RPP MENATA BARANG DAGANGAN TOPIK PENGERTIAN DAN JENIS DISPLAY

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah               :    SMK  Negeri 1 Udanawu Blitar

Mata Pelajaran              :    Penataan Barang Dagangan / Menata Produk (PK 3)

Program Keahlian         :    Pemasaran

Kelas/Semester             :    XI / Ganjil

Materi Pokok                :    Pengertian dan Jenis-jenis Display

Pertemuan ke                ­:    1 s.d 8

Alokasi Waktu              :    24 x 45 menit

 

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

  1. Kompetensi Dasar.

1.1    Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2    Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3    Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari .

2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan Penataan Barang

3.1    Mendeskripsikan pengertian dan macam penataan produk.

4.1    Mengelompokaan bentuk-bentuk penataan produk

 

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Mendiskripsikan pengertian penataan barang dagangan.
  • Mendiskripsikan jenis-jenis penataan produk
  • Mengelompokaan bentuk-bentuk penataan produk.
  • Melakukan penataan barang dagangan sesuai dengan jenis-jenis display.

 

  1. Tujuan Pembelajaran :

Seteleh melakukan kegiatan Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan :

  • Siswa mampu menyebutkan pengertian pengertian penataan barang dagangan (display).
  • Siswa mampu menyebutkan berbagai macam istilah penataan barang dagangan.
  • Siswa mampu menjelaskan pentingnya pentaan barang dagangan dalam mencapai tujuan pemasaran.
  • Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis penataan barang dagangan.
  • Siswa mampu mendeskripsikan pengertian jenis-jenis display.
  • Siswa mampu menyebutkan fungsi jenis-jenis display.
  • Siswa mampu menunjukkan contoh jenis-jenis display
  • Siswa mampu menyebutkan kebaikan dan keburukan jenis-jenis display.

Psikomotor

Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek :

  • Siswa mampu mengelompokaan bentuk-bentuk penataan produk.
  • Siswa mampu melakukan penataan barang dagangan sesuai dengan jenis-jenis display.
  • Menyebutkan pengertian pengertian penataan barang dagangan (display).
  • Menyebutkan berbagai macam istilah penataan barang dagangan.
  • Menjelaskan pentingnya penataan barang dagangan dalam mencapai tujuan pemasaran.
  • Menyebutkan jenis-jenis penataan barang dagangan.
  • Mendeskripsikan pengertian jenis-jenis display.
  • Menyebutkan fungsi jenis-jenis display.
  • Menunjukkan contoh jenis-jenis display
  • Menyebutkan kebaikan dan keburukan jenis-jenis display.

 

  1. Materi Pokok :
  2. Pengertian display dari beberapa sumber.
  3. Jenis-jenis display.
  4. Pengertian jenis-jenis display
  5. Fungsi jenis-jenis display.
  6. Kebaikan dan keburukan jenis-jenis display

 

  1. Metode Pembelajaran

       Pendekatan      :    Scientific

Model              :    Discovery dan Project Based Learning

Metode            :     Diskusi kelompok

Presentasi

Demonstrasi

Penugasan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran :

       Pertemuan 1dan 2

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.   Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.      Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama video pentaan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai ruang lingkup penataan barang dagangan

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.   Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 3

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.   Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.      Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

 

 

 

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.  Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 4

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.    Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.       Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat dengan menunjuk salah satu siswa dengan cara diundi untuk maju dan menyampaikan kembali pelajaran minggu kemarin.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

·

 

 

 

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.  Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

 

Pertemuan 5

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.     Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.       Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

·

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.   Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 6

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

d.  Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

e.     Apersepsi

3.      Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

4.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

f. Motivasi

4.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

5.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

6.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

·

 

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.  Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 7

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.     Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.       Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

·

 

 

 

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.  Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 7

No  

Kegiatan Pembelajaran

Waktu
1 Pendahuluan

a.   Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b.    Apersepsi

1.      Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.      Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama penataan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

 

 

Menanya :

·     Peserta didik didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·     Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai alasan bangsa barat datang ke Nusantara

·     Peserta didik diberikan pertanyaan seputar pengertian dan pentingnya penataan barang dagangan sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai pengertian penataan barang dagangan dan pentingnya penataan barang dagangan

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru, keterangan dalam presentasi dan contoh-contoh gambar mengenai jenis-jenis, tujuan, karakteristik dan kebaikan/keburukan  display

 

Mengasosiasi

·        Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·        Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi/ mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok, mengenai jenis-jenis display.

