SILABUS MATA DIKLAT PENGETAHUAN BARANG / PRODUK, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   PENGELOLAAN BISNIS RITAIL (C3)

MATA PELAJARAN                :  PENGETAHUAN BARANG / PRODUK

KELAS/SEMESTER                 :  XI DAN XII / 3, 4, 5 DAN  6

ALOKASI WAKTU                   :    x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1    :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2    :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3    :   Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4    :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam1.3    Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari          
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan          
3.1   Mengidentifiikasi atribut barang  dan jasa4.1  Menyusun atribut barang dan jasa Atribut barang dan jasa

  1. Pengertian produk (barang dan jasa)
  2. Karakteristik produk
  3. Konsep, level dan hirarki produk
  4. Atribut produk

 

Mengamati:Membaca pengertian, karakteristik produk dan atribut produkMenanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian, karakteristik produk dan atribut produk

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian pengertian, karakteristik produk dan atribut produk

 

Mengasosiasi :

Menganalisisdan menyimpulkan  pengertian, karakteristikproduk dan atribut produk

 

Mengkomunikasikan:

simpulan  tentang karakteristik dan atribut produk

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang pengertian, karakteristik dan atribut produk

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan pengertian dan karakteristik dan atribut produk

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang karakteristik dan atribut produk

 

8 x 3 Jp
  • Buku paket pemasaranKemendikbud
  • Buku-buku pemasaranpenunjang yang relevan
  • Media massa cetak dan elektronik

 

 

3.2   Mengidentifikasi spesifikasi  barang dan jasa4.2   Mengklasifikasi spesifikasi  barang dan jasa

 

Spesifikasi barang dan jasa

  1. Klasifikasi produk
  2. Klasifikasi barang konsumen
  3. Klasifikasi barang industri
  4. Bauran Pemasaran klasifikasi barang konsumen dan barang industri
  5. Dimensi kualitas produk

 

MengamatiBerbagai macam produk yang beredar di masyarakat.Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang beredar dan dibutuhkan masyarakat.

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat

 

Mengasosiasi

Menganalisis dan menyimpulkan data dari berbagai produk yang dibutuhkan masyarak.

 

Mengkomunikasikan

Hasil analisis dan simpulan klasifikasi dan bauran pemasaran klasifikasi produk dipesentasikan.

Tes tertulisMenilai kemampuan kognitif tentang klasifikasi produk, bauran pemasaran dan dimensi kualitas produkPenilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang bauran pemasaran beserta dimensi kualitas produk

 

 

 

10 x 3 Jp
  • Buku paket pemasaranKemendikbud
  • Buku-buku pemasaranpenunjang yang relevan
  • Media massa cetak dan elektronik

 

 

3.3   Mengidentifikasi karakter barang dagangan4.3  Merancang konsep strategi pemasaran tiap tahap siklus kehidupan produk

 

Karakteristik barang dagangan

  1. Sifat, klasifikasi dan karakteristik barang
  2. Sifat, klasifikasi dan karakteristik jasa
  3. Siklus kehidupan produk
  4. Strategi pemasaran tiap tahap siklus kehidupan produk

 

 

MengamatiMembaca sifat, klasifikasi dan karakteristik barang.Siklus kehidupan produk

Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat, klasifikasi dan karakteristik barang.

Siklus kehidupan produk

 

Mengeksplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang sifat, klasifikasi dan karakteristik barang.

Siklus kehidupan produk

 

Mengasosiasi

Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data tentang sifat, klasifikasi dan karakteristik barang.

Siklus kehiupan produk

 

Mengkomunikasikan

Hasil analisis siklus kehidupan suatu produk tertentu.

Tes tertulisMenilai kemampuan kognitif tentang sifat, klasifikasi dan karakteristik barang daganganUnjuk kerja

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam menyajikan materi siklus kehidupan produk

 

 

 

8 x 4 Jp
  • Buku paket pemasaranKemendikbud
  • Buku-buku pemasaranpenunjang yang relevan
  • Media massa cetak dan elektronik
3.4   Mengidentifikasi karakteristik jasa4.4  Menyusun konsep penawaran jasa Karakteristik Jasa

  1. Dimensi kualitas jasa
  2. Mengelola penawaran dan permintaan jasa
  3. Diferensiasi kompetitif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MengamatiBerbagai dimensi kualitas jasa beserta pengelolaannya.Menanya

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan dimensi kualitas jasa beserta pengelolaannya.

 

Mengekplorasi

Mengumpulkan data/informasi tentang dimensi kualitas jasa beserta pengelolaannya.

 

Mengasosiasi

Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat hubungan antara dimensi kualitas jasa beserta pengelolaannya.

 

Mengkomunikasikan

Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang pengelolaan penawaran dan permintaan jasa.

Tes tertulisMenilai kemampuan kognitif tentang dimensi kualitas jasa, pengelolaan penawara dan permintaan jasa, beserta diferensiasi kompetitifnyaPenilaian produk

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang pengelolaan penawaran dan permintaan jasa.

 

 

 

 

 

 

 

10 x 4 Jp
  • Buku paket pemasaranKemendikbud
  • Buku-buku pemasaran penunjang yang relevan
  • Media massa cetak dan elektronik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC_0248

DSC_0271

 

DSC_0314

DSC_0362

DSC_0298

DSC_0428

DSC_0497

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

2 Balasan ke SILABUS MATA DIKLAT PENGETAHUAN BARANG / PRODUK, PAKET KEAHLIAN (C3) PENGELOLAAN BISNIS RITAIL, PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

  1. Gerard Tambayong berkata:

    blog yang sangat baik dan membantu,
    pak tolong yah dikirimi rpp untuk semua mapel c 1 dan c2 smk tata niaga
    sebelumnya terima kasih
    email : wezt_wind@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s