PERANGKAT MENGAJAR / ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PELAJARAN PRODUKTIF PEMASARAN SMK (free download)

perangkat-adm-pembelajaranGuru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Seorang guru profesional harus memiliki Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.
guna kelancaran tugas guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, seorang guru harus memiliki berbagai administrasi pembelajaran yang meliputi :
1) Silabus
2) Kalender Pendidikan
3) ProgramTahunan
4) Program Semester
5) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
6) Analisis KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal
7) Kisi-kisi Soal
8) Bank Soal
9) Analisis Butir Soal
10) Analisis Hasil Ulangan
11) Program/Pelaksanaan Perbaikan
12) Program/Pelaksanaan Pengayaan
13) Daftar Nilai
14) Laporan Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian Siswa
15) Buku Tugas Terstruktur
16) Buku Tugas Mandiri
17) Jadwal Mengajar

Silabus pada dasarnya merupakan rencana pembelajaran jangka panjang pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pem-belajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus sebagai suatu rencana pembelajaran diperlukan sebab proses pembe-lajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. kalender Pendidikan biasanya dikeluarkan oleh pusat, menyesuaikan dengan kalender masehi pada tahun itu. Namun, biasanya, kalender pendidikan dari pusat, untuk download kalender pendidikan tahun pelajaran 2014/2015 dapat download disini

kalender pendidikan 1kalender-pendidikan-2014-2015

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan, untuk download contoh Prota, Alokasi Waktu dan Promes pengantar ekonomi dan Bisnis dapat dilakukan di sini

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s