 

Mengomunikasikan

·        Presentasi hasil diskusi masing-masing kelompok dalam rangka mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu melakukan presentasi, kelompok yang lain dapat bertanya, demikian sampai masing-masing mendapat giliran.

3 Penutup

a.   Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

b.  Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

c.   Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

d.  Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

 

Pertemuan 8 dan 9

No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1 Pendahuluan

a. Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b. Apersepsi

1.   Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.   Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.   Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.   Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.   Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

1.       Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question).

·      Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang dapat mengarahkan penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. Mengambil topik yang sesuai dengan realitas dunia nyata dan dimulai dengan sebuah investigasi mendalam. Guru berusaha agar topik yang diangkat relevan untuk para peserta didik, yaitu pentaan barang dagangan dalam beberapa event seperti pameran dan kegiatan promosi. Seperti gambar di bawah

 

·      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan:

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan untuk menghibungkan aktifiats pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

2.   Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project).

a.  Memilih/Menentukan Judul Proyek

Guru memandu peserta didik untuk memilih tema/judul proyek berdasarkan tugas proyek yang diberikan guru. Topik proyek/masalah yang dipilih harus sesuai dengan kurikulum dan dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Panduan dari guru masih sangat diperlukan karena pembelajar Bahasa Mandarin di SMA/MA/SMK/MAK di Indonesia termasuk pembelajar pemula dengan catatan bahwa peserta didik tetap diberi kesempatan untuk memilih/menentukan proyek yang akan dikerjakan, baik secara kelompok maupun mandiri, asalkan tidak menyimpang dari tugas yang diberikan guru.

–       Guru membagi siswa dalam kelompok dengan menggunakan tehnik membagi kelompok (misal menggunakan daun, tali raffia, puzzle, berhitung,melalui permainan dsb.).

–       Guru menyampaikan informasi tentang tugas proyek yang akan dibuat peserta didik.

–       Guru menuliskan jawaban peserta didik di atas ke papan tulis menjadi sebuah daftar judul.

–       Guru membagi peserta dalam 5 kelompok, tiap kelompok diminta untuk membuat poster tentang tempat wisata beserta apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan wisata

–       Guru meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk memilih dan menentukan informasi apa saja yang dibutuhkan  untuk proyek mereka.

–       Guru juga memberi kesempatan kepada tiap kelompok untuk menentukan informasi lain namun tetap sesuai dengan tema yang diminta.

b.  Menentukan jenis aktifitas

Guru meminta peserta didik menentukan jenis aktifitas dengan cara membagikan sebuah lembar bentuk proyek dan meminta peserta didik untuk memberi tanda (x) pada lembar yang berisi bentuk proyek yang akan dilaksanakan.

Lembar bentuk proyek ini digunakan untuk mengetahui kecenderungan minat peserta didik tentang bentuk proyek. Setelah peserta didik mengisi lembar di atas, selanjutnya guru meminta peserta didik berdiskusi kelompok tentang pilihan mereka dalam bentuk proyek.

c.  Menentukan Bentuk proyek

Guru meminta peserta didik berdiskusi tentang bentuk proyek yang akan dibuat:

Setelah mengetahui hasil diskusi seluruh kelompok, guru memutuskan bentuk proyek yang akan dibuat peserta.

d.  Menentukan Sasaran proyek

Guru menanyakan kepada peserta didik siapa sasaran poster wisata yang dibuat.

Guru memberikan kebebasan kepada peserta dalam mendapatkan informasi mengenai tema yang akan di buat oleh kelompok.

