INDUSTRI MENGAJAR DI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMKN 1 UDANAWU BERSAMA ALFA MIDI

Menurut Wikan Sakarinto Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud seperti yang disampaikan dalam Tribunnews.com dengan judul Dunia Industri Dilibatkan dalam Kurikulum dan Mengajar “Negara-negara maju itu mempunyai karakteristik vokasi yang kuat dan link and match dengan industri, itu menguatkan dan memajukan bangsa mereka serta teknologi mereka. Industri juga sangat berharap bahwa lulusan perguruan tinggi vokasi atau SMK, itu nanti lebih siap kerja. Industri butuh SDM untuk bertumbuh-kembang”. https://www.tribunnews.com/nasional/2020/09/09/dunia-industri-dilibatkan-dalam-kurikulum-dan-mengajar.

Untuk mendukung program pemerintah di atas berkaitan dengan link and match antara industri dengan SMK, maka SMK N 1 Udanawu – Blitar mengimplementasikan program tersebut dengan mendatangkan guru tamu langsung dari industri. Hal ini bertujuan agar peserta didik dalam hal ini kelas XII mendapatkan informasi secara langsung dari pelaku industri. Materi yang diberikan antara lain tentang kompetensi dan basic mentality tentang budaya industri agar peserta didik setelah lulus nantinya benar-benar siap untuk menghadapi dunia kerja.

Industri yang didatangkan untuk Industri Mengajar kali ini adalah PT. Alfa Midi Utama Tbk. Merupakan salah satu Industri Ritel yang jangkauannya sudah meliputi seluruh Indonesia dan memiliki brand yang sudah terkenal di masyarakat. Selain dalam Industri Mengajar harapannya adalah adanya kerja sama yang lebih signifikan lagi diantaranya adalah Sinkronisasi Kurikulum, Perekrutan Karyawan, Magang Guru dan terutama Pembukaan Teaching Factory dan Kelas Industri Alfa Midi.

Inilah Profilnya

Profil PerusahaanPT Midi Utama Indonesia Tbk didirikan pada bulan Juli 2007. Sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perseroan antara lain bergerak dalam bidang perdagangan umum termasuk perdagangan toserba/swalayan dan minimarket. Perusahaan berkedudukan di Gedung Alfa Tower, Lantai 12, Kav. 7 – 9, Jl. Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143.

Pada awal pendiriannya, PT Midi Utama Indonesia Tbk bernama PT Midimart Utama. Gerai pertamanya menyandang nama Alfamidi terletak di Jalan Garuda, Jakarta Pusat.

Konsep Alfamidi diciptakan untuk menyesuaikan perubahan belanja konsumen dari belanja bulanan menjadi belanja mingguan di toko yang terdekat. Alfamidi dikembangkan dengan konsep supermarket mini yang menempati luas area penjualan antara 200 hingga 400 meter persegi. Keunikan gerai Alfamidi dibandingkan gerai sejenis lainnya adalah Alfamidi menyediakan produk fresh food, daging olahan dan makanan beku yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada tahun 2009, Perseroan melakukan pengembangan jenis gerai bernama Alfaexpress. Alfaexpress diperkenalkan sebagai konsep gerai yang menyediakan makanan dan minuman siap saji.

Dinamika bisnis ritel di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan pertumbuhan segmen middle market. Oleh karena itu, Perseroan berupaya menyempurnakan konsep gerai Alfamidi dengan membentuk Alfasupermarket pada tahun 2015, sebagai jawaban atas peluang pasar yang masih terbuka luas serta upaya memaksimalkan perolehan laba usaha Perseroan. Alfasupermarket.

didesain dengan konsep supermarket dengan luas area penjualan lebih dari 500 meter persegi. Alfasupermarket hadir dengan gerai yang lebih luas untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan assortment yang lengkap didukung dengan strategi marketing yang kompetitif. Pada tahun 2016, untuk memperkuat brand image dan brand awareness merek Alfamidi, Perseroan melakukan rebranding merek Alfasupermarket menjadi Alfamidi super.

Perseroan mengemban visi untuk menjadi jaringan ritel yang menyatu dengan masyarakat, mampu memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan serta memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Karenanya Perseroan berupaya memenuhi kebutuhan dengan memperhatikan kenyamanan pelanggan, gerai Perseroan menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, tempat belanja yang nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau.

Perseroan juga berupaya berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Program-program yang dilakukan merupakan bagian yang tidak terpisahkan misi Perseroan untuk membantu masyarakat sekitar. Selain itu juga merangkul masyarakat dan institusi melalui skema waralaba yang dapat melahirkan wirausaha- wirausaha baru dan membuka lapangan pekerjaan.

Perseroan telah menerima penghargaan dari berbagai institusi yang terpercaya diantaranya: Master Service Award for category of minimarket dari Makassar Research dan Makassar Terkini (2011- 2012), Customer Loyalty Award as Leader of Net Promoter in the minimarket category dari Majalah Swa (2012, 2013, 2015, 2016, dan 2017), Customer Loyalty Award as Good Net Promoter in the convenience store category dari Majalah Swa (2012, 2013, 2015, dan 2017), The Best in Experiential Marketing Award dan The Best in Social Marketing Award dari Majalah Marketing (2013), Social Media Award dari Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing (2014-2015).

Saat ini PT Midi Utama Indonesia Tbk merupakan salah satu jaringan ritel yang mudah dijangkau masyarakat luas. Pada akhir 2017 jumlah gerai Perseroan mencapai 1.444 gerai yang terdiri dari 1.396 gerai Alfamidi, 11 gerai Alfamidi super dan 37 gerai Lawson yang tersebar di beberapa pulau Indonesia meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Jaringan gerai tersebut terdiri dari gerai milik sendiri dan dalam bentuk kerjasama waralaba dengan pihak ketiga. Didukung lebih dari 19.000 karyawan, Perseroan melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia. https://alfamidiku.com/menu-korporasi



Tentang jazinansetiawan

no thing
Pos ini dipublikasikan di KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar