SILABUS MATA DIKLAT PENGELOLAAN USAHA, DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU DAPAT DIUNDUH di sini

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                     :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN    :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                  :   DASAR PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN (C2)

MATA PELAJARAN                 :  PENGELOLAAN USAHA

KELAS/SEMESTER                  :  X/ 2DAN  3

ALOKASI WAKTU                    :    x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1 :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3 :   Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4 :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3     Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

         
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2   Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

 

         
3.1.    Memahami ruang lingkup, tujuan pengelolaan usaha.

4.1.    Mengklasifikasikan ruang lingkup pengelolaan usaha di berbagai bidang.

 

 

 

Pengelolaan usaha

  • Pengertian pengelolaan usaha
  • Ruang lingkup pengelolaan usaha
  • Tujuan pengelolaan usaha

 

Mengamati:Mempelajari buku teks maupun sumber lain tentang pengertian pengelolaan usaha

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengelolaan usaha

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data/informasi tentang masalah pemasaran terutama tentang pengertian pengelolaan usaha

 

Mengasosiasi :

Menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang pengertian pengelolaan usaha

 

Mengomunikasikan:

Menjelaskan/mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tertulis tentang pengertian pengelolaan usaha

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

 

20
3.2.  Mengidentifikasi jenis-jenis pengelolaan usaha

4.2.  Mengklasifikasikan berbagai jenis

Usaha

 

Jenis-jenis pengelolaan usaha

  • Perseorangan
  • Badan Usaha

 

MengamatiJenis-jenis pengelolaan usaha dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang  jenis- jenis pengelolaan usaha.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang jenis-jenis  pengelolaan usaha

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang jenis-jenis pengelolaan usaha

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

Tugas :

  • Diskusi kelompok
  • Membuat notula
  • Merangkum hasil diskusi

 

Observasi

Cecklis lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Tes :

Test tertulis bentuk uraian / ganda

 

 

20
3.3.  Mengidentifikasi modelpemasaran

 

4.3.  Mengklasifikasikan berbaga

model pemasaran

 

Model-model pemasaran

  • Agraris
  • Ekstaktif
  • Industri
  • Perdagangan
  • Jasa

 

 

MengamatiMembaca langkah-langkah observasi pasar dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal tentang langkah langkah observasi pasar.

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang langkah-langkah observasi pasar

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang langkah-langkah observasi pasar

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

 

ObservasiCeklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Membuat pola salah satu model perusahaan

20 SUMBER

  • Kotler Manajemen pemasaran terjemahan (Jilid 1.PT prehalindo jakarta
  • Buku Pengelolaan usaha SMK
  • Internet

 

3.4  Mendeskrifsikan cara  penyusunan proposal

4.4 Mengevaluasi cara penyusunan proposal

 

Menyusun Proposal Usaha

  • Menyusun proposal usaha
  • Presentase usaha

 

MengamatiMembaca langkah-langkah penyusunan proposal dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan penyusunan proposal

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang langkah-langkah penyusunan proposal

 

Asosiasi

  • Mempresentasekan hasil pembuatan proposal usaha
  • Mengumpulkan proposal usaha dalam bentul laporan

 

 

ObservasiCeklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Mempresentasekan hasil proposal usaha

24
  • Kotler Manajemen pemasaran terjemahan (Jilid 1.PT prehalindo jakarta
  • Buku Pengelolaan usaha SMK
  • Cara Penyusunan proposal

 

3.5  Mendiskripsikan  prosedur      pengurusan surat izin usaha

4.5 Mengklasifikasikan prosedur surat izin usaha

Mengurus surat izin usaha

  • Petunjuk tehnis pengurusan surat izin usaha
  • Mempersiapkan dokume-dokumen

 

MengamatiMembaca prosedur pengurusan surat izin usahal dari buku sumber

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan pengurusan surat izin usaha

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang langkah-langkah pengurusan surat izin usaha

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang pengurusan surat izin usaha

 

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab cara-cara  pengurusan Surat izin Usaha

Mengumpulkan contoh  Surat izin Usaha

 

ObservasiCeklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Portofolio

Contoh-contoh surat izin usaha

 

Tes

Mengisi format pengurusan surat izin usaha

24
  • Kotler Manajemen pemasaran terjemahan (Jilid 1.PT prehalindo jakarta
  • Buku Pengelolaan usaha SMK
  • Internet

 

3.6  Mengidentifikasi  tehnik memperoleh modal usaha

4.6  Mengklasifikasikan tehnik  memperoleh modal usaha

Modal Usaha

  • Syarat-syarat mendapatkan modal usaha
  • Lembaga penyedia modal usaha

 

MengamatiMembaca Tehnik memperoleh modal usaha dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan modal usaha

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi tentang tehnik memperoleh modal usaha

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang tehnik memperoleh modal usaha

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawa

 

ObservasiCeklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

 

Tes

Tes tertulis bentuk uraian

20
  • Kotler Manajemen pemasaran terjemahan (Jilid 1.PT prehalindo jakarta
  • Buku Pengelolaan usaha SMK
  • Internet

 

3.7 Mengidentifikasi  tempat usaha yang strategis.

 

Tempat Usaha

  • Persyaratan Usaha
  • Peluang Usaha

 

MengamatiMembaca langkah-langkah persyratan usaha dari buku sumber yang relevan.

 

Menanya

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan persyratan dan peluang usaha

 

Eksperimen/explore

Mengumpulkan berbagai  informasi persyaratan kelayakan usaha dan peluangnya

 

Asosiasi

Menguraikan kembali   informasi tentang kelayakan usaha dan peluang usaha

Komunikasi

Memberikan pendapat masukan Tanya jawab selama proses diskusi

 

ObservasiCeklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok

 

Portofolio

Laporan tertulis

 

Tes

Mengisi format persyratan usaha

24
  • Kotler Manajemen pemasaran terjemahan (Jilid 1.PT prehalindo jakarta
  • Buku Pengelolaan usaha SMK
  • Internet

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s