Guru berkeliling untuk membantu peserta didik dalam kerja kelompok dan dapat bertanya

e.  Menyusun Daftar Pertanyaan

Guru berdiskusi dengan peserta didik untuk menentukan apa saja yang akan diinformasikan.

Selanjutnya, guru mengajak peserta didik berdiskusi hasil kerja kelompok. Guru dapat memulai dengan pertanyaan

Guru dapat mengumpulkan jawaban peserta didik dan menempelkannya di papan tulis.

f.   Produk proyek dan Bentuk Presentasi

Langkah berikutnya, guru meminta peserta didik berdiskusi tentang produk proyek dan bentuk presentasi hasil kerja kelompok. Guru memberikan lembar pengamatan/penilaian antar teman  pada saat presentasi kelompok.

Lembar bentuk proyek ini digunakan untuk mengetahui kecenderungan minat peserta didik tentang bentuk presentasi proyek.

d.    Alat/Media

Selanjutnya, guru meminta tiap kelompok menentukan peralatan yang akan digunakan dalam kegiatan membuat poster sesuai dengan bentuk presentasi yang telah ditentukan.

 

3.       Menyusun Jadwal

Guru meminta peserta didik berdiskusi tentang penyusunan jadwal penyelesaian proyek.

Contoh Jadwal Penyelesaian Proyek

Kegiatan Waktu Keterangan
1.    Penyiapan alat/media    
2.    Simulasi teknik pengerjaan    
3.    Pelaksanaan    
4.    Penyusunan laporan & presentasi    
5.    Presentasi    

 

 

4.       Monitoring

a.    Monitoring Pelaksanaan Proyek

–                 Guru berperan sebagai mentor/moderator dan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat diandalkan, serta bertanggung jawab memonitor aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta didik pada setiap proses. Untuk mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang dilakukan.

Guru berkeliling untuk memonitor dan memfasilitasi pelaksanaan interview. Pada tahap ini guru berperan sebagai moderator atau konsultan. Guru juga bertanggung jawab memonitor aktivitas peserta didik dalam melakukan interview. Guru menjadi sumber yang dapat diandalkan peserta didik apabila muncul konflik dalam tim. Selain itu, pada kegiatan monitoring guru membuat rubrik yang akan dapat merekam aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas proyek.

      b.    Monitoring Penyusunan Laporan &Presentasi

Guru berkeliling untuk memonitor dan memfasilitasi ketika peserta didik menyusun laporan dan presentasi. Pada tahap ini guru berperan sebagai moderator atau konsultan. Guru juga bertanggung jawab memonitor aktivitas peserta didik dalam menyusun laporan dan presentasi. Guru menjadi sumber yang dapat diandalkan peserta didik apabila muncul konflik dalam tim. Selain itu, pada kegiatan monitoring guru membuat rubrik yang akan dapat merekam aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan tugas proyek

 

4.    Menguji Hasil

Presentasi Hasil

Guru mengamati presentasi peserta didik dan memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik.

 

5.    Evaluasi Proses dan Hasil

Setelah seluruh kelompok memamerkan atau menayangkan produk proyek, maka guru melakukan evaluasi kegiatan dalam bentuk refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek. Pada tahap ini dilakukan umpan balik terhadap proses dan produk yang telah dihasilkan. Proses refleksi pada tugas proyek dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini guru dapat membagikan lembar evaluasi pada tiap peserta didik. Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui apakah perencanaan dan proses pelaksanaan proyek sudah sesuai, apakah tujuan proyek sudah tercapai, tahap mana yang sudah berjalan dengan baik dan mana yang belum berjalan dengan baik,  bagaimana tim bekerja sama dalam proses penyelesaian proyek. Peserta didik diberi kesempatan mengemukakan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek.  Guru dan peserta didik berdiskusi tentang pengalaman tiap peserta didik selama menyelesaikan tugas proyek (Pengalaman pribadi mana yang diperoleh tiap peserta didik dalam kerja kelompok? Apakah masing-masing peserta didik menemui kesulitan atau masalah? Pengalaman terbaik mana yang diperoleh tiap peserta didik?, dan sebagainya).

