ATAU BISA DIUNDUH di sini
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 UDANAWU
KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN
PAKET KEAHLIAN : DASAR PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN (C2)
MATA PELAJARAN : PEMASARAN ON-LINE
KELAS / SEMESTER : X / 2 DAN 3
ALOKASI WAKTU : x 45 menit
KOMPETENSI INTI*
KI. 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3 : Mahami dan menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI. 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Watu | Sumber Belajar |
1.1 | Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya | |||||
1.2 | Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam | |||||
1.3 | Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari | |||||
2.1 | Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi | |||||
2.2 | Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan | |||||
3.1
4.1 |
Memahami konsep Pemasaran On-line
Memresentasikan konsep Pemasaran on-line
|
|
Mengamati:
Pengertian, manfaat, komponen dan cara kerja Pemasaran On-Line. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan Pengertian, manfaat, komponen dan cara kerja Pemasaran On. Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian, manfaat, komponen dan cara kerja Pemasaran On-Line.
Mengkomunikasikan: Penerapan dan pemanfaatan Pemasaran on-line. |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian, manfaat, komponen dan cara kerja Pemasaran On-Line. secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Portofolio : Menilai sumber-sumber informasi resmi yang dijadikan sebagai sumber pengambilan konsep pemasaran on-line.
|
2 x 4 JP |
|
3.2
4.2 |
Memahami pembuatan Website
Membuat Website
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan tentang kesulitan membangun website.
Mengeksplorasi: Berbagai metode dan cara membangun website.
Mengasosiasi : Menganalisis dan menyimpulkan prosedur standar membangun sebuah website.
Mengkomunikasikan: Uji aplikasi dan publikasi website.
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian dan jenis-jenis Website secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai antusiasme dan kepedulian ingin tahu siswa.
Penilaian produk : Menilai hasil rancang bangun website yang siap diaplikasikan.
Portofolio : Menilai bukti-bukti persiapan secara teori (Software), dan perangkat (Hardware) yang dipersyaratkan sebelum membangun sebuah Website
|
4 x 4 JP |
|
3.3
4.3 |
Memahami mesin pencari dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO)
Menggunakan mesin pencari dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO)
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan SEO.
Mengeksplorasi: Mengumpulkan data/informasi tentang standar penerapan SEO.
Mengasosiasi : Menganalisis dan menyimpulkan informasi yang benar tentang SEO
Mengkomunikasikan: Langkah-langkah membuat SEO standar.
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian SEO, cara kerja, dan strategi mebuat SEO, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai ketelitian siswa dalam mengikuti runut langkah pembuatan SEO
Produk : Menilai pengaruh key word terhadap pembuatan SEO.
|
3 x 4 JP |
|
3.4
4.4 |
Memahami Pemasaran On-line dengan menggunakan / memanfaatkan Media Sosial.
Menerapkan Pemasaran on-line dengan menggunakan / Memanfaatkan Media sosial
|
|
Mengamati:
Pengertian dan penggunaan media sosial Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kesulitan menggunakan Link in, media Audio Video. Meningkatkan pangsa pasar dengan media sosial.
Mengkomunikasikan: Mengupload tampilan suatu produk melalui media sosial.
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif siswa tentang Pengertian media sosial secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Terapan pemasaran on-line dengan menggunakan media sosial.
Portofolio : Ketersediaan perangkat.
|
3 x 4 JP |
|
3.5
4.5 |
Memahami Pemasaran On-line dengan menggunakan E-mail
Menerapkan Pemasaran on-line dengan menggunakan E-mail
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan cara membuat E-mail dengan format website. Optimalisasi manfaat E-mail mempengaruhi pasar. Menganalisis dan menyimpulkan fungsi dan manfaat E-mail. Menupload tampilan suatu Produk melalui E-mail. |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian E-mail, jenis-jenis e-mail, cara membuat dan manfaat e-mail, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Penilaian produk : Aplikasi E-mail yang dibuat dengan format website.
|
3 x 4 JP |
|
3.6
4.6 |
Memahami iklan PPC menggunakan Google
Menerapkan iklan PPC menggunakan Google
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan penulisan key word. Kode key word optimasi iklan yang optimal dan bervareasi
Mengasosiasi : Mengunggah key word optimasi iklan melalui Google. Mengkomunikasikan: Sosialisasi biaya PPC. |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang penulisan key word optimasi secara objektif dalam bentuk uraian.
