RPP KD 1 PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS, KELAS 2 PEMASARAN SMK KURIKULUM 2013

UNTUK FORMAT YANG LEBIH LENGKAP DISEDIAKAN LINK DOWNLOAD DI BAWAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                : SMK  Negeri 1 Udanawu Blitar

Mata Pelajaran               : Dasar Bidang Keahlian (Pengantar Ekonomi dan Bisnis)

Kelas/Semester               : XI / Ganjil

Pertemuan ke                 ­: 1 s.d 3

Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit @jp

Materi Pokok                 :  Pasar Persaingan Sempurna

 

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  3. Menghayatidan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

  1. Kompetensi Dasar.

1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan

3.1 Mendeskripsikan pengertian, ciri, sistem harga dan peranan bentuk pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian.

4.1 Mengevaluasi pengaruh bentuk pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian masyarakat

 

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi

Kognitif

  • Menyebutkan pengertian pasar persaingan sempurna.
  • Mendeskripsikan ciri dan karakteristik pasar persaingan sempurna.
  • Mendeskripsikan sistem pembentukan harga dan keseimbangan bentuk pasar persaingan sempurna.
  • Menjelaskan peranan pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian.
  • Menyebutkan kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna

Psikomotor

  • Mengevaluasi pengaruh bentuk pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian masyarakat.
  • Menggambarkan dengan kurva terbentuknya harga keseimbangan pada pasar persaingan sempurna.

Afektif

  • Melakukan kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan nilai-nilai keimanan dengan menerapkan nilai-nilai sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  • Menunjukkan berbagai sikap ilmiah dan memperhatikan keselamatan kerja dalam kegiatan pembelajaran baik teori maupun praktek.

 

  1. Tujuan Pembelajaran :

Kognitif

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian pasar persaingan sempurna.
  • Siswa mampu mendeskripsikan ciri dan karakteristik pasar persaingan sempurna.
  • Siswa mampu mendeskripsikan sistem pembentukan harga dan keseimbangan bentuk pasar persaingan sempurna.
  • Siswa mampu menjelaskan peranan pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian.
  • Siswa mampu menyebutkan kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna

Psikomotor

  • Siswa mampu mengevaluasi pengaruh bentuk pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian masyarakat.
  • Siswa mampu menggambarkan dengan kurva terbentuknya harga keseimbangan pada pasar persaingan sempurna.

Afektif

  • Siswa mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan nilai-nilai keimanan dengan menerapkan nilai-nilai sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  • Siswa mampu menunjukkan berbagai sikap ilmiah dan memperhatikan keselamatan kerja dalam kegiatan pembelajaran baik teori maupun praktek.

 

  1. Materi Pokok :
  2. Pengertian pasar persaingan sempurna.
  3. Ciri dan karakteristik pasar persaingan sempurna.
  4. Sistem pembentukan harga dan keseimbangan bentuk pasar persaingan sempurna.
  5. Peranan pasar persaingan sempurna terhadap perekonomian.
  6. Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna

 

  1. Metode Pembelajaran

       Pendekatan      :    Scientific (Keterampilan Proses dan Kooperatif)

Model              :    Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode            :    discovery dan diskusi 7

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran :
No Kegiatan Pembelajaran Waktu Penilaian
1 2 3
1 Pendahuluan

  1. Orientasi
  2. Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.
  3. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
  4. Apersepsi
  5. Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
  6. Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
  7. Motivasi
  8. Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
  9. Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
  10. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.
2 Kegiatan Inti

  1. Eksplorasi

Menjelaskan materi tentang segmentasi pasar .

b. Elaborasi

  1. Membagi siswa menurut kelompok berjumlah 4-5 siswa
  2. Memberikan materi diskusi
  3. Membimbing pelaksanaan diskusi
  4. Mengarahkan untuk membuat kesimpulan.
  5. Menunjuk beberapa kelompok untuk presentasi di depan kelas
  6. Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
  7. Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
  8. Konfirmasi
  9. Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya.
  10. Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
  11. Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
3 Penutup

  1. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
  2. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
  3. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
  4. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

 

     

 

  1. Sumber Belajar.
  2. Prathama Rahardja, Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi&Makroekonomi) Ed.3, , Gramedia : Jakarta.
  3. Nopirin Pengantar Ilmu Ekonomi Makro & Mikro (Edisi 1), Penerbit: BPFE Yogyakarta
  4. Eeng Ahman, 2008, Ekonomi untuk SMA dan MA, Grafaindo :Bandung
  5. Sumber Internet

 

  1. Media Pembelajaran
  2. Makalah download dari internet.
  3. Materi presentasi dengan power point

 

  1. PENILAIAN HASIL BELAJAR
  2. Teknik Penilaian :
  3. Tes tertulis
  4. Penugasan / tes perbuatan
  5. Bentuk Instrumen :
  6. Tes.
  7. Uraian
  8. Soal Essay
  9. Non Tes

Lembar pengamatan diskusi
Mengetahui                                                                       Blitar,   16  Juli 2014

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran
HARTOYO, M.M., M.Pd.                                                 Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 195701011982031029                                              NIP. 197410072009011005

RPP DI ATAS DAPAT DIUNDUH di sini

RPP Kelas X Pengantar Ekonomi Dan Bisnis:

Topik 2 Kelangkaan dan cara mengatasi kelangkaan dapat diunduh di sini

Topik 3 Masalah pokok ekonomi dan pemecahannya melalui sistem ekonomi di sini

%MCEPASTEBIN%

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s