3 Penutup

1. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

2. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

3. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

4. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

     

Pertemuan 10

No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1 Pendahuluan

a. Orientasi

1.   Membuka pelajaran dengan salam secaran komunikatif.

2.   Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.

b. Apersepsi

1.   Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  penatan barang dagangan di toko modern dan tradisonal dengan contoh gambar sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.

2.   Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.

c. Motivasi

1.   Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.

2.   Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.

3.   Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

2 Kegiatan Inti

Mengamati :

·         Siswa mengamati secara seksama video pentaan barang dagangan dari http://www.youtube.com/watch?v=jnm6PBQ7wZs kemudian membandingkan dengan gambar dibawah ini:

 

 

 

 

 

Menanya :

·   Siswa didorong untuk bertanya hal-hal yang sekiranya terkait dengan gambar yang ditayangkan.

·   Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai penataan menggunakan metode eksterior display.

·   Siswa diberikan pertanyaan seputar metode eksterior display sehingga timbul lebih banyak pertanyaan yang diajukan.

 

Mengumpulkan informasi

·  Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan mengenai metode eksterior display

·  Siswa memperhatikan dengan seksama mengenai peralatan yang digunakan untuk metode eksterior display, mulai dari jenisnya, bagian-bagian dari alat, cara pendisplayan..

·  Siswa memperhatikan dengan seksama demontrasi metode eksterior display sesuai dengan SOP.

 

Mengasosiasi

·  Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang

·  Dalam kelompok melakukan penataan produk dengan metode eksterior display

·  Siswa dapat meminta bantuan dan petunjuk guru dalam melakukan penataan produk dengan metode eksterior display sehingga kesalahan dapat dibetulkan.

 

Mengomunikasikan

·  Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk memperagakan penataan produk dengan metode eksterior display

·  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk megajukan berbagai pertanyaan dan pendapat yang berhubungan dengan materi yang baru disampaikan.

·  Siswa membuat kesimpulan dan catatan dengan bimbingan guru.

3 Penutup

1. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.

2. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.

3. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.

4. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.

 

  1. Sumber Belajar.
  2. Devi Puspitasari, 2008, Penjualan Jilid 3, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
  3. Sutrisno, Kusmawan Ruswandi, 2007, Modul Menata Produk, Yudhistira: Bandung
  4. Ngadiman, 2008, Marketing Jilid 2, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
  5. Lili Adi Wibowo, 2008, Menata Produk (modul PLPG Bidang Bisnis Manajemen), Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung
  6. Sumber Internet

 

  1. Media Pembelajaran
  2. Makalah download dari internet.
  3. Materi presentasi dengan power point

 

  1. Peralatan dan Bahan.
  2. Peralatan : meja kelas 6 buah, table cloth, palu dll
  3. Bahan : Dummy produk, acesoris dll

 

  1. PENILAIAN HASIL BELAJAR
  2. Teknik Penilaian :
  3. Tes tertulis
  4. Penugasan / tes perbuatan
  5. Bentuk Instrumen :
  6. Tes.
  7. Uraian
  8. Soal Essay
  9. Non Tes

Lembar pengamatan project work

  1. Pembelajaran Remedial.

Pembelajaran remidial dilakukan jika hasil penilaian untuk aspek pengetahuan dan ketrampilan  kurang dari hail KKM yang telah ditetapkan yaitu 3,00. Dan dilakukan dengan  dengan cara klasikal maupun individula dengan metode :

  1. Pembelajaran ulang.
  2. Bimbingan khusus.
  3. Pemberian tugas dan latihan secara khusus.
  4. Tutor sebaya.

Pengayaan diberikan kelompok peserta didik cepat dengan cara penambahan materi yang lebik sulit dan komplek sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan minat, bakat dan kecakapan.

 
Mengetahui                                                                       Blitar,   14  Juli 2014

Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran
 

 

 

Drs. HARTOYO, M.M.                                                   Rudy Setiawan, S.Pd.

NIP. 195701011982031029                                             NIP. 197410072009011005

 

Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s