SILABUS MATA DIKLAT PERENCANAAN PEMASARAN, DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                     :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN    :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                  :   DASAR PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN (C2)

MATA PELAJARAN                 :  PERENCANAAN PEMASARAN

KELAS/SEMESTER                 :  X/ 2DAN  3

ALOKASI WAKTU                   :    x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1    :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2    :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3    :   Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4    :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2    Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3    Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

         
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2     Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan          
3.1    Mendiskripsikan Dasar Perencanaan Pemasaran

4.1    Mempresentasikan Dasar Perencanaan Pemasaran

 

Dasar perencanaan pemasaran

  • Pemasaran dan penjualan
  • Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
  • Mengidentifikasi klasifikasi produk
  • Membuat penyusunan daftar konsumen (pasar sasaran)
  • Mengidentifikasi motif pembelian
  • Memahami pengambilan keputusan konsumen

 

Mengamati:Mempelajari buku teks maupun sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang dasar-dasar perencanaan pemasaran.

 

Menanya :

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang motif pembelian dan pengambilan keputusan konsumen

 

Mengeksplorasi:

  • Mengkomunikasikan hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang perencanaan pemasaran yang berorientasi pada konsumen

 

Mengasosiasi :

  • Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan perencanaan pemasaran

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang perencanaan pemasaran dan mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan.

 

Observasi :Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat llaporan dasar perencanaan pemasaran.

 

Diskusi :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan konsep perencanan pemasaran

 

Portofolio :

Menilai portofolio peserta didik tentang hasil pembahasan / laporan dasar-dasar perencanaan pemasaran

 

Test Subyektif :Test tertulis/ essay

Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menganalisis dasar-dasar perencanaan pemasaran.

4 * 3 JP Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

 

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

 

3.2    Mendiskripsikan teori perencanan pemasaran

4. 2   Mempresentasikan Teori perencanaan Pemasaran

 

Teori Perencanaan Pemasaran

  • Manfaat perencanaan pemasaran
  • Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaran
  • Perencanaan Produk baru

 

 

 

 

 

 

MengamatiMempelajari buku teks maupun sumber lain tentang teori dan tipe-tipe perencanaan pemasaran

Menanya

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang langkah-langkah dalam mlaksanakan memahami teori perencanaan pemasaran.

 

Mengekplorasikan

Mengkomunikasikan hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang keterkaitan dalam melakukan analisa pasar

 

Asosiasi

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi tentang teori perencanaan pemasaran.

 

Komunikasi

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang perencanaan pemasaran dan manfatnya dalam perusahaan serta mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan.

ObservasiMengamati kegiatan peserta didik dalam proses membuat laporan

 

Portofolio

Menilai portofolio peserta didik tentang hasil pembahasan/laporan dalam menganalisis teori perencanaan pemasaran

 

Tes Obyektif

Pilihan Ganda untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memamahi dan mengaanalisis teori perencanaa pemasaran

4 * 3JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

3.3    Menjelaskan Perencanaan Penetapan Harga

4.3    Menyusun Perencanaan Penetapan Harga

Perencanaan Penetapan Harga :

  • Lingkungan Pemasaran
  • Perencanaan Penetapan harga jual
  • Metode Penetapan Harga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati :Mempelajari buku teks maupun sumber lain tentang tujuan dan manfaat penetapan harga

 

Menanya:

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang bagaimana melakukan dan menerapkan metode penetapan harga

 

Mengeksplorasi:

Mengkomunikasikan hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang keterkaitan, tujuan dan manfaat penetapan harga dengan perusahaan.

 

Mengasosiasi :

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi yang diperoleh dari sumber tentang metode penetapan harga.

 

Mengokomunikasikan :

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang diskusi tentang pengertian, tujuan dari metode penetapan harga serta mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan.

Observasi: mengamati kegiatan peserta ddik dalam proses mengumpulkan, menganalisisi data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai portofolio peserta didik tentang metode  penetapan harga.

 

Test Subyektif: tes tertulis atau uraian essay.

Menilai kemampuan peserta ddik dalam memahami dan menganalisis perencanaan penetapan harga.