Unjuk kerja : Menilai konteks tampilan optimasi iklan PPC. Tampilan konteks iklan yang menarik.
|
3 x 4 JP |
|
3.7
4.7 |
Mendiskripsikan iklan on-line
Membuat iklan on-line
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan vareasi dan konten iklan On-line . Optimalisai konten dan tampilan iklan on-line.
Mengasosiasi : Menjual iklan. Publikasi ROI uptodate.
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian dan jenis-jenis iklan On-Line, sesuai dengan tampilan dan konten iklan,secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Penilaian produk : Menilai publikasi sebuah iklan on-line dengan tampilan menarik, stabil, cepat dan bervareasi.
Portofolio : Menilai kumpulan jenis-jenis iklan berdasarkan rangking ROI.
|
3 x 4 JP |
|
3.8
4.8 |
Memahami Pemasaran dalam E-Commerce
Menerapkan Pemasaran dalam E-Commerce
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian E-Commerce
Mengeksplorasi: Mengembangkan penerapan Pemasaran On-line dengan E-Commerce melalui Aplikasi pemasaran lainnya. Penerapan Pemasaran On-line dengan E-Commerce dan aplikasi standar
Mengkomunikasikan: Publikasi dan pemanfaatan penerapan Pemasaran On-line dengan E-Commerce. |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang Pengertian E-Commerce, Afiliasi dan penggunaan aplikasi pemasaran, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai kemampuan praktik siswa membuat pemasaran on-line dengan E-Commerce.
Penilaian produk : Aplikasi pemasaran on-line siap pakai.
|
3 x 4 JP |
|
3.9
4.9 |
Memahami Pemasaran melalui situs mobile
Menerapkan pemasaran dengan situs mobile
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan cara menggunakan aplikasi melalui situs mobile. Mengumpulkan jenis-jenis situs mobile yang lebih bermanfaat dikunjungi. Menganalisis pemanfaatan situs mobile dalam melalkukan pemasaran.
Mengkomunikasikan: Pemanfaatan situs mobile |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang marketing mobile, website mobile, dan situs mobile, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai kemampuan praktik siswa menyajikan pemasaran on-line dengan menggunakan perangkat , website, dan situs mobil.
Penilaian produk : Penerapan pemasaran on-line dengan menggunakan perangkat mobile.
|
3 x 4 JP |
|
3.10
4.10 |
Memahami afiliasi Pemasaran
Menerapkan afiliasi pemasaran
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan cara membangun Program Afiliasi. Menjual iklan setelah ber afiliasi.
Mengasosiasi : Menetapkan persetujuan afiliasi. Mengkonfirmasi dan mempublikasikan persetujuan afiliasi. |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang pengertian , sejarah, dan cara melakukan afiliasi, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai kemampuan praktik siswa menyajikan cara membuat afiliasi.
Portofolio :
|
3 x 4 JP |
|
3.11
4.11 |
Memahami adsense dan Blogging
Menerapkan adsense dan blogging
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan tentang adsense dan penempatan posisi iklan di blogg. Tips tercepat menampilkan iklan di blog. Menentukan prasyarat adsense dan blog standar. Blog dipublikasi di Internet.
|
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang pengertian adsense dan blog, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai kemampuan praktik siswa membangun adsense dan blog.
Penilaian produk : Pendaftaran dan pengakuan adsense dan interface blog.
|
3 x 4 JP |
|
3.12
4.12 |
Memahami strategi membuat Pemasaran on-line
Menerapkan strategi Pemasaran on-line
|
|
Mengamati:
Menanya : Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan strategi konten untuk menarik pengunjung. Tips strategi meningkatkan motivasi berkunjung dan bertransaksi online. Menampilkan konten menarik.
Mengkomunikasikan: Publikasi pelayanan terbaik |
Tes tertulis:
Menilai kemampuan kognitif tentang pengertian pasar, kompetitor, dan strategi konten Pemasaran On-Line, secara objektif dalam bentuk uraian tulis.
Unjuk kerja : Menilai kemampuan praktik siswa menyajikan strategi pemasaran on-lin.
Penilaian produk : Tampilan konten interface yang tampak.
|
3 x 4 JP |
|
%MCEPASTEBIN%