SILABUS MATA DIKLAT PRINSIP-PRINSIP BISNIS RITAIL, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   PENGELOLAAN BISNIS RITAIL (C3)

MATA PELAJARAN                :  PRINSIP-PRINSIP BISNIS RITEL

KELAS/SEMESTER                :  XI DAN XII / 3, 4, 5 DAN  6

ALOKASI WAKTU                  :      x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1      :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2      :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3      :Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4      :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

         
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

 

         
3.1.    Mendeskripsikanpengertian bisnisritel.4.1.  Mempersentasikan  pengertian bisnis ritel

 

Prinsip-prinsip bisnis ritel.

  • Pengertian bisnis ritel
MengamatiMembaca pengertian bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya  

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian bisnis ritel.

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian bisnis ritel, dari berbagai sumber yang relevan

 

Mengasosiasi  

Menyimpulkan  informasi/data pengertian bisnis ritel.

 

Mengomunikasikan

Hasil analisis dan simpulan  tentang pengertian bisnis ritel

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang pengertian bisnis ritel dalam bentuk objektif dan uraian

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan konsep bisnis ritel

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang konsep pengertian bisnis ritel.

 

 10 X  3 Jp
  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.2.    Mendiskripsikan ruang lingkup bisnis ritel

4.2.  Mengevaluasi ruang lingkup bisnis ritel

 

Ruang lingkup bisnis ritel:  MengamatiMembaca ruang lingkup bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ruang lingkup bisnis ritel.

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data

Yang  berkaitan dengan ruang lingkup bisnis ritel.

 

Asosiasi

Mengolah hasil data dan mengevaluasi  ruang lingkup bisnis ritel.

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulanruang lingkup bisnis ritel

 

Tes tertulisMenilai kemampuan kognitif tentang ruang lingkup bisnis ritel dalam bentuk objektif dan uraian

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan ruang lingkup[ bisnis ritel.

 

 

18 X 3  JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik

 

*Dra. Devi Puspita sari ,M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.3.      Mendiskripsikan peran                  dan fungsi  bisnis ritel

4.3.  Menganalisis  peran dan fungsi bisnis ritel

 

Peran dan fungsi bisnis ritel:

  • Peran bisnis ritel
  • Fungsi bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MengamatiMembaca tentang peran dan fungsi bisnis riteldari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan peran  dan fungsi bisnis ritel.

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang peran dan fungsi bisnis ritel yang berlaku dari berbagai sumber yang relevan.

 

Mengasosiasi

Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh   dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk menentukan   peran dan fungsi bisnis ritel

 

Mengokomunikasikan

Hasil analisis dan simpulan peran dan fungsi bisnis ritel dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

Tes  tertulis :Menilai kemampuan kognitif tentang peran dan fungsi bisnis ritel dalam bentuk objektif dan uraian.

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis  peran dan fungsi bisnis ritel

 

Penilaian produk :

Menilai hasil pembuatan tugas laporan tentang peran dan fungsi bisnis ritel.

 

10 X 3 JP
  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran / Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.4.  Mendiskripsikan srtategi     bisnis ritel

4.4.  Mengklasifikasi strategi bisnis  ritel

Strategi  bisnis ritel:

  • Srategi manajemen
  • Strategi pemasaran
  • Srtategi pertumbuhan
  • Bauran eceran (ritel Mix)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MengamatiMembaca tentang strategi  bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan strategi  bisnis ritel

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang strategi  bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Mengasosiasi

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkaittentang strategi  bisnis ritel.

 

Mengomunikasikan

hasil analisis dan simpulan tentang strategi  bisnis ritel dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

Tes tertulis :Menilai kemampuan kognitif tentang strategi  bisnis ritel dalam bentuk objektif dan uraian.

 

 

Unjuk kerja:

Menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan strategi bisnis ritel

 

Penilaian produk:

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang strategi bisnis ritel

 

 

 

 

18  X 3 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.5. Mendiskripsikan jenis- jenis bisnis ritel

4.5.    Mendiskusikan jenis-   jenis bisnis ritel

 

Jenis-jenis bisnis ritel.

