UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) PEMASARAN TAHUN 2016

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 64 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untukmemantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangantengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas, yang akandipergunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar danmemperbaiki proses pembelajaran. Selanjutnya dalam Peraturan Menteri PendidikanNasional (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikandijelaskan bahwa penilaian hasilbelajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasardan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian yang berlaku secara nasional.

Mengingat struktur kurikulum SMK mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek afektif, maka Ujian Nasional Kompetensi Keahlian Kejuruan dirancang dalam bentuk ujian teori kejuruan dan praktik kejuruan (Individual Task) Melalui bentuk ujian tersebut diharapkan dapat menjamin terselenggaranya sistem penilaian berbasis kompetensi    (competency-based assessment ) yang lebih taat asas, dan pada gilirannya dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang berbasis kompetensi/ produksi.

Tujuan diadakan uji kompetensi ini adalah:

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya.
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi..
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi oleh SMK yang berorientasi pada permintaan industri terhadap tenaga kerja kompeten yang memiliki sertifikat kompetensi.
  4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha / industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten bersertifikat kompetensi..

 

kisi teori 1

kisi teori 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di EVALUASI DAN PENILAIAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s