SILABUS MATA DIKLAT STRATEGI PEMASARAN, DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) PEMASARAN SMK, KURIKULUM 2013

ATAU BISA DIUNDUH di sini

SILABUS

 

NAMA SEKOLAH                    :  SMK NEGERI 1 UDANAWU

KOMPETENSI KEAHLIAN   :   PEMASARAN

PAKET KEAHLIAN                 :   DASAR PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN (C2)

MATA PELAJARAN                :  STRATEGI PEMASARAN

KELAS/SEMESTER                 :  X/ 2DAN  3

ALOKASI WAKTU                   :    x 45 menit

 

Kompetensi Inti*

KI.1    :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI.2    :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI.3    :   Memahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI.4    :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1     Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya1.2     Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi2.2  Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.1   Memahami Teknik dan Strategi Pemasaran

4.1.  Mengevaluasi teknik dan strategi pemasaran

Tekhnik dan strategi pemasaran

  1. Pengertian Tekhnik dan strategi pemasaran
  2. Strategi Pemasaran

 

Mengamati: Mempelajari buku teks maupun sumber lain ( bahan dari internet dan klipping ) tentang tehnik dan strategi pemasaran

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teknik dan strategi pemasaran melalui diskusi

 

Mengeksplorasi:

Menentukan teknik – teknik dan setrategi pemasaran  yang berorientasi pada konsumen

 

Mengasosiasi :

Membandingkan dan mengevaluasi teknik – teknik dan setrategi pemasaran  yang berorientasi pada konsumen kemudian diambil sebuah kesimpulan

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang teknik dan setrategi pemasaran  yang berorientasi pada konsumen dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang teknik dan strategi pemasaran dalam bentuk obyektif dan uraian

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan teknik dan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang teknik dan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen

 

 

 

4 x 4 jp Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.2   Mendiskripsikan Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)

4.2.  Merencanakan strategi  bauran pemasaran

 

Strategi Bauran Pemasaran :

  1. Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix)
  2. Penerapan marketing mix
Mengamati: Mempelajari Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix) dari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Strategi Bauran Pemasaran  (melalui Diskusi)

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang Bauran Pemasaran (marketing mix)

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan strategi bauran pemasaran

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang strategi bauran pemasaran dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang bauran pemasaran

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan bauran pemasaran (marketing Mix)

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasitentang rencana strategi bauranpemasaran (marketing mix) produk tertentu

 

6 X 4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.3   Memahami pendeferensiasian dan memposisikan produk dan merk

4.3.  Mendeferensiasikan dan memposisikan produk dan merk

 

Deferensiasi dan positioning produk dan merk

  1. Deferensiasi produk
  2. Strategi dan deferensiasi produk
  3. Deferensiasi merk
  4. Strategi penetapan merk
Mengamati: Mempelajari Deferensiasi dan positioning produk dan merk dari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Deferensiasi dan positioning produk dan merk

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang Deferensiasi dan positioning produk dan merk

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan Deferensiasi dan positioning produk dan merk

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang Deferensiasi dan positioning produk dan merk dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang bauran pemasaran

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan Deferensiasi dan positioning produk dan merk

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang Deferensiasi dan positioning produk dan merk

produk tertentu

 

5 X 4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.4   Memahami pendeferensiasian dan memposisikan Penawaran pasar

4.4.  Mendeferensiasikan dan memposisikan Penawaran pasar

 

Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

  1. Citra perusahaan
  2. Diferensiasi personil
  3. Deferensiasi saluran
  4. Posisi penawaran pasar
Mengamati: Mempelajari Deferensiasi dan posisi penawaran pasardari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang Deferensiasi dan posisi penawaran pasar

 

4 X 4 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.5   Memahami proses pengembangan produk baru

4.5.  Menganalisis pengembangan produk baru

 

Proses pengembangan produk baru :

  1. Pemunculan ide
  2. Penyaringan Ide
  3. Pengembangan produk
  4. Analisis Bisnis
Mengamati: Mempelajari Proses pengembangan produk baru dari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Proses pengembangan produk baru

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang Proses pengembangan produk baru

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan Proses pengembangan produk baru

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang Proses pengembangan produk baru dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang Proses pengembangan produk baru

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan Proses pengembangan produk baru

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang Proses pengembangan produk baru

6 X 4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.6   Memahami proses perencanaan strategi produk produk

4.6.  Menganalisis proses perencanaan strategi produk produk

 

Perencanaan strategi produk :

  1. Analisis situasi
  2. Penentuan Tujuan
  3. Penentuan sasaran pasar
  4. Penentuan Anggaran
  5. Penetapan strategi produk
  6. evaluasi
Mengamati: Mempelajari Perencanaan strategi produk dari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Perencanaan strategi produk

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang Perencanaan strategi produk

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan Perencanaan strategi produk

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang Perencanaan strategi produk

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang Perencanaan strategi produk

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan Perencanaan strategi produk

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang

Perencanaan strategi produk

6 x 4 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

3.7   Memahami  strategi Product  life cycle 

4.7.  Mengelola strategi product life cycle

  1. Tahap perkenalan
  2. Tahap pertumbuhan
  3. Tahap kedewasaan
  4. Tahap penurunan
Mengamati: Mempelajari strategi Product  life cicle  dari buku teks atau buku sumber yang relevan.

 

Menanya :

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan strategi Product  life cicle

 

Mengeksplorasi:

Mengumpulkan data /informasi tentang strategi Product  life cicle

 

Mengasosiasi :

Menganalisis dan menyimpulkan strategi Product  life cicle

 

Mengomunikasikan:

Menyampaikan/mempresentasikan  hasil kesimpulan tentang strategi bauran pemasaran dalam bentuk laporan

Tes tertulis:Menilai kemampuan kognitif tentang strategi Product  life cicle

 

Unjuk kerja :

Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam  menyajikan strategi Product  life cicle

 

Penilaian produk :

Menilai laporan dan bahan presentasi tentang strategi Product  life cicle

7 x 4 JP Sumber

  1. Ngadiman, dkk Marketing Jilid Dirt. Jend SMK, 2008
  2. Dra. Sumartini “Pemasaran” Jilid I Penerbit Angkasa Bandung  1995
  3. Kotler Manajemen (terjemahan) PT. Prehallindo, Jakarta

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s