RPP PRODUKTIF PEMASARAN: MENATA BARANG DAGANGAN (C3) K 13

Berikut ini kami unggah RPP Menata Barang Dagangan, Kompetensi Keahlian Pemasaran. Agak berbeda dengan beberapa RPP yang sebelumnya kami unggah, untuk kegiatan pembelajarannya sudah kami perbaiki menyesuaikan dengan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan lima M, semoga bermanfaat :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Udanawu Blitar
Mata Pelajaran : Penataan Barang Dagangan / Menata Produk (Paket Keahlian C3 Pengelolaan Bisnis Ritail)
Kelas/Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 1 s.d 3
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit @jp
Materi Pokok : Mengklasifikasikan jenis-jenis produk supermarket

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar.
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari .
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan Penataan Barang
3.3 Mengklasifikasi jenis-jenis produk yang akan di display.
4.3 Melakukan pengelompokkan jenis-jenis produk yang di display

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif
• Menjelaskan pengertian produk..
• Menyebutkan jenis-jenis produk menurut tujuan penggunaanya.
• Menentukan jenis-jenis produk supermarket menurut departemenya.
• Menjelaskan pengertian kalsifikasi produk supermarket
• Menguraikan langkah-langkah klasifikasi produk supermarket.
Psikomotor
• Mengelompokaan jenis-jenis produk supermarket.
• Mengklasifikasikan jenis produk supermarket.

D. Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
• Siswa mampu menjelaskan pengertian produk..
• Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis produk menurut tujuan penggunaanya.
• Siswa mampu menentukan jenis-jenis produk supermarket menurut departemenya.
• Siswa mampu menjelaskan pengertian kalsifikasi produk supermarket
• Siswa mampu menguraikan langkah-langkah klasifikasi produk supermarket.
Psikomotor
• Siswa mampu mengelompokaan bentuk-bentuk penataan produk.
• Siswa mampu melakukan penataan barang dagangan sesuai dengan jenis-jenis display.

E. Materi Pokok :
1. Pengertian produk menurut Philip Kotler dan William J. Stanton.
2. Jenis-jenis produk menurut tujuan penggunaanya.
3. Pembagian jenis-jenis produk supermarket.
4. Pengertian klasifikasi produk supermarket
5. Langkah-langkah pengklasifikasian produk supermarket
6. Gruoping dan klasifikasi produk super market

F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific (Keterampilan Proses dan Kooperatif)
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : Project Based Learning

G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1dan 2
No Kegiatan Pembelajaran Waktu

1 Pendahuluan
a. Orientasi
1. Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.
2. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
b. Apersepsi
1. Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang pengelompokan dan klasifikasi barang dagangan.
2. Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
c. Motivasi
1. Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
2. Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
3. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.
2 Kegiatan Inti
Mengamati :
• Siswa mengamati secara seksama video pentaan barang dagangan dari https://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

Menanya :
• Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.
• Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang.
• Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang. sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

Mengumpulkan informasi
• Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang. dan pentingnya pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang.
• Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang.

Mengasosiasi
• Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
• Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok pengelompokan barang dagangan dari berbagai sudut pandang.
• Siswa diminta me

Mengomunikasikan
• Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.
3 Penutup
a. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
b. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
c. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
d. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

Pertemuan 3
No Kegiatan Pembelajaran Waktu

1 Pendahuluan
a. Orientasi
1. Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.
2. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
b. Apersepsi
1. Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
2. Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
c. Motivasi
1. Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
2. Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
3. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.
2 Kegiatan Inti
Mengamati :
• Siswa mengamati secara seksama video pentaan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

Menanya :
• Siswa didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.
• Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai klasifikasi produk supermarket
• Siswa diberikan pertanyaan seputar klasifikasi produk supermarket sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

Mengumpulkan informasi
• Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai klasifikasi produk supermarket
• Siswa memperhatikan dengan seksama demontrasi klasifikasi produk supermarket sesuai dengan SOP.

Mengasosiasi
• Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
• Dalam kelompok belajar melakukan klasifikasi produk supermarket
• Siswa dapat meminta bantuan dan petunjuk guru dalam melakukan klasifikasi produk supermarket sehingga kesalahan dapat dibetulkan.

Mengomunikasikan
• Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk memperagakan klasifikasi produk supermarket
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk megajukan berbagai pertanyaan dan pendapat yang berhubungan dengan materi yang baru disampaikan.
• Siswa membuat kesimpulan dan catatan dengan bimbingan guru.
3 Penutup
1. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
2. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
3. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
4. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

H. Sumber Belajar.
1. Devi Puspitasari, 2008, Penjualan Jilid 3, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
2. Sutrisno, Kusmawan Ruswandi, 2007, Modul Menata Produk, Yudhistira: Bandung
3. Ngadiman, 2008, Marketing Jilid 2, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
4. Lili Adi Wibowo, 2008, Menata Produk (modul PLPG Bidang Bisnis Manajemen), Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung
5. Sumber Internet

I. Media Pembelajaran
1. Makalah download dari internet.
2. Materi presentasi dengan power point

J. Peralatan dan Bahan.
1. Peralatan : Kertas, alat tulis dll
2. Bahan : Dummy produk dll

K. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a. Teknik Penilaian :
1. Tes tertulis
2. Penugasan / tes perbuatan
b. Bentuk Instrumen :
1. Tes.
a. Uraian
b. Soal Essay
2. Non Tes
Lembar pengamatan project work

 

Mengetahui                                                     Blitar, 5 Januari 2015
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs. HARTOYO, M.M.                                             Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 195701011982031029                                        NIP. 197410072009011005

 
LAMPIRAN 2 : Penilaian
a. Penilaian test
No. Indikator Bentuk Soal Soal Penyelesaian Skor
1. Menjelaskan pengertian produk.. Uraian Jelaskan pengertian produk menurut Philip Kotler! Menurut Philip Kotler
Produk adalah setiap apa saja yang dapat ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Ini meliputi benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan.
2 Menyebutkan jenis-jenis produk menurut tujuan penggunaanya. Uraian Sebutkan t tiga jenis produk yang merupakan bagian dari convinience Goods berikan contohnya! Jenis barang convinience goods :
1. Barang pokok.
2. Barang Impulse
3. Barang darurat
1.
3 Menentukan jenis-jenis produk supermarket menurut departemenya. Uraian Sebutkan dasar yang digunakan konsumen dalam membandingkan barang shopping goods sebelum melakukan pembelian! Barang-barang yang sebelum dibeli dibandingkan satu sama lain atas dasar :
1. Suitability (Kecocokan)
2. Quality (Kualitas/mutu)
3. Price (Harga)
4. Style (Gaya/model)
4 Menjelaskan pengertian kalsifikasi produk supermarket Uraian Klasifikasi asal kata dari” Classification “ yang artinya mengatur ,mengklasifikasikan barang berarti mengelompokkan barang dagangan kedalam atau sesuai jenisnya masing masing dan ditata sedemikian rupa sehingga memberikan kemudahan kepada setriap yang memerlukannya.
5 Menguraikan langkah-langkah klasifikasi produk supermarket. Uraian
6 Mengelompokaan jenis-jenis produk supermarket. Uraian
7 Mengklasifikasikan jenis produk supermarket. Uraian
Total skor maksimal 100

PedomanPenskoran :

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s