 

  5  x 3 JP Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

 

3.4   Mendiskripsikan rencana pemasaran

4.4  Menerapkan Rencana Pemasaran

Merumuskan rencana Pemasaran:

  • Tujuan Perusahaan
  • Merumuskan rencana pemasaran
  • Langlah-langkah Rencana Pemasaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati:Mempelajari buku teks maupun sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang merumuskan Rencana Pemasaran

 

Menanya:

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang bagaimana menentukan merumuskan Rencana Pemasaran

 

Mengeksplorasi:

Mengkomunikasikan : hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan dalam menyusun rencana pemasaran.

 

Mengasosiasi:

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber rumusan rencana pemasaran.

 

Mengomunikasikan :

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang bagaimana cara menyusun rencana pemasaran ( Marketing Plan)

Mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan

Diskusi :Membimbing kelompok dalam menyajikan / mempresentasikan hasilnya dan menilai presentasi/diskusi serta menemukan simpulan bersama.

 

Observasi :

Mengamati kegiatan peserta didik dalam pross mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan.

 

Portofolio

Menilai portofolio peserta didik / hasil menyusun rencana pemasaran

 

Test Obyektif :

Pilihan Ganda untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyusun rencana pemasaran

6 * 3 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

 

 

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

 

3.5    Mendiskripsikan perencanaan produk dan distribusi

4.5    Menerapkan perencanaan produk dan distibusi

Perencanaan produk dan distribusi :

  • Tujuan perencanaan produk
  • Tahapan perencanaan produk
  • Distribusi Produk
MengamatiMempelajari buku teks maupun sumber lain (bahan dari internet dan kliping ) tentang perencanaan produk dan distribusi.

 

Menanya

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang bagaimana menentukan perencanaan produk dan distribusi

 

Mengeksplorasikan :

Mengkomunikasikan hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan dalam menyusun perencanaan produk dan distribusi

 

Mengasosiasikan

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber rumusan perencanaan produk dan distribusi

 

Komunikasi

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang bagaimana cara menyusun perencanaan produk dan distribusi dan mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan.

Diskusi :Membimbing kelompok dalam menyajikan/ mempresentasikan hasilnya dan menilai presentasi / diskusi serta menemukan simpulan bersama.

 

Observasi

Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan.

 

Portofolio

Menilai laporan peserta didik / hasil perencanaan produk dan distribusi

 

Tes obyektif

Pilihan ganda untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyusun perencanan produk dan distribusi

12 * 3 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

 

3.6    Menjelaskan teknik-teknik promosi

4.6    Menerapkan teknik-teknik promosi

Teknik Promosi

  • promosi dan baurun promosi (promotion Mix)
  • Strategi Promosi

 

MengamatiMempelajari buku teks maupun sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang promosi dan bauran promosi/promotion Mix)

 

Menanya

Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang bagaimana menentukan teknik promosi.

 

Mengeksplorasikan :

Mengkomunikasikan hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi promosi dan bauran promosi (promotional Mix)

 

Mengasosiasikan

Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber tentang promosi dan bauran promosi (promotional Mix)

 

Mengkomunikasikan

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian, pemilihan promosi dan bauran promosi (promotional Mix) Mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk laporan.

 

Diskusi :Membimbing kelompok dalam menyajikan/ mempresentasikan hasilnya dan menilai presentasi /diskusi serta menemukan simpulan bersama.

 

Observasi

Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan.

 

Portofolio

Menilai laporan peserta didik tentang pemilihan promosi dan bauran promosi (Promotional

Mix)

 

Tes obyektif :

Test tertulis / lisan menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menganalisis pemilihan promosi dan bauran promosi (promotional Mix)

7 * 3 JP 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  •  Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran analisis Pemasaran dan implementasi Jilid 1 dan II, Edisi Ke sebelas , Jakarta.
  • Dra. Devi Puspitasari M.Pd. Pemasaran Barang dan Jasa Aryaduta 2010
  • BSE Penjualan Dra. Devi Puspitasari M.Pd, Depdiknas.

MEDIA :

Silabus, RPP Teks Book, Tugas Terstruktur, Diktat/Modul, Slide Presentasi.

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s