanyakan cara memakai labeling yang benar

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data cara-cara pemasanganLabeling

 

Asosiasi

Mengolah   dan mengelompokan data cara –cara pemasangan labeling

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan teknik pemasangan labeling.

TugasMenilai kemampuan kognitif tentanglabelingObservasi dan Unjuk kerjaDemonstrasi pemasangan  labeling.

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

12X 3 jp     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6 Melakukan Pengamatan berkala pada Display4.6 Menyusun kembali penataan produk sesuai dengan SOP perusahaan Pengamatan Display Berkala

  1. Evaluasi Display produk
  2. Identifikasi perubahan display produk
  3. Sikapdalam memonitor penataan produk

.

 

MengamatiMencari sumber buku teks. Internet, observasi kepasar atau plaza.MenanyaMemberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan identifikasi  kerusakan perubahan letak display produk.

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data informasi yangberkaitan Perubahan dan kerusakan display.

Sikap-sikap yang harus dilakukan dalam mengatasi perubahan produk.

 

Asosiasi

Membandingkan data  dan informasi  yang diperoleh

 

Komunikasi

Menyajikan hasil analisis dalam mengatasi perubahan display.

ObservasiCeklist lembar observasi pasarPortofolioLaporan tertulis kelompok 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

15  X3jp     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 23022014604 2302201460527032014658

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s