Format Analisis dan Penggunaan Buku Siswa Menata Barang Dagangan

Format Analisis dan Penggunaan Buku Siswa

 

JudulBuku                : Menata Barang Dagangan

Kelas/Semester     : XI / Semester Ganjil

Jenjang                      : XI

BAB/topik                 : Mendeskripsikan Pengertian Penataan Produk

 

Komponen Buku

Pemahaman Guru

Alasan

Solusi Yang disarankan Oleh Guru untuk Mengoptimalkan Buku Siswa

Ya

Tidak

·   Uraian Materi dan Aktivitas Belajar Siswa

Judul BAB/Topik telah mengacu pada pasangan KD ( yaitu KD pada KI-3 dan KD pada KI-4) yang harus dicapai oleh peserta didik.

 

Dalam KD. 3.1 Mendeskripsikan Pengertian dan macam-macam Penataan Produk dan KD 4.1 Mengelompokkan bentuk-bentuk penataan produk sedangkan judul hanya memuat pengertian penataan produk dan belum mencantumkan jenis-jenis penataan produk.

Sebaiknya dalam judul juga mencantumkan jenis-jenis penataan produk sesuai dengan tuntutan KD 3.1 dan KD 4.1

Tujuan pembelajaran pada BAB/Topik tersebut telah sesuai tuntutan KI-KD atau telah sesuai dengan hasil Penjabaran Tujuan Pembelajaran dari KI-KD, IPK dan Materi pembelajaran, meliputi tujuan pada ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap.

 

Tujuan pembelajaran pada BAB I belum sesuai dengan tuntutan KD 3.1 , KD 4.1,   tujuan dan materi pembelajaran pada ranah sikap dan pengetahuan.

Contoh :

Kegiatan belajar 2, tujuan pembelajaran a sd c mengenai pengetahuan produk.

Kegiatan belajar 3, tujuan pembelajaran a sd b mengenai perlindungan konsumen.

Kegiatan belajar 4, tujuan pembelajaran a sd c mengenai Ruang lingkup dan kode etik APLI.

Kegiatan belajar 5, tujuan pembelajaran a sd d mengenai segmentasi pasar, target pasar dan positioning pasar.

Tujuan pembelajaran pada aspek sikap dan ketrampilan belum eksplisit di sampaikan.

Sebaiknya tujuan pembelajaran yang tidak ada hubunganya dengan pencapaian KD 3.1 dan KD 4.1 dihilangkan karena sudah termasuk dalam materi mapel lain. Kegiatan belajar 2 masuk pada mapel pengetahuan produk. Kegiatan belajar 3 dan 4 masuk pada mapel prinsip-prinsip bisnis ritail. Kegiatan belajar 5 masuk pada mapel analisa riset pasar, prencanaan pemasaran dan strategi pemasaran. Tujuan pembelajaran dalam ranah sikap dan ketrampilan perlu disampaikan.

Cakupan Materi pada BAB/Topik atau Sub BAB/Topik telah memenuhi kebutuhan pencapaian KI-KD, meliputi: kelengkapan, keluasan, dan kedalaman materi pada dimensi pegetahuan, dan cakupan dimensi keterampilan abstrak dan konkrit.

 

Kegiatan belajar 2 sd 5 banyak materi yang tidak sesuai dengan kebutuhan pencapaian KD 3.1 dan KD 4.1, sedangkan untuk pencapaian ranah ketrampilan KD 4.1 belum maksimal.

Sebaiknya untuk KD 4.1 tujuan pembelajaran lebik dimaksimalkan contoh menggunakan level ketrampilan yang lebih tinggi merancang dan melakukan praktek pendisplayan misal eksterior display.

Pendukung penyajian materi telah dberikan secara lengkap, meliputi pembangkit motivasi belajar, peta konsep, contoh-contoh soal latihan, dan soal latihan pada akhir bab.

 

Pendukung penyajian materi meliputi pembangkit motivasi belajar, peta konsep, contoh-contoh soal latihan, dan soal latihan pada akhir bab belum   dberikan secara lengkap.

 

 

Mungkin buku / modul Menata Produk, karangan Sutrisno dan Kusmawan Ruswandi terbitan Yudhistira dan Ekonomi untuk SMA dan MA, karangan Ismawanto, terbitan Departemen Pendidikan Nasional dapat dijadikan sebagai rujukan.

Penyajian materi pada BAB/Topik telah memfasilitasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik (5M) dan menerapkan model pembelajaran berbasis kreatifitas, yaitu: Inquiry/

discovery/problem /project based learning. Dan pada setiap tahapan belajar telah dituangkan melalui Lembar Kerja Siswa (LKS).

 

Penyajian materi terlalu menekankan pada ranah pengetahuan, sehingga ketika penyusunan LKS jerja juga condong pada ranah pengetahuan.

Jika beberapa bagian ditambahkan materi pembelajaran praktek akan menjadi lebih baik walaupun tidak harus ketrampilan konkret.

 

Penilaian sikap dilakukan sebagai upaya mengembangkan sikap sosial dan sikap spiritual dalam rangka pengembangan nilai karakter bangsa.

 

Penilaian ranah sikap belum ada baik sikap spiritual maupun sosial.

Sebaiknya ada pembelajaran yang mengacu pembelajaran praktek untuk mencapai KD 4.1 misalnya mengambil salah satu jenis display (eksterior display) sehingga penilaian sikap bisa dilakukan.

Penilaian Pengetahuan pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, dan penugasan

 

 

–         

Penilaian kompetensi keterampilan meliputi keterampilan abstrak dan keterampilan konkret

 

Penilaian ranah ketrampilan belum ada baik ketrampilan abstrak maupun konkret yang ada baru ranah pengetahuan.

Sebaiknya ada pembelajaran yang mengacu pembelajaran praktek untuk mencapai KD 4.1 misalnya mengambil salah satu jenis display (eksterior display) sehingga penilaian ketrampilan menjadi mudah dilakukan.

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s