RPP MENAGIH PEMBAYARAN HASIL PENJUALAN, PEMASARAN SMK

ATAU BISA DI UNDUH di sini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                  : SMK Negeri 1 Udanawu Blitar
Mata Pelajaran                 : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester                : XI / 1
Pertemuan ke                   : 1 s.d 12
Alokasi Waktu                   : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi         : Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar             : Mengidentifikasikan klausul klausul perjanjian
Indikator                             : ¬- Arti klausul diidentifikasi
– Arti perjanjian jual beli dipahami Tujuan pembuatan klausul disebutkan kembali
– Subjek dan objek dibedakankan dalam perjanjian
– Klausul perjanjian jual beli dibaca dan dipelajari kembali, seperti
jatuh tempo, pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran
– Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan,
apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli
– Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk
kemudahan menghubungi pelanggan

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
• Mengidentifikasi arti Klausul Perjanjian
• Memahami Arti perjanjian jual beli
• Menyebutkan Tujuan dibuat Klausul dalam perjanjian jual beli
• Membedakan Subyek dan Obyek Perjanjian jual beli
• Mengetahui Isi dari pada Klausul perjanjian jual beli
• Mengkonfirmasikan pembayaran pelanggan kebagian keuangan, berdasarkan barang yang terjual
• Menyusun daftar pelanggan yang jatuh tempo berdasarkan zona tempat tinggal

II. Materi Pokok :
• Arti Klausul
• Arti perjanjian jual beli
• Tujuan perjanjian jual beli
• Isi perjanjian jual beli
• Subjek dan objek perjanjian jual beli
• Masa berlaku perjanjian jual beli
• Jatuh tempo perjanjian jual beli

III. Metode Pembelajaran :
• Penugasan
• Diskusi kelompok @ 5 orang
• Ceramah
• Presentasi
• JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE ¬1- 3
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
(2) Kegiatan Inti :
1. Pembagian kelompok
2. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
3. Peserta didik membaca tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli, dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
4. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti klausul arti perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli
5. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli untuk dipresentasikan
6. Presentasi oleh masing-masing kelompok
7. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
8. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
9. Contoh-contoh surat perjajian jual beli untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
10. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui arti klausul
2. Mengetahui arti perjanjian jual beli
3. Menyebutkan tujuan dibuat klausul dalam perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersamasama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

PERTEMUAN KE – 4 – 6
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan obek perjanjian jual beli
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli untuk dipresentasikan
5. Presentasi oleh masingmasing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Isi perjanjian jual beli
2. Subjek dan objek perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE – 7 – 9
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli, dan sanksi keterlambatan dalam perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli dan sanksi keterlambatan
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat klausul perjanjian jual beli.
4. Guru bertindak sebagai pembimbing
5. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
6. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Masa berlaku perjanjian jual beli
2. Jatuh tempo dan sanksi keterlambatan
(3) Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo dan sanksi keterlambatan.Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
1. Alat/Bahan : ¬
• Alat tulis
• Alat peraga
• Format dan formulir perjanjian jual beli
• Bea materai
• Laptop dan LCD Proyektor
2. Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
• Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
• Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
Mega
• Internet dan CD Pembelajaran

VI. Penilaian :
1. Jenis test :
¬ Test lisan ( pre test )
¬ Test Perbuatan
¬ Test Tertulis
2. Bentuk test :
¬ Pilihan Ganda
¬ Uraian

Contoh test awal ( lisan )
a. Pernahkah anda mendengar istilah klausul, istilah perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli ?
b. Minggu yang lalu anda telah mempelajari arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan jual beli, coba sebutkan!
c. Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu

Contoh test perbuatan (proses)
Buatlah klausul perjanjian jual beli
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat klausul perjanjian.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No Nama Siswa Aspek Penilaian Kompeten Belum Kompeten
Keseuaian Materi Pengeta huan Ketram pilan Sikap Jumlah
1 AAAA 3 2 2 2 9 V
2 BBBB 2 1 1 1 5 V
3
4 Dst……..
Nilai Maksimal 4 2 2 2

