Tabel 5. Analisis Keterkaitan Ranah Antara SKL, KI, dan KD untuk Mapel Menata Barang Dagangan

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Ranah : Sikap

Kualifikasi Kemampuan : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung-jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Inti Kelas XI:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar :
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Analisis dan Rekomendasi *) :
KD 1.1 Memahami nilai-nilai keimanan berada pada gradasi(menerima) taksonomi Krathwohl (S1) belum sesuai dengan tuntutan KI-1.
Rekomendasi:
Diperbaiki pada perumusan tujuan yang diikatkan pada KI 2 sebagai refleksi KI 1
KD 1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan, berada pada gradasi(menerima) taksonomi Krathwohl (S1) belum sesuai dengan tuntutan KI-1.
KD 1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan, berada pada gradasi(mengamalkan) taksonomi Krathwohl (S5) sesuai tuntutan KI-1.

Kompetensi Inti Kelas XI:
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar :
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memilikirasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompokdalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

Analisis dan Rekomendasi *) :
KD 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah berada pada gradasi(mengamalkan) taksonomi Krathwohl (S5) sesuai tuntutan KI-2.
KD 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok berada padagradasi (mengamalkan) taksonomi Krathwohl (S5) sesuai dengan tuntutan KI-2.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Ranah : Pengetahuan

Kualifikasi Kemampuan : Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

Kompetensi Inti Kelas XI:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

Kompetensi Dasar :
3.1 Mendeskripsikan Pengertian dan macam-macam Penataan Produk
3.2 Mendekripsikan tujuan Penataan Produk
3.3 Mengklasifikasi Jenis-jenis Produk yang akan di display
3.4 Mengidentifikasi SOP penataan produk
3.5 Mengidentifikasi pelabelan produk
3.6 Melakukan Pengamatan berkala pada display

Analisis dan Rekomendasi *) :
KD 3.1 dan KD 3.2 Mendeskripsikan (C2) termasuk pengetahuan (kognitif) berada pada taksonomi Bloom level pemahaman.
KD 3.3 Mengklasifikasikan (C3) termasuk pengetahuan (kognitif) berada pada taksonomi Bloom level mengaplikasikan.
KD 3.4 dan KD 3.5 yang sudah mencapai tingkat analisis C4 sesuai tuntutan KI-3.
KD 3.6 Melakukan (C3) termasuk pengetahuan (kognitif) berada pada taksonomi Bloom level mengaplikasikan.
Rekomendasi:
Kemampuan analisis (C-4) akan ditingkatkan pada KD.3.4 indikator RPP pengelolaan informasi digital merupakan bentuk pengetahuan.

Susunan KD perlu disesuaikan mengidentifikasi pelabelan produk sebaiknya disampaikan sebelum mengidentifikasi SOP penataan produk
Rekomendasi :
Susunan KD dirubah 3.4 Mengidentifikasi pelabelan dan 3.5 Mengidentifikasi SOP penataan produk

Secara umum dalam penataan barang dagangan, produk dibagi dalam 3 kategori yaitu produk supermarket, produk fashion dan produk fresh.
Rekomendasi :
KD 3.3 sampai dengan KD 3.5 disesuaikan dengan jenis produknya, untuk kelas XI produk supermarket sedangkan kelas XII produk fashion dan produk fresh.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Ranah : Keterampilan

Kualifikasi Kemampuan : Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

Kompetensi Inti Kelas XI:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar :
4.1 Mengelompokkan bentuk-bentuk penataan produk
4.2 Mengevaluasi tujuan penataan produk
4.3 Melakukan pengelompokkan jenis-jenis prodak yang di display
4.4 Mendisplay produk sesuai SOP perusahaan
4.5 Melakukan proses pelabelan produk
4.6 Menyusun kembali penataan prodak sesuai dengan SOP perusahaan

Analisis dan Rekomendasi *) :
KD 4.1, KD 4.2 dan KD 4.3 mengelompokkan termasuk keterampilan kesiapan (set) memilah dan mengidentifikasi kan
KD 4.4 dan KD 4.5 Mendisplay dan Melakukan setara dengan gradasi membiasakan gerakan (Simpson) atau manipulasi (Dave)
KD 4.6 Menyusun kembali sesuai dengan tingkatan ranah penyesuaian (adaptation) dari Sympson dan Perangkaian (Articulation) dari Dave

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s