SILABUS MATA DIKLAT ANALISA DAN RISET PASAR, DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   DASAR PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN (C2)

MATA PELAJARAN                :  ANALISIS DAN RISET PEMASARAN

KELAS/SEMESTER                :  X / 2 DAN  3

ALOKASI WAKTU                   :    x 45 menit

 

 

Kompetensi Inti*

KI.1    :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2    :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3    :  Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4    :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

         
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan          
3.1       Menjelaskan Pengertian Observasi Pasar

4.1       Mempresentasikan Pengertian Observasi Pasar

 

 

 

Observasi Pasar

  • Pengertian Observasi Pasar

 

Mengamati:Mempelajari buku teks maupun sumber lain tentang pengertian Observasi pasar.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian Observasi pasar

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang masalah pemasaran terutama tentang pengertian Observasi pasar

 

Mengasosiasi :

Menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang pengertian Observasipasar (diskusi)

 

Mengomunikasikan:

Menjelaskan/mempresen tasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tertulis tentang pengertian Observasi pasar

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

 

3 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

3.2       Mendiskripsikan Ruang Lingkup Observasi Pasar

4.2       Mempresentasikan Ruang Lingkup Observasi Pasar

 

Ruang lingkup Observasi pasar MengamatiRuang lingkup Observasi pasar dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang ruang lingkup Observasi pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang ruang lingkup Observasi pasar

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang ruang lingkup Observasi pasar

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

Menyimpulkan hasil diskusi

Menyajikan kesimpulan hasil diskusi

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

Unjuk kerja

Pengamatan /

 

 

9 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

 

3.3       Mendeskripsikan langkah-langkah Observasi Pasar

4.3      mengimplementasikan langkah-langkahObservasiPasar

 

  • Langkah-langkah Observasi pasar
MengamatiMembaca langkah-langkah Observasipasar dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang langkah langkah Observasi pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan informasi dari Observasi pasar

 

Asosiasi

Mengolah data dari hasil Observasi pasar

 

Komunikasi

Mempresentasikan kesimpulan dari hasil observasi pasar

Tugas :Melakukan Observasi pasar

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan Observasi pasar

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

21 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

 

3.4       Menjelaskan Pengertian dan tujuan Analisa Pasar

4.4      Mempresentasikan Pengertian dan tujuan Analisa Pasar

 

  • Pengertian dan tujuan Analisa pasar
MengamatiMembaca buku teks maupun sumber lain tentang pengertian dan tujuan Analisa pasar.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang pengertian dan tujuan Analisa pemasaran

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang pengertian dan tujuan Analisa pasar

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang langkah-langkah Analisa pasar

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

 

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

 

6 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

3.5       Mendiskripsikan Ruang lingkup Analisa Pasar

4.5      Mempresentasikan Ruang lingkup Analisa Pasar

 

  • Ruang lingkup Analisa pasar
MengamatiRuang lingkup Analisa pasar dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang ruang.

Lingkup Analisa pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang ruang lingkup Analisa pasar

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang ruang lingkup Analisa pasar

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

 

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

12 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

3.6       Mendeskripsikan Langkah-langkah Analisa pasar

4.6.    Menentukan  Langkah-langkah Analisa pasar

 

  • Langkah-langkah Analisa pemasaran
MengamatiMengamati langkah-langkah Analisa pasar dengan membaca buku referensi yang relevan

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada  peserta didik untuk menanyakan hal tentang langkah-langkah Analisa pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data informasi dari hasil Analisa pasar

 

Asosiasi

Mengolah  data dari hasil Analisa pasar

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan dari Analisa pasar

Tugas :Melakukan Analisa pasar

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan Analisa pasar

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

Catatan..

Tugas Mandiri membuat kliping

 

15 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

  1. Media massa
  2. internet

 

3.7       Menjelaskan pengertian dan Tujuan Segmentasi Pasar

4.7       Mempresentasikan pengertian dan Tujuan Segmentasi Pasar

  • Pengertian  dan Tujuan Segmentasi  pasar
MengamatiMembaca buku teks maupun sumber lain tentang pengertian dan tujuan Segmentasi pasar.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang pengertian dan tujuan Segmentasi pemasaran

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang pengertian dan tujuan Segmentasi pasar

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang langkah-langkah Segmentasi  pasar

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

 

  Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

3.8       MendiskripsikanLangkah-langkah Segmentasi Pasar

4.8.    Mengimplementasikan Langkah-langkah Segmentasi Pasar

 

  • Langkah-langkah segmentasi pasar
MengamatiMengamati langkah-langkah segmentasi pemasaran dengan membaca buku referensi yang relevan

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada  peserta didik untuk menanyakan hal tentang langkah-langkah segmentasi pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data informasi dari hasil segmentasi pasar

 

Asosiasi

Mengolah  data dari hasil segmentasi pasar

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan dari Analisa pasar

Tugas :Melakukan observasi tentang segmentasi pasar produk tertentu

 

Analisa

Cecklis lembar pengamatan kegiatan segmentasi pasar produk tertentu

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

15 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

3.9       Mengidentifikasi Ide dan Peluang Usaha

4.9.    Merencanakan Ide dan Peluang Usaha

 

  • Ide dan Peluang Usaha
MengamatiMengamati hasil analisa pasar untuk menciptakan ide dan peluang usaha

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada  peserta didik untuk menanyakan hal tentang ide dan peluang usaha

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan data informasi dari hasil Analisa pasar untuk memotivasi dan menciptakan ide peluang usaha

 

Asosiasi

Mengolah  data dari hasil analisa pasar untuk menciptakan ide peluang usaha

 

Komunikasi

Menyajikan hasil kesimpulan ide dan peluang usaha

Tugas :Melakukan observasi tentang ide dan peluang  usaha

 

Analisa

Cecklis lembar pengamatan kegiatan segmentasi pasar produk tertentu

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

21 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

Media

 

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

2 Balasan ke SILABUS MATA DIKLAT ANALISA DAN RISET PASAR, DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

  1. ronando ferdiansyah berkata:

    bpk/ibu, punya juga rpp analisa dan riset pasar??? minta tolong dibagikan ke saya ya …. email saya : ronandoferdiansyah@yahoo.com trims….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s