Keterangan :
a. Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b. Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
Contoh 1.
1. Persetujuan atau kesepakatan tertulis atau lisan yang dibuat oleh pihak penjual dan pembeli yang isinya mengandung makna persyaratan jual beli yang harus ditaati oleh kedua belah pihak selaku penjual dan pembeli disebut ….
a. klausul
b. transaksi
c. perjanjian
d. bukti otentik
e. perjanjian jual beli
2. Membuat contoh surat perjanjian jual beli berdasarkan data dibawah ini :
Penjual : Adisti Puspitasara SE, manager penjualan PT. Murah Hati. Alamat Jln Cipulir I Keb Lama Jakarta Selatan
Pembeli : Septiani Melia SH. Manager Pembelian CV. Baik Hati.
Jln. Alamanda Raya Jakarta
Barang yang dijual : Sepeda motor merek Honda Supra – X tahun 2008.
No mesin Smk 15072008 ,
No Rangka Ksm 20080715
Warna merah marun,
No polisi B 1208 SLH
Syarat pembayaran : Harga Rp. 15.000.000,00.
Pembayaran dilakukan secara tunai setelah barang diterima

Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal Nomor / Jumlah soal Bobot Nilai Jumlah
PG 1 – ¬25 2 50
Uraian 1 (perjanjian Jual beli) 50 50
Jumlah 100

Mengetahui                                                                                  Blitar, Juli 2011
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                             Guru Mata Pelajaran

 

Drs. HARTOYO, M.M.                                                                Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570101198203029                                                         NIP. 197410072009011005

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP)

Nama Sekolah                   : SMK N 1 Udanawu
Mata Pelajaran                  : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester                 : XII /1
Pertemuan ke                     : 10 s/d 21
Alokasi Waktu                     : x 45 menit
Standar Kompetensi           : Menagih Pembayaran (hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar               : Melakukan kontak dengan dengan pelanggan
Indikator                               : – Daftar pelanggan yang telah disusun, disiapkan, dan diperiksa
kembali untuk kemudahan menghubungi pelanggan
– Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan
– Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran
– Pembayaran Pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
– Menyusun daftar pelanggan pelanggan berdasarkan tanggal transaksi
– Berkomunikasi secara lisan dan tertulis kepada pelanggan menjelaskan cara cara pembayaran yang sesuai dengan surat perjanjian
– Membuat konfirmasi kebagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli

II. Materi Pokok :
– Daftar pelanggan
– Komunikasi lisan atau tertulis
– Prosedur pembayaran dalam klausul
– Informasi bagian keuangan

III. Metode Pembelajaran :
– Penugasan
– Ceramah
– Simulasi
– Demontrasi
– JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE ¬ 10 – 11
A. Kegiatan Awal
1. Salam , absensi dan penjelasan dan pre test tentang klausul-klausul perjanjian
2. Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
B. Kegiatan Inti
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang arti dan manfaat daftar pelanggan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti dan manfaat
daftar pelanggan
4. Presentasi oleh masing-masing kelompok
5. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
6. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
7. Contoh-contoh daftar pelanggan untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
(1) pengertian daftar pelanggan
(2) manfaat daftar pelanggan
C. Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru membuat kesimpulan tentang arti dan manfaat daftar pelanggan
3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat contoh format dan mengisi daftar pelanggan

PERTEMUAN KE ¬ 12 – 13
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti dan
manfaat daftar pelanggan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
5. Presentasi oleh masing-masing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: Cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE ¬ 14 – 15
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang cara membuat dan menyusun daftar pelanggan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang komunikasi secara lisan dan tertulis
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat langkah-langkah cara menghubungi pelanggan, guru bertindak sebagai pembimbing
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Cara berkomunikasi dengan pelanggan baik lisan dan tertulis
C. Kegiatan Akhir:
Satu atau dua siswa menyimpulkan cara berkomunikasi dengan pelanggan baik lisan dan tertulis.
Guru membuat kesimpulan akhir.

PERTEMUAN KE 16 – 17
A. Kegiatan Awal :
a. Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang cara berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan atau tertulis
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membahas langkah – langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan .
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang langkah–langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan .
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang langkah–langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan.
5. Presentasi oleh masing-masing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: langkah – langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE 18 – 19
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan langkah-langkah berkomunikasi secara lisan dan tulisan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang procedure pembayaran menurut klausul
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat kesimpulan tentang procedure pembayaran menurut klausul
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: Prosedur pembayaran menurut klausul
C. Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang prosedur pembayaran
menurut klausul .
Guru membuat kesimpulan akhir.