  • Tipe kepemilikan
  • Produk atau jasa yang dijual
  • Non-store ritel
MengamatiMembaca tentang jenis-jenis bisnis ritel dari  berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan jenis-jenis bisnis ritel

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data/informasi tentang

Jenis-jenis bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Asosiasi

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait tentang jenis-jenis bisnis ritel.

 

Komunikasi

Hasil analisis dan simpulan tentang jenis-jenis bisnis ritel dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

TugasMenilai kemampuan kognitif tentangjenis-jenis bisnis ritel

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

10  X 4 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari ,M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.6.  Mendeskripsikan riset pemasaran dalam bisnis ritel

4.6.  Mempresentasikan  riset pemasaran dalam bisnis ritel

 

Riset  pemasaran dalam bisnis ritel

  • Sistim imformasi pemasaran
  • Memilih prodak dan jasa
  • Pendanaan bisnis ritel

 

MengamatiMembaca tentang riset pemasaran dalam bisnis ritel dari  berbagai sumber belajar yang relevan

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan riset pemasaran dalam bisnis ritel

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data data/informasi tentang

Riset pemasaran dalam bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Asosiasi

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait tentang riset pemasaran dalam bisnis ritel.

 

Komunikasi

hasil analisis dan simpulan tentang jenis-jenis bisnis ritel dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

 

TugasMenilai kemampuan kognitif tentang jenis-jenis bisnis ritel

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimenriset pemasaran dalam bisnis ritel

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

18 X 4 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

3.7  Mengindentifikasi lembaga pembiayaan waralaba

4.7.  Menentukan lembaga pembiayaan waralaba

 

Lembaga pembiayaan waralaba

  • Pengertiana bisnis waralaba
  • Pengembangan perusahaan
  • Prosedur pengajuan kredit modal kerja
  • Pola kemitraan

 

MengamatiMembaca  tentang pengertian pembiayaan wara laba, pengembangan perusahaan, prosedur pengajuan kredit modal kerjadan pola kemitraan, dari berbagai sumber pembelajaran yang relevan.

 

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan lembaga pembiayaan waralaba.

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data data/informasi berkaitan dengan lembaga pembiayaan waralaba dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Asosiasi

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait tentang lembaga pembiayaan waralaba.

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan hasil mengklasifikasi berbagai lembaga pembiayaan waralaba.

TugasMenilai kemampuan kognitif tentang

pengertian pembiayaan wara laba, pengembangan perusahaan, prosedur pengajuan kredit modal kerjadan pola kemitraan

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

30 X 4 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

  1. 8Mengindentifikasi perijinan Bisnis  ritel.

 

4.8.  Menerapkan peraturan per undang-undangan bisnis ritel

 

Perijinan bisnis ritel

  • Akte pendirian Bisnis ritel
  • NPWP
  • SITU
  • SIUP

 

MengamatiMembaca tentang syarat-syarat perijinan bisnis ritel dan peraturan perundang-undangan bisnis ritel

 

Menanya

Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan syarat-syarat perijinan bisnis ritel dan peraturan perundang-undangan bisnis ritel

 

Eksperimen/explore

Memgumpulkan data data/informasi berkaitan dengan perijinan bisnis titel dan peraturan perundang-undangan bisnis ritel dari berbagai sumber belajar yang relevan

 

Asosiasi

Menganalisis  informasi dan mengklasifikasi data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait tentang perijinan bisnis titel dan peraturan perundang-undangan bisnis ritel.

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan hasil mengklasifikasi perijinan bisnis titel dan peraturan perundang-undangan bisnis ritel.

TugasMenyusun  sistimatika   tentang perijinan peratuan perundang-undangan bisnis ritel

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Tes tertulis  bentuk uraian

 30 X  4 PJ

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Buku paket Marketing  Kemendikbud
  • Buku-buku Usaha Ritel penunjang yang relevan
  • Media massa cetak/ elektronik
  • Dra. Devi Puspita sari, M.Pd. 2010 Buku Membuka Usaha Eceran/Ritel Jakarta, CV.Arya Duta

 

 

 

 ATAU BISA DIUNDUH di sini

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

2 Balasan ke SILABUS MATA DIKLAT PRINSIP-PRINSIP BISNIS RITAIL, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

  1. SRI RAHAYU berkata:

    PAKET c3 ADM. BARANG DAN PELAYANAN PENJUALAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s