PERTEMUAN KE 20 – 21
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang procedure pembayaran menurut klausul
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membahas informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang tentang informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
5. Presentasi oleh masing-masing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Prosedur mengelola informasi dari bagian keuangan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : ¬
– Alat tulis
– Alat peraga
– Format dan formulir perjanjian jual beli
– Bea materai
– Laptop dan LCD Proyektor
2. Sumber Belajar : ¬
– Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
– Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa Mega
– CD Pembelajaran
– Internet

VI. Penilaian :
1. Jenis test :
– Test lisan ( pre test )
– Test Perbuatan
– Test Tertulis
2. Bentuk test :
– Pilihan Ganda
– Uraian

Contoh test awal ( lisan )
1. Pernahkah anda mendengar istilah daftar pelanggan?
2. Siapa yang bisa memberikan contoh tentang komunikasi lisan dan Tertulis

Contoh test perbuatan
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat dan menyusun daftar pelanggan.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
No Nama Siswa Aspek Penilaian Kompeten Belum Kompeten
Keseuaian Materi Pengeta huan Ketram pilan Sikap Jumlah
1 AAAA 3 2 2 2 9 V
2 BBBB 2 1 1 1 5 V
3
4 Dst……..
Nilai Maksimal 4 2 2 2
Keterangan :
a. Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b. Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
1. Surat yang akan dikirimkan kepada pelanggan yang belum melunasi faktur yang telah jatuh tempo setelah dikirimkannya surat penagihan piutang adalah….
a. surat muat barang
b. surat penagihan
c. surat teguran piutang
d. surat order pengiriman
e. surat konfirmasi piutang
2. Buatlah ulasan mengenai hubungan proses penagihan piutang dan etika berkomunikasi dengan pelanggan sebagai debitur
Penilaian
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/noninstruksional
3. Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay
Bobot penilaian / penskoran :

Jenis Soal Nomor / Jumlah soal Bobot Nilai Jumlah
PG 1 – ¬25 2 50
Uraian 1 (proses/etika penagihan piutang) 50 50
Jumlah 100

Mengetahui                                                                                      Blitar, Juli 2011
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                                  Guru Mata Pelajaran

 

Drs. HARTOYO, M.M.                                                                    Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570101198203029                                                             NIP. 197410072009011005

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK N 1 Udanawu
Mata Pelajaran : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester : XII / II
Standar Kompetensi : Menagih pembayaran (Hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar : Melakukan proses penagihan pembayaran
Pertemuan ke : 21 s/d 28
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Indikator : – Waktu dan metode pembayaran dijelaskan berdasarkan kesepakatan
– Jumlah pembayaran denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelanggan
– Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau pengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Menjelaskan waktu dan metode pembayaran yang ditentukan berdasarkan kesepakatan
2. Menghitung jumlah denda berdasarkan lamanya keterlambatan
3. Menyebutkan macam-macam bukti pembayaran

II. Materi Pokok :
Klausul-klausul perjanjian jual beli dalam kaitannya dengan pembayaran oleh pelanggan

III. Metode Pembelajaran :
– Penugasan
– Diskusi
– Ceramah
– Kooperatif model STAD dan Jigsaw

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
a. Apersepsi, penjelasan mengenai klausul – klausul perjanjian dalam kaiatannya dengan pembayaran .
b. Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
c. Pembagian kelompok
B. Kegiatan Inti
a. Diskusi kelompok
b. Ringkasan materi minimal oleh kelompok masingmasing
c. Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
d. Presentasi oleh masing-masing kelompok
e. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
f. Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
g. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Penjelasan tentang Klausul-klausul perjanjian yang terkait dengan masa jatuh tempo pembayaran yang harus diselesaikan oleh Pelanggan
C. Kegiatan Akhir
1. Kesimpulan
Setelah data dikumpulkan, data diolah dalam bentuk table yang disebut table distribusi frekuensi. Kemudian dianalisis dengan menghitung mean, median dan modusnya
2. Tugas Terstruktur
Mengerjakan soal latihan dari modul
3. Tugas Tidak Terstruktur
Mempelajari ukuran penyebaran data

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : Alat tulis
Alat peraga
Laptop dan LCD Proyektor
2. Sumber Belajar : P.O.S dari perusahaan, UU. No. 8 tahun 1999, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet

VI. Penilaian
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/noninstruksional
3. Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No. Soal Uraian Soal Kunci Jawaban

Mengetahui Blitar, Juli 2011
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar Guru Mata Pelajaran

Drs. HARTOYO, M.M. Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570101198203029 NIP. 197410072009011005

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s